Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. Dengan bisnis yang beragam, Astra telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan. Dalam keseharian hidup, masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor dan mobil, jalan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan dan asuransi milik Astra. Pelaku bisnis bermitra dengan Astra dan memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari Astra. Berbagai produk yang dihasilkan, antara lain minyak kelapa sawit, batu bara dan kendaraan bermotor, terus diekspor sehingga Astra dapat berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.

Dengan memiliki Visi dan Misi sejahtera bersama bangsa dan menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta peduli lingkungan, Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dan bertujuan untuk memberikan kontribusi dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu. 

Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
Dengan mengacu pada Catur Dharma, ASTRA berharap kehadirannya mampu memberikan inspirasi bagi bangsa serta memberikan kontribusi dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang pada aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui program tanggung jawab sosial yang berkelanjutan di bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.

Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
Persebaran Program Astra untuk Indonesia Sehat, Cerdas dan Kreatif
ASTRA tidak hanya menjadi perusahaan yang bergerak dibidang perseroan, memiliki cita - cita "Sejahtera Bersama Bangsa" merupakan target bagi Astra untuk menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di tahun 2020 mendatang. Astra juga telah mensejahterakan rakyat Indonesia dengan berbagai kegiatan sosial yang telah di lakukan.

ASTRA UNTUK INDONESIA SEHAT
Astra menyadari kesehatan merupakan bagian penting dari kesejahteraan masyarakat mengingat dengan meningkatkan upaya kesehatan maka produktivitas kerja akan meningkat, kesehatan masyarakat terlindungi. Di bidang kesehatan, Astra memfokuskan pada kesehatan ibu dan anak serta akses kesehatan bagi lapisan masyarakat pra-sejahtera. Astra untuk Indonesia Sehat diterapkan melalui Mobil Kesehatan Astra (Mokesa), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan berbagai rangkaian kegiatan donor darah.
Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
GenerAKSISEHATIndonesia (GSI) menjadi salah satu bentuk implementasi kepedulian Astra di pilar kesehatan melalui Astra Untuk Indonesia Sehat. Pada tahun 2016, melalui program GSI, Astra menyerahkan bantuan kacamata dengan total sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah terluar Indonesia. Melalui penyerahan donasi di ketiga wilayah ini menambah jumlah total donasi kacamata menjadi 15.048 buah sejak tahun 2014 lalu ketika program GenerAksi Sehat Indonesia dimulai.

ASTRA UNTUK INDONESIA KREATIF
Astra Untuk Indonesia Kreatif merupakan program sosial dalam bidang kewirausahaan yang mendorong penciptaan lapangan kerja dan kemandirian masyarakat. Program kewirausahaan dikembangkan sesuai dengan hasil pemetaan sosial dan menggali potensi wilayah untuk diubah menjadi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat.
Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
PT Astra International Tbk menggelar program Astra Start Up Challenge (ASC) untuk meningkatkan semangat kewirausahaan generasi muda. Program ini merupakan kelanjutan dari dukungan Astra terhadap UMKM di Indonesia yang sudah dilakukan selama 40 tahun melalui Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA).

ASTRA UNTUK INDONESIA HIJAU
Upaya pelestarian lingkungan dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan serta menjaga kestabilan lingkungan. Berbagai kegiatan dilakukan untuk Indonesia Hijau persembahan Astra diantaranya mengadakan Adiwiyata Summit bagi para duta lingkungan Grup Astra yang terdiri dari 159 siswa-siswi beserta para guru dari 54 SD, SMP dan SMA binaan Astra, serta komunitas lingkungan daerah. Peserta berasal dari berbagai daerah, seperti Meulaboh, Lampung, DKI Jakarta, Banten dan Bogor, Yogyakarta, hingga Mamuju.
Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
Peran Astra dalam mengajak masyarakat menghijaukan kembali Indonesia juga dilakukan melalui Astra Green Run (AGR). Kegiatan ini tak hanya ditujukan bagi para pecinta olahraga lari, namun juga bagi mereka yang ingin berpartisipasi menghijaukan lingkungan.

Astra senantiasa berkontribusi menjaga lingkungan. Dalam melaksanakan konservasi energi dan upaya efisiensi terbaik di lingkungannya, Grup Astra melibatkan 33 perusahaan melalui 46 program. Dengan program ini, Astra mampu menghemat energi sebesar 807 terajoule pada periode 2015 hingga 2016 melalui program Astra Green Energy.

Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera
ASTRA UNTUK INDONESIA CERDAS
Astra Untuk Indonesia Cerdas difokuskan pada bidang pendidikan untuk membentuk manusia yang unggul sebagai kekayaan terbesar sebuah bangsa, sekaligus menjadi salah satu langkah utama untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat. Pada tahun 2016, sasaran program Pendidikan semakin diperluas menyentuh para peserta didik dan guru di berbagai wilayah Indonesia yang dilaksanakan melalui perusahaan Grup Astra serta sembilan yayasan Astra.

Dengan bertujuan untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang unggul, Astra telah menciptakan beberapa program yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan. Tidak hanya diperuntukkan untuk para peserta didik yang berada di tingkat dasar hingga perguruan tinggi, para pendidik pun juga dibekali pembinaan untuk mencetak generasi unggul yang cerdas dan berkarakter. Rumah Pintar dan Beasiswa merupakan beberapa program yang dimiliki Astra untuk mendongkrak mutu pendidikan menjadi semakin baik.

Kontribusi Astra Untuk Indonesia Sejahtera

KAMPUNG BERSERI ASTRA
Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan  salah satu program yang dilaksanakan oleh Astra kepada sebuah kelompok masyarakat dengan menerapkan konsep pengembangan yang menggabungkan 4 pilar program sosial Astra yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan. Melalui KBA, masyarakat dan perusahaan bekerjasama untuk bersama - sama mewujudkan kampung yang bersih, sehat,cerdas dan produktif. 

KBA diterapkan secara bertahap disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan masyarakat. Program yang dilaksanakan dalam KBA meliputi:
-  Di bidang kesehatan

    Astra mengadakan pembinaan posyandu, sanitasi, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
-  Di bidang pendidikan

    Terdapat program sekolah adiwiyata, PAUD dan beasiswa.
-  Di bidang lingkungan

   Terdapat program penghijauan lingkungan, pusat pembudidayaan tanaman, pengolahan sampah
    terpadu dan pembuatan kompos masyarakat.
-  Di bidang ekonomi

   Terdapat masyarakat KBA yang diberdayakan dengan memiliki bisnis UMKM atau program 
    kewirausahaan.

Dengan kontribusi Astra untuk Indonesia, berharap kedepannya kegiatan - kegiatan sejenis dapat menginspirasi semua kalangan agar masyarakat Indonesia semakin sejahtera dari segi pendidikan, kesehatan, pelestarian lingkungan dan kewirausahaan. 

Sumber : 
www.satu-indonesia.com
www.astra.co.id

2 komentar:

  1. Sekarang infografis Astranya keren ya mak.. Aku belom huhu

    BalasHapus
  2. Asta memang keren. Terus menginspirasi dan berkontribusi buat negeri tercinta Indonesia.

    BalasHapus