Masjid Megah dan Bersejarah Bengkulu

Tuesday, May 23, 2017
Kalau ngomongin Bengkulu, pasti langsung ingat sama Pantai Panjangnya. Destinasi wisata ini cukup terkenal baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Sebagai pantai terpanjang di Indonesia, Pantai panjang pun tak kalah elok dibandingkan pantai yang lain. Tapi kali ini "DD" ga bakalan bahas tentang pantai Bengkulu. Karena selain pantai, Bengkulu juga punya destinasi wisata lain yang sayang kalau dilewatkan.Salah satunya adalah Destinasi Wisata Religi.


Berhubung sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, biasanya di masjid selalu ada berbagai macam kegiatan. Jadi kudu sering-sering nyamperin masjid yaaa.. 

Oke, ini dia Masjid-Masjid Megah dan Bersejarah di Bengkulu :

1. Masjid Agung At - Takwa
Masjid Agung At-Takwa pada Pagi Hari
Beralamat di Jl. Soekarno-Hatta, Kel. Anggut Atas Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Masjid ini dibangun pada tahun 1988 pada masa pemerintahan Gubernur Soeprapto dan diresmikan oleh Presiden Soeharto  pada tanggal 1 Juli 1989. Masjid ini mampu menampung 2900 jamaah. Kebayangkan gimana gedenyaa...


Kalau diperhatikan, arsitektur bangunan nya hampir mirip dengan masjid - masjid di Negara Turki. Dengan adanya kubah setengah lingkaran terbesar berada di tengah dan dikelilingi oleh kubah setengah lingkaran yang lebih kecil, lalu terdapat beberapa menara disetiap sisi masjid. Salah satu contoh masjid Turki yaitu Masjid Ahmad Kadyrov di Pegunungan Kaukasus.
Masjid Ahmad Kadyrov - Turki
(Sumber : schariev.wordpress.com)

Selain bangunan yang megah, halaman Masjid Agung At-Takwa juga super luas. Mau main sepak bola juga bisa... #kayaknya bisa sih.. Hahaha
Dengan arsitektur megah serta halaman yang luas dan asri, tentu kita akan merasa nyaman dan menyenangkan berlama - lama di masjid ini. Pada kondisi malam hari pun, masjid tetap terlihat megah.


Masjid Agung At - Takwa pada Malam Hari

2. Masjid Raya Baitul Izzah
Masjid Raya Baitul Izzah
Siapa sih yang tau Masjid Raya Baitul Izzah?
Masjid ini cukup populer di Kota Bengkulu sebagai landmark Kota Bengkulu dan sebagai masjid yang multi fungsi. Kenapa multi fungsi?
Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan disini. Dari kegiatan masjid pada umumnya seperti sholat, kegiatan pendidikan Al Qur'an, kajian rutin dari berbagai ulama dan majelis ta'lim, masjid ini juga memiliki bagian ruangan yang disebut "Islamic Centre" yang bisa digunakan untuk acara khusus seperti pernikahan, perpisahan sekolah, bahkan hanya sekedar prewedding. Dibawah naungan yayasan yang sama, di area masjid ini juga terdapat Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) yang cukup tersohor. Juga terdapat Bank Syariah yang bisa digunakan masyarakat umum. Dengan halaman yang super luas, kurang multi fungsi apa lagi? *Subhanallah
 
Baca Juga : Masjid Jamik Jejak Religius Presiden Pertama RI di Bengkulu


Beralamat di Jalan Raya Pembangunan Nomor 1 Bengkulu, Masjid Raya Baitul Izzah ini di bangun tahun 1976 pada masa pemerintahan Gubernur Provinsi Bengkulu Drs. A. Chalik. Pembangunan Masjid baru selesai pada tahun 1979 dan diresmikan oleh wakil presiden H. Adam Malik.


 3. Masjid Jamik
Masjid Jamik
Masjid Jamik, tidak terlalu luas namun cukup membekas di hati masyarakat Bengkulu. *eeaaaaa
Pasalnya masjid ini di renovasi dan di rancang langsung oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno semasa perasingannya di Bengkulu pada tahun 1938. Dan oleh pemerintah Indonesia, bangunan Masjid Jamik ini dinyatakan sebagai bangunan bersejarah dengan kategori benda cagar budaya dan dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010.

Salah seorang pengurus Masjid Jamik, Ahmad Riva'i, mengatakan sebelum direnovasi Ir. Soekarno, bangunan itu hanyalah sebuah gubuk kecil yang oleh masyarakat sekitar disebut "Surau Lamo".  Oleh Ir. Soekarno dirancang satu bangunan bergaya Eropa dengan dua buah bubungan dan teras memanjang. Yang menjadi ciri khasnya, Masjid Jamik memiliki kekhasan beratap limas dengan bentuk mengerucut, dan didirikan tanpa tiang utama sebagai penyangga.

Itulah beberapa masjid megah dan bersejarah yang ada di Kota Bengkulu
Ini untuk menjawab tantangan #BloggerBengkulu dalam #NulisSerempak tentang #MasjiddiBengkulu


Mari Ramaikan Masjid, 
Kalau bukan Kita, Siapa Lagi?
Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi?



Referensi:



12 comments on "Masjid Megah dan Bersejarah Bengkulu"
  1. Aku paling senang di Baitul Izzah. Anginnya banyak dan karpetnya empuk.

    ReplyDelete
  2. kalo saya seringnya di masjid At-Takwa, Anggut karena sering mengadakan kajian disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kajian rutin y mas? Saya tau ny yg di baitul izzah aja.. Hehe

      Delete
  3. Masjid Raya Baitul Izzah & Masjid Akbar at Taqwa , keduanya mnjdi lokasi yang selalu rindu untuk kembali. Banyak cerita yang sudah terukir di kedua masjid ini, banyak ilmu yang dapat dipelajari disna, banyak saudra yang dapat dengan sengaja ataupun tidak sengaja dapat dijumpa.

    :D

    ReplyDelete
  4. nah cocok banget nih yg masjid Raya Baitul Izzah, dekat pula dengan kantor mb hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh,, bisa mampir tiap hri mas.. Hehe

      Delete
  5. Klo masjid besar aman n ramah buat bawa pasukan 😁

    ReplyDelete
  6. anak2 suka banget di sini, larilarian, masjidnya juga unik loh kebanggaan kita

    ReplyDelete

Auto Post Signature