Membagi Waktu di Tengah Padatnya Aktivitas ? No Problem !!

Sunday, April 22, 2018

Punya banyak waktu, tapi seolah - olah kekurangan waktu?
Hmm,, seperti nya ada yang salah tuh. Eh, tapi jangan nyalahin waktu ya. Karena setiap orang memiliki jatah waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam 1 hari. Seperti nya manajemen waktu nya nih yang kurang akurat. 

Sebenarnya membagi waktu itu nggak susah. Hanya saja, jika tidak terbiasa melakukan nya, tentu akan sedikit merepotkan.Apa lagi dengan berbagai aktivitas yang padat. Tentu waktu bersama keluarga, sahabat, hobi dan me time menjadi tidak terpenuhi. Rugi banget kan ?!! Jadi sudah berapa waktu yang dihabiskan percuma tanpa manfaat ?

Cobain beberapa tips ini deh, walau memiliki aktivitas yang padat, tapi..
No Problem !!!

Membuat Jadwal Harian
Sejak kecil, aku sudah membiasakan diri untuk memasukkan aktivitas kedalam jadwal harian. Seperti apa saja aktivitas yang aku lakukan, dan pukul berapa aku harus melakukan aktivitas tersebut. Ini cukup ampuh untuk mengelola aktivitas dan kegiatan yang akan kita lakukan. Pada awal saat aku masih dalam proses belajar melaksanakan jadwal tersebut, aku selalu memberikan waktu toleransi dalam setiap kegiatan ku. Sehingga jika terjadi keterlambatan, aku tidak merusak jadwal lain setelah nya.

Dan saat itu pun aku memberikan reward dan punishment kepada diri sendiri. Jika aku bisa tepat waktu melaksanakan jadwal yang sudah aku buat, aku akan menghargai diri ku dengan reward seperti membeli makanan yang aku suka. Namun jika aku tidak menepati jadwal yang sudah aku buat sendiri, maka aku menghukum diriku sendiri seperti tidak jajan seharian, atau belajar tanpa istirahat.

Itu dulu loh,, waktu masih kecil. 
Tapi terbukti ampuh hingga kini. Dengan begitu, kita jadi lebih bisa menghargai waktu dan bisa memanfaatkan waktu sebaik - baiknya.

Membuat Skala Prioritas
Setiap kegiatan yang akan kita lakukan, pasti memiliki skala prioritas, mana yang harus lebih dulu dilakukan, mana yang bisa kita tunda. Karena tidak semua pekerjaan bisa dilakukan serentak dalam satu waktu. Bisa - bisa pecah konsentrasi. Bayangin aja kalau semua dimasukkan didalam skala prioritas, bisa meledak di kepala. Kan bingung mau ngerjain yang mana duluan.

Seperti saat di dunia kerja, ketika ada deadline pengentryan data, deadline menulis blog dan deadline membuat pesanan craft, tentu tidak bisa dikerjakan secara bersamaan donk..
Menurut Covey, Merrill and Merrill (1994) cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatan menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak dan tidak penting-tidak mendesak.
Jika terjadi secara bersamaan, sesuatu yang penting-mendesak, maka usahakan untuk mengerjakan yang bisa diselesaikan lebih cepat. Jangan sampai stuck di satu pekerjaan yang memakan waktu cukup lama, sehingga mengabaikan pekerjaan lain.

Jauhkan Semua Ganguan 
Intinya sih fokus, karena kalau nggak fokus gimana mau menyelesaikan deadline ??
Jadi sebaiknya jauhkan smartphone, atau segala hal yang di anggap mengganggu dan merusak fokus. Tapi sebenarnya memang menggoda banget sih, serasa smartphone dan aplikasi media sosial didalam nya sudah memanggil minta dibuka. Tapi tetap harus konsisten donk.. Dari pada kerjaan molor dan terbengkalai..!! Nggak mau banget kan...

Stop Menunda Pekerjaan
Kayak nya ini nih biang kerok dari semua deadline yang tak kunjung usai.. Hahhaa
Suka menunda pekerjaan, dan pasti ada aja alasan nya..
Niat nya sih mau ngerjain deadline, eh tapi drakor episode ini belum selesai di tonton. Daaann..
Bablas, akhir nya nonton maraton sampe episode akhir. Wwwkwkwkwk

Kebiasaan buruk banget sih, jadi memang harus diniatin supaya tidak lagi melakukan hal yang sama. Ingat, deadline di depan mata..!!!

Menjaga Mood Agar Selalu Happy
Ini penting banget sih. Kalau mood sudah nggak bagus, mau ngapa-ngapain pun males.. Jangan kan mau mengikuti jadwal harian dan menentukan skala prioritas, ngerjain deadline aja nggak ada niat sama sekali. Kan bahaya banget. 

Menjaga mood agar selalu happy juga ada banyak cara loh, salah satu nya adalah memilih tempat yang nyaman dan bersih. Kalau tempat kita ngerjain deadline enak, pasti lebih fokus dan kerjaan akan lebih cepat selesai.

Jadi Menjaga mood agar selalu happy itu sangat - sangat penting..!!

Kalau aku? Ngemil !!
*tapi nggak gemuk Wwwkwkwkwk
(Ntar aku bagi tips diet sehat deh ya,,, stay tuned!! )

Tapi nggak semua makanan enak buat ngemil sambil ngerjain deadline ya !! Kalau aku sih lebih suka ngemil buah atau biskuit. Cerita nya, aku lagi mencari cemilan di Indomaret, ternyata biskuit yang biasa aku beli, nggak ada. Pas keliling - keliling, eh malah ngeliat Julie’s Peanut Butter Sandwich. Awal nya sih agak ragu, karena belum pernah nyobain. Tapi karena terlihat menggiurkan, akhirnya aku beli. Pas sampai di rumah, malah langsung abis sama orang - orang yang ada di rumah.

Lahh,, aku yang beli belum kebagian iniiii..!!

Besok nya aku beli lagi terus aku simpen. Masa aku yang beli nggak kebagian..
Jadilah Julie’s Peanut Butter Sandwich sebagai teman setia buat nge'blog dan mengerjakan deadline. Berhubung sekeluarga pada suka, akhirnya stok banyak deh di rumah. Sekarang, kemana pun aku pergi, ntah itu bersama sahabat, keluarga maupun me time,aku selalu menyediakan Julie’s Peanut Butter Sandwich di tas. Selain harga nya ekonomis, kemasan 90 gram nya pun tetap nyaman dibawa kemana pun tanpa memenuhi ruang.


Oh ya, Julie’s Peanut Butter Sandwich mengadakan lomba foto berhadiah loh. Dan hadiah nya banyak banget, mulai dari microwave, alat masak, hingga voucher belanja senilai total jutaan Rupiah. Untuk  infonya langsung cek di http://bit.ly/BuahTanganPenuhCintaDariJulies

Atau bisa juga kepoin Sosial Media Julie’s Peanut Butter Sandwich 
Facebook Julies Indonesia 
Instagram @julies.ind

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature