Bukan KOPDAR Bobe Biasa..

Thursday, May 25, 2017
Kenapa judulnya begitu?
Karena ini memang sesuatu yang luar biasa.
Kopdar Bobe ke X ini adalah kali pertama DD bergabung dan bertemu sebagian besar personilnya.
Tau komunitas ini udah lama,
Pengen gabung nya udah lama,
Mikir nya yang kelamaan -___-


Kembali ke KopDar Blogger Bengkulu,
Hari Minggu pada tanggal 21 Mei 2017, Bobe mengangkat tema "Kopi Bengkulu" bekerjasama dengan Disperindag Bengkulu yang di kepalai oleh Bapak H. Ijerwan, S.E serta di fasilisatori oleh Mas Khafi sebagai Media Center Bengkulu. Dengan judul " Menuju Konferensi Kopi Dunia di Bengkulu" dengan tujuan :
1. Memperkenalkan kopi rakyat sebagai produsen kopi penting
2. Variasi penanaman, pengolahan dan penyajian kopi yang mempengaruhi rasa dan aroma
3. Melaksanakan kontes dari berbagai jenis kopi beserta pengolahan dan penyajiannya

Dan ternyata, di Provinsi Bengkulu sudah banyak Badan Usaha yang terdaftar di Disperindag, khusus jumlah pengusaha kopi di Kabupaten yang berasa di Provinsi Bengkulu:
  - Bengkulu Selatan   :  27
  - Bengkulu Utara      :  40
  - Muko - Muko         :  2
  - Kaur                      :  6
  - Kepahyang            :  45
  - Lebong                  :  7
  - Rejang Lebong      :  8
  - Seluma                  :  1
  - Kota Bengkulu      :  10

Ini menunjukkan Bengkulu memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan dan kemajuan Produk Kopi dimasa mendatang. Dan tentu ini perlu di beri perhatian khusus, agar kopi Bengkulu bisa menjadi landmark Bengkulu sehingga mampu bersaing dengan kopi daerah lain serta dapat bertarung di pasar global.

Karena Tema nya Kopi, banyak para pengusaha kopi yang datang bawa product unggulannya masing - masing...dan Taaarraaaaa....
Kopi Bengkulu
Ini dia kopi-kopi terbaik dengan cita rasa memikat yang ada di Bengkulu. Bengkulu yang berada di segitiga emas dalam bidang kopi ini cukup di acungi jempol. Karena kopi - kopi pilihan ini nggak cuma dikenal di Bengkulu aja lohh...
Beberapa product kopi bengkulu bahkan pernah mengikuti event nasional hingga internasional untuk mengenalkan kenikmatan kopi Bengkulu. So, jangan ngaku coffeeholic kalo' belum nyicipin kopi bengkulu yang mamamia lezzaaaaatozzzz ini... ^_^

(Baca Juga : Excotic Coffee dari Suku Rejang Bengkulu)





Dan ini dia penampakan para Blogger Bengkulu yang hadir dalam kegiatan Kopdar kali ini, bersama para pengusaha kopi dari Kota Bengkulu maupun dari daerah yang di dukung oleh Disperindag Provinsi Bengkulu. Udah pada semangat semua itu,, semangat dapat sample kopi... *upss 
Semangat dengerin penjelasan Pak Kadis dan para pengusaha kopi juga kok.. ^_^



Ini sesi precentation dan discussion pengusaha kopi dan Blogger Bengkulu. Semua pada fokus ke depan. Bukan sama pembicaranya, mungkin sama kopi yang ada di depan pembicaranya... hehehee

Tapi udah ga diragukan lagi, kopi Bengkulu emang juara...
Dari segi cita rasa, aroma, sensasi nya... Ga bisa di ungkapkan dengan kata-kata lah..
Kamu bawa deh kopi Bengkulu ke luar daerah, pasti doyan semua..
Apalagi ngasih nya gratis.. Hahaha

Semakin kita mengenalkan product Kopi Bengkulu, dan juga mengkonsumsinya, maka semakin besar pula kesempatan kita untuk mensukseskan kegiatan "Menuju Konferensi Kopi Dunia di Bengkulu".
Malu donk warga Bengkulu tiap hari yang diminum kopi sachet warung.
Bengkulu itu Indah, Bengkulu itu Kaya,, Bengkulu itu Luar Biasa....

 
Dipenghujung acara, kita menyempatkan untuk foto bersama bersama Pak Kadis Disperindag, Media Center Bengkulu dan para pengusaha Kopi yang telah hadir.
Sukses terus pengusaha kopi Bengkulu,
Mari sukseskan "Menuju Konferensi Kopi Dunia di Bengkulu"..
Bersama kita Bisa !!

Sampai jumpa di Kopdar Blogger Bengkulu berikutnyaaa....

Redjang Excotic Coffee dari Suku Rejang Bengkulu




Siapa sih yang tidak mengenal si hitam yang excotic ini...
Pada awalnya, kopi hanya dikeringkan kemudian diseduh saja, baru setelah 500 tahun ditemukan, muncullah alat untuk menghancurkan biji kopi. Sejarah kopi yang ada di Indonesia juga tidak lepas dari peran Belanda sebagai penjajah. Hal ini dikarenakan bibit kopi pertama yang dibawa ke Indonesia merupakan bawaan dari pemerintah Belanda. Hingga kini, Si Hitam Excotic ini selalu menjadi minuman favorit dari berbagai kalangan.

Setiap orang pasti berbeda dalam merasakan cita rasa kopi, hal itu dapat dilihat bagaimana dan seberapa sering ia berkecimpung di dunia 'perkopian'. Ialah peminum kopi yang mengkonsumsi kopi hanya sebagai lifestyle, atau hanya sekedar suka dengan aroma dan rasa khasnya. Kemudian penikmat kopi yang mengkonsumsi kopi dengan penuh kenikmatan dan memiliki sensasi tersendiri ketika mengkonsumsinya. Sedangkan pecinta kopi yang mengkonsumsi kopi dan mengetahui segala sesuatu tentang kopi, Ia dapat merasakan 'Coffee is my soul'. Biasanya pada tingkatan kedua dan ketiga, kopi bisa dijadikan sebagai inspirasi sehingga tiada hari tanpa kopi atau tiada inspirasi tanpa si hitam excotic ini. Kamu diposisi mana??

Ngomongin kopi, setiap daerah pasti punya ciri khas kopi masing - masing. Cita rasa, sensasi dan kenikmatannya pun tentu berbeda. Bengkulu yang menjadi salah satu provinsi yang terletak di segitiga emas, tentu juga memiliki kopi yang kualitasnya patut diperhitungkan. Bahkan kopi Bengkulu pernah melebarkan sayapnya dalam kompetisi nasional dan internasional agar semakin dikenal keistimewaannya.

Berbagai Kopi Bengkulu dengan Cita Rasa Terbaik
Kamu asli warga Bengkulu?
Atau kamu coffeeholic?
Jangan ngaku coffeeholic kalo' belum nyobain kopi Redjang. Memiliki cita rasa yang excotic dan di tanam di dataran rendah Sindang Dataran Kepahyang. Banyak varian yang Kopi Redjang tawarkan serta berbagai tingkatan harga yang bisa menyesuaikan dengan kondisi kantong kamu. 

Kenapa Kopi Redjang sangat istimewa?
Karena ia telah melewati proses Roasting (pemanggangan) yang tepat. Karena 30% rasa enaknya kopi bisa ditentukan oleh roaster melalui proses roasting, 60% ditentukan oleh proses budidaya dan panen di kebun sedangkan sisanya yang 10% ditentukan oleh barista pada saat penyajian. Kopi Redjang di roasting pada suhu 170 ͦ C dengan waktu kurang lebih 40 menit. Sehingga mendapatkan aroma dan cita rasa yang luar biasa.
Beberapa Varian Kopi Redjang
Beberapa varian Kopi Redjang diantaranya Brown Coffee, Black Coffee dan Red-Pearlbean baik jenis Arabika,Robusta ataupun mix keduanya. Dengan kemasan mini dengan netto 18gr hingga medium dengan netto 300gr. Kisaran harganya pun beragam mulai Rp 7000,- hingga Rp 43.000,-
Kamu bebas pilih yang mana, soal rasa nggak perlu diragukan lagi... #maknyoossss

Tertarik mencicipi Kopi Redjang?
Kamu bisa langsung datang ke Naqsa Golden Exosite, Jl. Mayor Salim Batubara No.25 Penanjung Atas Kabupaten Kepahyang Provinsi Bengkulu.
Atau juga bisa langsung hubungi manager nya : Eka Susiani, S.P (082280340636)

Kopi Redjang, Cita Rasa Khas Excotisme Dataran Tinggi Tanah Suku Rejang
Hadir Bukan sekedar Melengkapi tapi menyempurnakan yang sudah tradisi.

Masjid Megah dan Bersejarah Bengkulu

Tuesday, May 23, 2017
Kalau ngomongin Bengkulu, pasti langsung ingat sama Pantai Panjangnya. Destinasi wisata ini cukup terkenal baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Sebagai pantai terpanjang di Indonesia, Pantai panjang pun tak kalah elok dibandingkan pantai yang lain. Tapi kali ini "DD" ga bakalan bahas tentang pantai Bengkulu. Karena selain pantai, Bengkulu juga punya destinasi wisata lain yang sayang kalau dilewatkan.Salah satunya adalah Destinasi Wisata Religi.


Berhubung sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, biasanya di masjid selalu ada berbagai macam kegiatan. Jadi kudu sering-sering nyamperin masjid yaaa.. 

Oke, ini dia Masjid-Masjid Megah dan Bersejarah di Bengkulu :

1. Masjid Agung At - Takwa
Masjid Agung At-Takwa pada Pagi Hari
Beralamat di Jl. Soekarno-Hatta, Kel. Anggut Atas Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Masjid ini dibangun pada tahun 1988 pada masa pemerintahan Gubernur Soeprapto dan diresmikan oleh Presiden Soeharto  pada tanggal 1 Juli 1989. Masjid ini mampu menampung 2900 jamaah. Kebayangkan gimana gedenyaa...


Kalau diperhatikan, arsitektur bangunan nya hampir mirip dengan masjid - masjid di Negara Turki. Dengan adanya kubah setengah lingkaran terbesar berada di tengah dan dikelilingi oleh kubah setengah lingkaran yang lebih kecil, lalu terdapat beberapa menara disetiap sisi masjid. Salah satu contoh masjid Turki yaitu Masjid Ahmad Kadyrov di Pegunungan Kaukasus.
Masjid Ahmad Kadyrov - Turki
(Sumber : schariev.wordpress.com)

Selain bangunan yang megah, halaman Masjid Agung At-Takwa juga super luas. Mau main sepak bola juga bisa... #kayaknya bisa sih.. Hahaha
Dengan arsitektur megah serta halaman yang luas dan asri, tentu kita akan merasa nyaman dan menyenangkan berlama - lama di masjid ini. Pada kondisi malam hari pun, masjid tetap terlihat megah.


Masjid Agung At - Takwa pada Malam Hari

2. Masjid Raya Baitul Izzah
Masjid Raya Baitul Izzah
Siapa sih yang tau Masjid Raya Baitul Izzah?
Masjid ini cukup populer di Kota Bengkulu sebagai landmark Kota Bengkulu dan sebagai masjid yang multi fungsi. Kenapa multi fungsi?
Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan disini. Dari kegiatan masjid pada umumnya seperti sholat, kegiatan pendidikan Al Qur'an, kajian rutin dari berbagai ulama dan majelis ta'lim, masjid ini juga memiliki bagian ruangan yang disebut "Islamic Centre" yang bisa digunakan untuk acara khusus seperti pernikahan, perpisahan sekolah, bahkan hanya sekedar prewedding. Dibawah naungan yayasan yang sama, di area masjid ini juga terdapat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) yang cukup tersohor. Juga terdapat Bank Syariah yang bisa digunakan masyarakat umum. Dengan halaman yang super luas, kurang multi fungsi apa lagi? *Subhanallah
 
Baca Juga : Masjid Jamik Jejak Religius Presiden Pertama RI di Bengkulu


Beralamat di Jalan Raya Pembangunan Nomor 1 Bengkulu, Masjid Raya Baitul Izzah ini di bangun tahun 1976 pada masa pemerintahan Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. A. Chalik. Pembangunan Masjid baru selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh wakil presiden H. Adam Malik.


 3. Masjid Jamik
Masjid Jamik
Masjid Jamik, tidak terlalu luas namun cukup membekas di hati masyarakat Bengkulu. *eeaaaaa
Pasalnya masjid ini di renovasi dan di rancang langsung oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno semasa perasingannya di Bengkulu pada tahun 1938. Dan oleh pemerintah Indonesia, bangunan Masjid Jamik ini dinyatakan sebagai bangunan bersejarah dengan kategori benda cagar budaya dan dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010.

Salah seorang pengurus Masjid Jamik, Ahmad Riva'i, mengatakan sebelum direnovasi Ir. Soekarno, bangunan itu hanyalah sebuah gubuk kecil yang oleh masyarakat sekitar disebut "Surau Lamo".  Oleh Ir. Soekarno dirancang satu bangunan bergaya Eropa dengan dua buah bubungan dan teras memanjang. Yang menjadi ciri khasnya, Masjid Jamik memiliki kekhasan beratap limas dengan bentuk mengerucut, dan didirikan tanpa tiang utama sebagai penyangga.

Itulah beberapa masjid megah dan bersejarah yang ada di Kota Bengkulu
Ini untuk menjawab tantangan #BloggerBengkulu dalam #NulisSerempak tentang #MasjiddiBengkulu


Mari Ramaikan Masjid, 
Kalau bukan Kita, Siapa Lagi?
Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?



Referensi:



Hanya Waktu

Wednesday, May 17, 2017



Semua hanya masalah waktu,,
Tak peduli dimana ia berada,
Tak peduli kapan,
Tak peduli apa,
Tak peduli siapa,

Yang sebelumnya terjaga, pun kelamaan akan terlupa begitu saja..
Kelamaan akan terabaikan pula..
Atau dianggap tidak ada?
Hahaha

Tapi untuk apa disesali?
Toh semua yang pergi akan terganti.
Semua yang teringat akan terlupa.
Yang disuka akan hampa tak terasa.

Heii, semua hanya masalah waktu.
Ia akan terus berjalan tak akan berhenti..
Jika waktu berjalan pun kau tak mampu mengikuti, bagaimana jika ia berlari?
Kau akan semakin tertinggal dibelakang, terus menggerutu soal waktu yang tak sabar menunggu.

Ini hanya masalah waktu,
Aku adalah aku,
Ada atau tanpamu,, ❤
🍀 #170517 🍀


Mendadak teringat seseorang, tapi seolah diabaikan. Yahh,, ini hanya masalah waktu. Dan itulah fungsinya lupa. Menghapus semua memori yang nggak perlu diingat lama-lama. 

Auto Post Signature