Rindu

Saturday, December 26, 2015



Judul               : Rindu
Penulis           : Tere Liye
Penerbit         : Republika
Halaman         : 544
Tahun Terbit : Cetakan XV 2015
ISBN               : 978-602-8997-90-4

Novel ini mengisahkan tentang masa lalu yang memilukan. Upe, Seseorang yang dipercaya untuk mendidik anak - anak di kapal uap Blitar Holland mengaji selepas ashar, namun ia memiliki masa lalu yang kelam. Bahkan dirinya sendiripun tak mampu memaafkan. Namun ia lupa, ada seseorang yang amat sangat mencintainya yang telah menerimanya apa adanya.

Tentang kebencian kepada seseorang yang seharusnya disayangi, Adalah Daeng Andipati yang memiliki keluarga kecil bahagia, namun memiliki kebencian yang masih ia simpan pada seseorang sejak ia masih berumur 15 tahun. Hingga suatu saat ia mampu memaafkan segala bencinya, melepaskan dengan perasaan lapang dan mengembalikan apa yang telah hilang.

Tentang kehilangan kekasih hati. Adalah Mbah Slamet yang begitu terpukul ketika kehilangan kekasih hatinya, Namun pemahaman itu datang hingga akhirnya ia telah menunaikan perjalanan cinta yang sesungguhnya. Kerinduan mereka berdua telah tersampaikan, karena dengan kehendak Allah, tak ada yang tidak mungkin. 

Tentang cinta sejati. Adalah Ambo Uleng yang mencoba melarikan diri dari kenyataan, menjauh, mencoba melupakan kisah cintanya, dan berharap semua akan terselesaikan. Namun semua itu salah, semua itu tak akan pernah berakhir. Karena sesungguhnya hanya dengan melepaskan, semua akan menjadi lebih baik dan berakhir indah.

Tentang kemunafikan. Adalah Gurutta, seseorang yang selalu pandai menjawab pertanyaan orang lain, tapi dia tidak pernah bisa menjawab pertanyaannya sendiri. Adalah seseorang yang selalu punya kata bijak untuk orang lain, tapi ia tak pernah bisa bijak untuk dirinya sendiri. 

Lima kisah dalam sebuah perjalanan panjang kerinduan.
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature