Awalnya aku sempat pusing ketika memerlukan foto dengan resolusi foto yang besar, sedangkan file asli yang aku punya entah dimana keberadaan nya. Akhirnya bongkar - bongkar semua file di hardisk, tapi tak kunjung ditemukan. Aku hanya menemukan sebuah foto yang tersimpan di salah satu sosial media dan foto itu memiliki resolusi yang kecil..

Duhh,, sempat bingung mau gimana....

Tanya beberapa orang teman, semua nya mengusulkan menggunakan Photoshop. Dan yang jadi sumber masalahnya, aku ga bisa menggunakan Photoshop...
Hampir nyerah sih,, apa harus minta tolong temen buat bantuin?!
Tapi agak nggak enak sihh mau minta tolong...

Akhirnya coba browsing-browsing dulu di gugel, siapa tau ada solusi lain. Setelah di obrak - abrik semua laman di gugel, akhirnyaaa... Ditemukan juga aplikasi yang dimaksud.. Alhamdulillah ^__^

Buat temen - temen lain yang merasakan hal yang sama seperti aku, ini beberapa step yang bisa di coba untuk mengubah resolusi gambar menjadi 2x lebih besar dari sebelumnya :

1. Kita akan mengandalkan fitur dari sebuat website asal Jepang. Buka aplikasi Online Waifu2x, maka akan muncul tampilan berikut :
waifu2x
Waifu2x


2. Pada fitur ini, terdapat banyak pilihan bahasa yang bisa kamu pilih.. Untuk pilihan standart, kamu bisa pilih bahasa 'English' yang berada di paling kiri pada semua pilihan.


3. Pilih foto yang ingin kamu ubah resolusi nya, bisa menggunakan URL Image atau Choose File dari file di hardisk kamu sendiri.


4. Button 'Upscaling' merupakan menu untuk mengubah resolusi menjadi 2x lebih besar dibandingkan file aslinya. Pilih salah satu button yang kamu inginkan, menjadi 1.6x atau 2x lebih besar dari foto aslinya.


5. Selanjutnya kamu bisa Click button Captcha lalu pilih button Convert apabila kamu ingin melihat hasil gambar terlebih dahulu, atau kamu bisa langsung pilih Download untuk mengunduh hasil konversi gambar.

6. Hasil dari Upscaling foto seperti berikut :

Before
After

Demikian langkah - langkah untuk memperbesar resolusi foto menjadi 2x lipat. Semoga bermanfaat.. ^_^

11 komentar:

  1. Keren tipsnya. Makasih banyak

    BalasHapus
  2. Ulasannya sangat membantu mbak, saya jg pernah ngalami kbingungan utk memperbesar foto

    BalasHapus
  3. Wahhh bisa dicoba nih, makasih mba

    BalasHapus
  4. Aku termasuk orang yang amatir dalam mengedit sebuah foto apalagi menggunakan photoshop. Dulu waktu SMA aku pernah belajar photoshop namun setelah lulus sekitar 3 tahun yang lalu aku udah nggak pernah lagi yang namanya ngedit foto dan video dan aku cuma foto untuk dokumen pribadi.

    BalasHapus
  5. waaah.. makasih mbak. noted nih...

    BalasHapus