Menjadi Guru Sukses di Era Digital Melalui Rumah Juara

Sunday, March 11, 2018


Dengan adanya perubahan dan penyempurnaan pada Kurikulum 2013, peran guru sebagai pelaksana kurikulum dan pengajar menjadi sangat penting. Peran tersebut harus dilaksanakan setiap guru demi terpenuhinya kebutuhan masa depan pendidikan Indonesia. Di dalam Kurikulum 2013, pembelajaran dituntut untuk mengaplikasikan empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku.

Salah satu tuntutan yang paling besar bagi seorang guru untuk mengaplikasikan Kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar di kelas adalah aspek keterampilan. Para siswa didik yang rata-rata adalah generasi Z (lahir antara tahun 1995 – 2010) memiliki keterampilan yang jauh lebih kreatif. Gimana nggak, di jaman yang serba digital ini para generasi Z bahkan dapat dengan cepat mengakses informasi dan belajar dari internet. 

Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan menjadi salah satu bagian dari tugas guru yang harus konsisten dilakukan setiap hari agar pembelajaran berjalan dengan lancar. Karena, suasana menyenangkan tersebut hanya akan tercipta jika guru berhasil melakukan pengelolaan kelas dengan baik.

Untuk itu, sebagai guru SD yang memiliki tugas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sudah saatnya untuk mengikuti tren perkembangan jaman. Mengajar menggunakan cara lama akan terlihat membosankan. Yuk, sesekali gunakan teknologi digital untuk memperkaya pengalaman agar suasana kelas lebih hidup. 


Kreatif saat mengajar di kelas bukanlah menjadi tujuan akhir dalam proses pembelajaran. Menjadi seorang guru, sudah seharusnya memiliki tujuan besar. Menjadi guru sukses adalah impian dari setiap orang yang berprofesi guru. Namun bagaimana caranya agar kita menjadi guru yang sukses di era digital ini ? Yuk, perhatikan infografis di bawah ini! 


Dari ketujuh cara di atas, mungkin tak sulit bagi seorang guru untuk bersikap disiplin, menjadi pembelajar sejati, membangun kedekatan dengan murid, menjadikan murid sebagai subjek, menggunakan beragam gaya belajar, dan memberi inspirasi. Hal yang paling sulit dilakukan seorang guru adalah berkarya. Hal ini dikarenakan terlalu padatnya kegiatan di sekolah, baik dalam mengurus administrasi sekolah dan kesiswaan, maupun kegiatan lainnya. 

Untuk itu, Rumah Juara hadir tidak hanya sebagai media pembelajaran berbasis digital saja. Di sini, para guru dapat berkontribusi secara aktif untuk menjadi guru sukses di kemudian hari. Salah satu program terbaru dari Rumah Juara adalah program ‘kontribusi’. Pada program ini, guru SD dapat mengirimkan karyanya berupa lagu atau video pembelajaran, soal beserta pembahasannya, mengirimkan artikel bertema pendidikan, maupun mengajak orang lain (guru SD dan orang tua) untuk bergabung. 

Tak hanya itu, Rumah Juara pun menyediakan penghargaan kepada para guru yang berhasil mengumpulkan poin sebanyak 5.000. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan gadget gratis. Menarik, bukan? 

Bagaimana cara bergabung? 
Mudah, kok. Bagi kamu yang aktif berprofesi sebagai guru SD, kamu dapat mendaftar langsung melalui website Rumah Juara. Jika sudah terdaftar, kamu dapat mengirimkan karyamu setiap saat. Karya yang masuk akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Pastikan karyamu tidak melanggar hak cipta dan tidak terlepas dari materi pembelajaran Kurikulum 2013, ya! 


Berapa poin yang akan saya dapatkan? 
Jika kamu mengirim karya dalam bentuk video pembelajaran, kamu akan mendapatkan poin sebanyak 250, lagu pembelajaran sebanyak 150 poin, penulisan soal dan pembahasan sebanyak 20 poin, dan artikel sebanyak 50 poin. Sedangkan bagi kamu yang berhasil mengajak pendaftar baru bergabung bersama Rumah Juara, kamu akan mendapatkan 50 poin untuk pendaftar guru, dan 100 poin untuk pendaftar orang tua. 

Bagaimana cara menukarkan poin? 
Poin yang telah kamu kumpulkan dapat ditukarkan bilamana poin telah mencapai angka 5.000. Setelah kamu menukarkan poin tersebut, Rumah Juara akan mengirimkan hadiah gadget langsung ke alamat sekolah maupun alamat yang telah terdaftar. 

Sekali lagi, bahwa program ‘kontribusi’ ini hanya berlaku mulai Maret hingga Juni 2018 dan dikhususkan bagi kamu yang berprofesi sebagai guru SD. 

Tak hanya itu, di Rumah Juara juga tersedia beragam fitur yang dapat memudahkan guru dalam mengurus administrasi sekolah, lho! Di antaranya adalah fitur RPP dan Silabus, Media Interaktif, Ebook, Bank Soal, dan Lembar Penilaian yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. 



Jadi, tunggu apalagi? Mari berkarya untuk pendidikan di Indonesia, ajak guru lainnya, rasakan manfaatnya, dan dapatkan gadget gratis setiap harinya!
34 comments on "Menjadi Guru Sukses di Era Digital Melalui Rumah Juara"
  1. Wah kalo yg bukan guru belum bisa ya? Saya background-nya pendidikan padahal sih, hiks...

    ReplyDelete
  2. Aplikasi rumah juara emang keren lo mbk, aku juga udah pake. membantu banget untuk mengajar anak-anak les, hihhi. materi n soal-soalnyapun juga sudah tersedia dengan metode yang menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, membantu banget kan. belajar jadi praktis

      Delete
  3. Wah menarik sekali, bikin guru jadi lebih kreatif dan terus berkarya untuk pendidikan di Indonesia. Sukses buat para guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, demi kebaikan putra - putri bangsa.. hee

      Delete
  4. Berani jadi guru, berarti harus berani terus belajar jadi guru yang sukses ya mbak. Ada-ada aja yang harus dipelajari, demi upgrade diri biar bisa jadi pengajar yang baik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donk. karena menjadi lebih baik itu harus

      Delete
  5. Ye....suka suka suka, suka ada aplikasi kayak gini. Kalau banyak yang gini pendidikan di Indoensia bisa makin baik, hidup guru SD

    ReplyDelete
  6. maju terus sistem pendidikan Indonesia. Walaupun masih tahap awal, tetapi udah sebuah langkah bagus koq biar pendidikan kita semakin terarah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, karena segala sesuatu nya butuh proses :)

      Delete
  7. Replies
    1. boleh kok kak, bisa daftar sebagai akun org tua.

      Delete
  8. Wah keren. Semakin banyak teknologi yang membantu meningkatnya mutu pendidikan. Sayang belum ada yang untuk guru SMP dan SMA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bertahap kak, semoga segera ada yaa...

      Delete
  9. Aku mau ah coba ikutan daftar di sini sbgai guru hehe

    ReplyDelete
  10. Kalo kata anak jaman sekarang, aplikasinya ntap soul! Hihi. Wadah kaya gini cakep banget deh, seandainya dulu guru-guru udah begini belajar pasti jadi lebih fun dan murid pun akan lebih mudah menyerap pelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaruh positif perkembangan zaman y kak.. hehe

      Delete
  11. Rumah juara emang keren. Memberi manfaat di era digital.

    ReplyDelete
  12. wah.. rumah juara ini merupakan solusi ya untuk jadi guru zaman now yang kreatif dan inovatif plus sukses

    ReplyDelete
  13. Para guru pasti terbantu banget ya sama kehadiran rumah juara ini,...
    Guru jdi makin pinter dan Kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. jdi banyak referensi buat ngajar

      Delete
  14. Kalau bukan guru, apa tidak bisa mengirimkan karyanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok kak. bisa daftar segabai orang tua juga

      Delete
  15. Mau ikutan tapi bukan guru lagi sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa kok kak, terbuka untuk umum kok

      Delete
  16. Saya kagum dengan guru yang bisa mengajar dengan cara menyenangkan

    ReplyDelete
  17. Hanya dikhususkan untuk guru SD saja yah? Berarti saya tidak bisa, soalnya saya guru SMP, padahal sangat tertarik dengan program itu.

    ReplyDelete
  18. Waaah, boleh juga nih..., semoga ke depan Pendidikan Indonesia semakin bermutu dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  19. Pengalaman 3 thn lebih jadi guru, bagi saya disiplin emang lumayan sulit dijalani. Huhuhu..

    ReplyDelete

Auto Post Signature