Peran Serta Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Monday, September 25, 2017
Teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien.

Lalu apa kaitannya dengan pendidikan?

Pendidikan merupakan tolak ukur perkembangan suatu bangsa. Bangsa yang maju tentu memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik. Sedangkan sumber daya manusia yang baik di peroleh dari pendidikan yang baik pula. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas sumber daya pendidikan adalah dengan adanya teknologi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi pada saat ini sudah berkembang sangat pesat dan mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya adalah pendidikan.

Namun, banyak diantara kita yang beranggapan bahwa perkembangan teknologi ini malah membuat perkembangan dunia pendidikan menjadi menurun. Dengan adanya fasilitas gadget yang membuat para siswa menjadi malas untuk belajar dan banyaknya siswa yang dengan leluasa mendapatkan konten negatif. Namun semua itu tidak serta - merta menjadikan teknologi sebagai tersangka. Peran serta orang tua lah yang dinilai berperan aktif untuk  melindungi dan mengawasi apa saja yang dapat diakses oleh anak sebagai seorang pelajar.

Tidak selamanya teknologi memiliki kesan negatif, bahkan modern ini perkembangan teknologi juga memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan. Dampak langsung yang dapat siswa rasakan adalah Media Belajar Multimedia. Apa yang dimaksud media belajar multimedia?
Media belajar multimedia adalah media pembelajaran yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar agar siswa lebih memahami baik secara teori maupun praktek dengan adanya simulasi, audio, gambar, animasi dan segala sesuatu yang menunjang.
Disinilah teknologi memiliki peran aktif, dimana siswa diharapkan lebih memahami suatu materi secara praktek maupun teori. Media belajar multimedia saat ini juga dapat diperoleh dengan mudah. Sehingga siswa bisa belajar dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu dan tempat. Sekali lagi, orang tua juga harus berperan serta dalam melindungi dan mengawasi anak menggunakan gadget dengan memberikan konten positif yang bermanfaat.

Video diatas merupakan salah satu contoh Media Belajar Multimedia, dimana terdapat Kompetensi Dasar dan Indikator sebagai tujuan awal materi yang akan disampaikan, Materi yang berisi pokok pembahasan, Video sebagai penunjang dan Quiz untuk melihat batas kemampuan siswa.

Peran teknologi tidak hanya disitu saja. Dalam dunia pendidikan sendiri, teknologi sangat berperan aktif dalam penyebaran informasi dan pengiriman data.
Tentu kita telah mendengar tentang Kartu Indonesia Pintar. KIP merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada siswa kurang mampu untuk membantu para siswa memenuhi keperluan dan kebutuhan pendidikannya. Dan program ini tidak hanya bagi kota-kota besar, tapi tersebar di seluruh Indonesia.
Lalu bagaimana pemerintah pusat dapat mendata setiap siswa yang dianggap membutuhkan KIP ?
Memang, pemerintah daerah juga berperan aktif dalam mendukung program ini. Namun ada sebuah aplikasi dalam dunia pendidikan yang lebih mendominasi terkait data siswa. Pernah mendengar aplikasi Dapodik?

Aplikasi Data Pokok Pendidikan
Ya, Dapodik lah tempatnya. Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional yang dimanfaatkan pemerintah pusat untuk mengetahui berkembangan data pendidikan diseluruh Indonesia. 
Kalian semua juga bisa melihat hasil pengiriman data dari seluruh Indonesia di Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah.
Status Penyaluran dan Pencairan PIP di Indonesia
Tidak hanya KIP, tapi semua pendataan juga terkait menggunakan aplikasi ini. Mulai dari bantuan di sekolah, bantuan operasional sekolah, data siswa, guru, sarana prasarana sekolah dan lain-lain.
Pengiriman Data dari Bengkulu Kec. Muara Bangkahulu
Progres Pengiriman Data Dari Seluruh Indonesia

Bukankah Teknologi sudah cukup berperan penting dalam dunia Pendidikan?
Terkadang memang masih ada data invalid yang diterima, namun itu semua tidak lepas dari adanya human error yang berkaitan juga dengan sumber daya manusia yang ada di daerah masing - masing.

Jika tidak ada teknologi sebagai pengolah dan penyebaran informasi, lalu bagaimana dunia pendidikan bisa berkembang? Sedangkan semakin hari perkembangan zaman semakin menuntut kita agar lebih efisien dalam mengolah data dan penyebaran informasi.

Memang segala sesuatu selalu memiliki kekurangan dan kelebihan, positif dan negatif, baik dan buruk. Namun kita sebagai manusia yang berakal tentu dapat membedakan, memilih dan memilah sesuatu yang bermanfaat dan memiliki sisi positif. Manfaatkan kebaikannya, tinggalkan keburukannya. That is simple !!
Semoga artikel ini bisa membuat kita berfikir kedepan terhadap dampak dan manfaat teknologi dalam dunia pendidikan dimasa yang akan datang..



Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog UMB-ICTC dengan tema Peran Teknologi Informasi dalam Pengolahan dan Penyebaran Informasi Untuk Memajukan Pendidikan di Indonesia yang di adakan oleh Universitas Mercu Buana dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana.


9 comments on "Peran Serta Teknologi Dalam Dunia Pendidikan"
  1. Yup, setuju. Manfaatkan kebaikannya, tinggalkan yg jelek

    ReplyDelete
  2. sekarang mah memang udah eranya milenia, semua harus terintegrasi dengan teknologi, karena generasi sekarang jg canggih2 betul klo belajar

    ReplyDelete
  3. Teknologi sekarang ini memang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi yang semakin canggih seorang guru atau dosen tidak harus datang ke kelas untuk mengajar karena bisa langsung live di mana dosen tersebut. pokoknya semakin dimudahkan lah...

    ReplyDelete
  4. Iya bener bgt mbak teknologi sangat penting dlm dunia pendidikan, teacher zaman now gak boleh gaptek dong yaaa

    ReplyDelete
  5. Teknologi memang saat ini sudah benar-benar dilirik oleh para praktisi pendidikan. Bahkan guru pun 'dipaksa' melek teknologi dan internet. Biar ga kalah Ama muridnya.

    ReplyDelete
  6. Kenapa jadi inget sama mata pelajar multimedia buat anak SMK ya mak.. Haha
    Nah, teknologi zaman sekarang memang diharuskan untuk bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan dong. Jangan mau kalah sama kids zaman now soal pemanfaatan teknologi..

    ReplyDelete
  7. Teknologi atau apapun pasti ada sisi negatif dan positif, tergantung bagaimana kita sendiri menggunakannnya untuk apa. Untuk saat ini teknologi semakin maju dan canggih, bahkan peran manusiapun sudah ada yang digantikan oleh robot. Jika pendidikan di Indonesia ingin lebih maju lagi, harus ikut serta memanfaatkan sisi positif dari kemajuan teknologi.

    ReplyDelete
  8. Teknologi memang seharusnya dimanfaatkan untuk kebaikan. Tetapi masih ada juga yang menyalahgunakan. Semoga semakin banyak yang memanfaatkan teknologi untuk hal baik :)

    ReplyDelete

Auto Post Signature