Janji Allah Bagi Pencinta & Penghafal Al-Qur'an

Sunday, March 11, 2018

Memiliki anak, saudara atau pun sahabat yang mampu menghafal Al-Qur'an tentu memiliki kebanggaan tersendiri, sekaligus menimbulkan kesedihan dihati disaat yang bersamaan. Kenapa?
Disaat mereka mampu menghafal ayat - ayat suci Al-Qur'an, kita masih terseok - seok untuk membenarkan bacaan Al-Qur'an. 

Namun tidak mungkin kita selamanya terus terpuruk bukan?!!
Jadikan itu sebuah penyemangat yang membakar, bahkan dengan adanya kerabat atau pun sahabat yang memiliki hafalan Al-Qur'an membuat kita bisa belajar dari mereka, sehingga kita juga bisa mampu menghafal ayat - ayat indah dari Al Qur'an. 

Lalu apa yang mendasari mereka para penghafal Al-Qur'an begitu banyak memiliki hafalan?
Apa yang membuat mereka begitu bersemangat menghafal Al-Qur'an?
Ternyata, Allah SWT telah berjanji kepada para pencinta dan penghafal Al-Qur'an beberapa hal yang hanya akan diberikan kepada mereka yang berniat dan berkeinginan menghafalkan dan mengamalkan kandungan dari Al-Qur'an. Diantaranya :

1. ALLAH SWT AKAN MEMBERIKAN MAHKOTA KEHORMATAN
Sesuai dengan yang terdapat di dalah sebuah hadits, dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Baginda bersabda, orang yang hafal Al-Quran kelak akan datang dan Al-Quran akan berkata:


“Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.”

Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan.
Al-Quran berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya.” Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Al-Quran berkata lagi: “Wahai Tuhan, ridhailah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan.” (HR. At Tirmidzi)

2. AKAN DIKUMPULKAN BERSAMA MALAIKAT YANG MULIA LAGI TAAT
“Dan perumpamaan orang yang membaca Al-Quran sedangkan ia hafal ayat-ayat Nya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun ‘alaih).

3. AKAN DITINGGIKAN DERAJATNYA SAAT BERADA DI SURGA
Sesuai dengan sebuah hadits yang bunyinya, dari Abdillah bin Amri bin ‘Ash dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib Al-Quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran di dunia, sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).

4. PARA PENGHAFAL AL-QUR'AN AKAN MENDAPATKAN SYAFA'AT
Dari Abi Umamah ra, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, “Bacalah Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafal).” (HR. Muslim).

BACA JUGA : Ciptakan Generasi Qur'ani Bersama Yayasan Ma'had Rabbani 

Tak hanya bagi para penghafal Al-Qur'an, orang tua para penghafal Al-Quran pun akan mendapatkan pertolongan. Dalam hadits disebutkan, dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah di dapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Quran”. (HR. Al Hakim).

5. MEMILIKI FAEDAH DALAM URUSAN PERNIAGAAN
Dalam Alquran dijelaskan, 
(29)إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ

(30)لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ غَفُورٌ شَكُورٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS Faathir : 29-30).

6. MENJADI KELUARGA ALLAH SWT
“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia..." Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu'ran (orang yang membaca atau menghafal Qur'an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Itulah beberapa janji yang Allah SWT berikan bagi para pencinta dan penghala Al-Qur'an. Maka mari kita jadikan ini sebagai penyemangat agar kita semakin mencintai Al-Qur'an dengan cara menghafal dan mengamalkan kandungan dari Al-Qur'an itu sendiri. Dan semoga kita termasuk diantara orang - orang yang diberikan ilmu dan bukan termasuk orang - orang yang dzalim, sesuai dengan firman serta Janji Allah Swt yang termaktub dalam surat Al-Ankabut ayat 49.


“Sesungguhnya, Alquran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang dzalim.” (QS Al-Ankabut : 49).


1 comment on "Janji Allah Bagi Pencinta & Penghafal Al-Qur'an"
  1. Allaahu robbii...
    Terima kasih banyak ya, Mbak, semoga diri ini, sedikit demi sedikit, semakin bersemangat menambah hafalan. Aamiin...

    ReplyDelete

Auto Post Signature