Flash Blogging Bengkulu - Menuju Indonesia Maju

Thursday, April 26, 2018

Terkadang kita berfikir tempat tinggal kita ini memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan. Tapi apakah pernah berfikir bahwa masih banyak daerah tertinggal lain nya selain daerah kita sendiri ??
Masih banyak daerah terluar dan tertinggal yang masih menjadi prioritas pemerintah untuk di majukan. 


Karena kesejahteraan tidak bisa diperoleh dengan kesamaan perlakuan, melainkan dengan sebuah keadilan. Hal tersebut lah yang melandasi Pemerintah untuk melakukan pemerataan di seluruh bagian Negara Republik Indonesia.



Kebijakan pemerataan ekonomi ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan kesempatan menikmati manfaat pembangunan dan memperoleh kesejahteraan yang lebih baik. Dengan sasaran utama masyarakat miskin, pedagang tradisional, pemilik usaha mikro, para petani dan pekebun.

Beberapa Kebijakan Pemerataan Yang Kerkeadilan di lakukan oleh Masyarakat :

1. Keperpihakan pada 40% lapisan masyarakat terbawah
2. BBM 1 harga, terutama masyarakat di Kalimantan dan Papua dapat menikmati harga sama.
3. Peningkatan Kompetensi tenaga kerja melalui vokasi
4. Kartu indonesia pintar, indonesia sehat, program pemberian makanan tambahan untuk anaak dan ibu hamil
5. Bangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa
6. Revitalisasi pasar agar para pedagang dapat bersaing dengan pasar modern
7. Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah
8. KUR di tahun 2016 tersalurkan 94.4 triliun untuk kesejahteraan UMKM
9. Pembangunan POS LIntas Batas Negara, agar rakyat perbatasan merasakan kehadiran negara


Itulah sebagian program pemerintah yang di sampaikan oleh Pak Andoko Darta sebagai Tim Komunikasi Presiden. Sebenarnya cukup terhenyuh mendengar dan melihat video yang di paparkan oleh Pak Andoko, betapa berat perjuangan para saudara kita yang berada di Papua hanya untuk mendapatkan BBM. Dengan medan yang berat, perjuangan yang tidak bisa di remehkan, serta tekad dan kerjasama yang mereka lakukan agar akses BBM tetap bisa sampai ke daerah mereka.

Salah satu peran pendukung untuk memajukan Bangsa Indonesia adalah dengan menulis. Dengan menulis, kita bisa mengenalkan Indonesia di Mata Dunia, bisa mengenalkan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Dan jangan lupa, tulislah konten yang positif dan anti hoax. Dengan begitu, kita telah membantu Menuju Indonesia Maju. 


Menulis pun bisa di media apapun dan dimanapun. Web Blog atau yang lebih dikenal Blog, adalah bentuk catatan - catatan yang tersusun berurutan berdasarkan waktu, tersimpan dalam halaman - halaman internet dan di update secara berkala mengenai topik - topik tertentu oleh pengelola nya.




Dan aku bersyukur sekali bisa mengikuti kegiatan Flash Blogging yang mendatangkan narasumber Mbak Mira Sahid, seorang founder Emak Blogger dari Jakarta. Banyak ilmu yang bisa kami dapatkan hari ini, dan itu akan sangat bermanfaat bagi blogger - blogger di Provinsi Bengkulu untuk kedepan nya. 


Lalu apa manfaat Blog ?

Di dalam blog, kita bisa menuliskan tulisan apapun sesuka kita. Tidak hanya itu, kita juga bisa menuliskan sesuatu hal sesuai hobi kita, seperti bagi teman - teman yang hobi melakukan traveling, memiliki passion dibidang crafting, atau pun para pecinta kuliner. Dengan menulis di blog, kita bisa melihat rekam jejak digital yang sudah kita buat. Sehingga, kapan pun kita ingin membaca tulisan atau pun kenangan - kenangan yang telah lampau, kita bisa membaca nya kembali di blog. 

Selain untuk meneruskan hobi, dalam dunia blogging ini kita juga bisa mendapatkan banyak peluang. Peluang untuk mengenal orang - orang sukses yang selama ini tidak kita kenal, peluang untuk mendapatkan teman baru dari berbagai tempat yang mungkin tidak pernah terpikir untuk kita kunjungi, atau mungkin mendapatkan penghasilkan dari apa yang kita tulis. Tapi yang wajib di ingat, Blogger tidak harus selalu komersil ya.. 


Cerita punya cerita dahulu waktu blogger masih awam banget, ngeblog itu suka banget yang pake glitter - glitter. Jadi tampilan nya blink - blink gitu deh, serasa ngeliat bintang kali yaa.. Tapi semakin kesini, seperti nya dunia per-blogging-an sudah mulai berubah. Blog dengan tampilan "to much" mulai berkurang sedikit demi sedikit.




Terus,bentuk Blog yang bagus itu seperti apasih ?
Menurut Mba Mira, Blog yang bagus itu :
1. Ramah di Mata
Udah pasti banget ya, blog yang ramah di mata pasti bakalan enak untuk dilihat. Dengan begitu, blog kita bakalan sering di kunjungi oleh orang lain. 


2. Up To Date dan Informatif

Dengan konten yang informatif dan up to date, tentu tulisan kita semakin menarik dan bakalan banyak yang melakukan blog walking. Da yang pasti, dengan konten yang informatif, kita sudah bisa membantu banyak orang yang membutuhkan.


3. Unik dan Spesifik

Dengan konten yang unik, tentu orang - orang akan semakin penasaran dengan apa yang kita tulis. Biasa nya nih, para travel blogger atau pun Food blogger akan lebih sering untuk melakukan blog walking ke blog yang ber-niche sama. Jadi Dengan memiliki konten yang spesifik, tentu orang akan semakin mudah untuk memilih konten yang akan di baca.


You are what you write !!



Itulah beberapa ilmu yang di share oleh Mba' Mira Sahid saat berkunjung ke Bengkulu. Berharap, semoga kedepan nya kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan untuk menambah ilmu dan wawasan bagi para Blogger di Provinsi Bengkulu


Blogger Indonesia, Yuk Maju Bersama !! 




1 comment on "Flash Blogging Bengkulu - Menuju Indonesia Maju"
  1. Iya mbak....Blogwalking (seperti yang saya lakuin ini) adalah hobby saya, selain nambah teman juga efektif untuk nambah ilmu dari segala penjuru dunia.

    O, ya masalah pemerataan pembangunan, memang sih sekaramg lagi gencar2nya...tapi sepertinya mayoritas pembangunan masih terjadi di pulau jawa. Bayangkan nih, Kalimantan Selatan (tempat aku tinggal) sudah semakin padat (jalannya) sekarang, perlu pertambahan jalur alternatif bahkan jalan Tol. Jalan yang ada sekrang saja sudah banyak berlobang, perlu ditambal dan diperbaiki. Apa uang perbaikan jalannya malah tergerus untuk membangunan pulau lain yah?

    ReplyDelete

Auto Post Signature