Oleh - Oleh Khas Bengkulu Yang Menggoyang Lidah

Tuesday, April 10, 2018

Ngomongin Bengkulu, masih ada kah yang nggak tau dimana letak geografis nya?
Jangan sampai ada yang bilang provinsi Bengkulu terletak di Kalimantan atau Sulawesi ya..
Aku agak sedih dengernya *nangis bombay (T.T)
Padahal Bengkulu punya Pantai sepanjang 10 km dan menjadi yang terpanjang di Indonesia . Nggak cuma terkenal dengan keindahan pantainya, Bengkulu juga dikenal dengan istilah Bumi Rafflesia. Karena bunga raksasa ini pertama kali ditemukan saat inggris menguasai Bengkulu pada abad ke 17. Benteng Marlborough menjadi salah satu saksi bahwa Bengkulu pernah mengalami kejayaan pada masa nya.

Berada di antara pesisir pantai dan bukit barisan sumatera membuat Bengkulu memiliki beraneka ragam wisata yang cukup eksotis. Mulai dari pantai dengan laut biru, dataran tinggi nan hijau, hutan lindung, hingga sejarah budaya yang tetap terawat dan dilestarikan hingga kini. Nggak akan ada mati nya jika berkunjung ke Bengkulu.

Kalau sudah menikmati keindahan alam dan sejarah budaya yang ada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Bumi Rafflesia ini. Beragam menu masakan khas yang akan membuat teman - teman semua kangen dan ingin berkunjung kembali ke kota ini.

Kalau sudah jalan - jalan, sudah kulineran, jangan lupa beli oleh - oleh khas Bengkulu ya...
Yang satu ini wajib banget untuk di laksanakan, karena oleh - oleh khas ini cuma ada di Bengkulu dan mungkin akan susah di buat kalau bukan dengan tangan ahlinya. Yuk intip beberapa oleh - oleh khas Bengkulu yang menggoyang lidah dan harus teman - teman coba:


1. Lempuk Durian
Nama nya lempuk durian, jadi bahan dasar nya pasti durian. Olahan makanan ini cukup digemari para pelancong yang berkunjung ke Bengkulu. Kalau nggak tau lempuk, mungkin kalian bisa membayangkan makanan seperti dodol atau jenang. Mirip - mirip sih, tapi lempuk durian memiliki tekstur khas karena menggunakan daging buah durian berkualitas dengan tambahan gula tebu sebagai pengawet alami. Lempuk ini pun bisa awet tanpa berjamur hingga berbulan - bulan, asalkan proses produksi nya baik dan tempat penyimpanan nya benar.

Bagi teman - teman yang favorit makan durian, harus cobain sensasi makan durian dengan olahan yang berbeda ini. Untuk Harga per 1 kg, kisaran 90 ribu hingga 130 ribu tergantung kualitas dan kemasan produksi nya.


2. Kue Bay Tat dan Kue Tat
Berbahan dasar tepung terigu, makanan khas ini biasa disajikan di acara - acara adat yang berada di Bengkulu. Dengan tekstur lembut dan agak padat, makanan khas ini memiliki rasa manis sekaligus gurih. Dengan toping bagian atas nya dibubuhi selai nanas atau inti kelapa yang di campur gula aren.

Penamaan Bay Tat dan Tat sendiri hanya berbeda dari ukuran nya saja. Bay Tat biasanya berukuran persegi dengan tekstur kue lebih basah. Sedangkan Tat memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih kering. Jika Bay Tat dibubuhi selai nanas atau inti kelapa, maka di Kue Tat akan diletakkan di bagian tengah nya. Makanan ini pun cukup awet, tergantung berapa lama proses pemanggangan nya.

Untuk saat ini, Bay Tat lebih banyak di produksi di bandingkan Kue Tat. Sehingga akan sedikit susah jika ingin membeli Kue Tat. Namun dari tekstur adonan nya, semua tetap sama. Untuk harga Kue Bay Tat sendiri memiliki kisaran harga 15 ribu hingga  25 ribu rupiah per box dengan ukuran kurang lebih 15 cm x 15 cm.  


3. Manisan Terong
Siapa sangka jenis sayuran ini bisa di jadikan manisan. Dengan rasa manis dan lembut, makanan ini bisa dijadikan alternatif oleh - oleh yang unik bagi para wisatawan. Mungkin banyak yang tidak menyukai jenis sayuran ini, padahal kandungan gizi dan vitamin yang banyak. Dengan ada nya jenis makanan ini, tentu kita bisa mensiasati agar yang tidak menyukai terong tetap bisa menikmati walau dengan cita rasa yang berbeda.

Untuk harga perkemasan atau dengan berat sekitar 200 gr, teman - teman bisa menikmati manisan terong ini seharga 20 ribu hingga 30 ribu rupiah.


4. Perut Punai
Memang nama nya terdengar sedikit aneh, namun dengan rasa nya yang renyah dan nikmat, tentu nama bukan jadi persoalan lagi. Berbahan dasar tepung beras, makanan ini memiliki 2 varian rasa berupa rasa manis yang di lumuri karamel gula aren dan rasa asin original. Memiliki bentuk yang mungil dan bulat melingkar, makanan ini sangat cocok dijadikan camilan santai.

Kalau beli makanan ini, tolong di stok yang banyak ya..
Dijamin nggak bakalan berhenti ngunyah sebelum habis. *Aku sih gitu.. Wkwkwkwk
Untuk harga, per kemasan atau 250gr biasa nya di hargai 15 ribu - 25 ribu.


5. Cucur
Makanan khas ini berbahan dasar tepung beras. Rasa manis dari gula aren yang khas ini lah yang membuat kue cucur di sukai semua orang. Kue Cucur ini sering juga di ikut sertakan dalam acara adat yang ada di Bengkulu.

Dengan tekstur kasar dan crunchy serta bulatan seperti roda di bagian tengah nya, membuat kue cucur ini memiliki ciri khas. Kue cucur pun memiliki 2 varian tekstur, ada yang memiliki tekstur basah dan ada pula yang bertekstur kering. Kue Cucur kering lebih awet, jika di jadikan oleh - oleh pun bisa bertahan lama. Sedangkan Kue Cucur Basah hanya bertahan selama beberapa hari saja.
Untuk Harga, kue cucur basah biasa dijual di pasar tradisional dengan kisaran harga per buah nya  seribu rupiah hingga 3 ribu rupiah. Untuk cucur kering kisaran harga per bungkus nya sekitar 10 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah.


6. Sirup Kalamansi
Membayangkan minum minuman ini dengan sensasi dingin, tentu sangat nikmat. Perpaduan asam dan manis yang segar dari jeruk kalamansi ini cocok di nikmati saat cuaca panas. Tidak hanya nikmat di minum saat dingin, di seduh dengan air hangat pun sangat cocok di konsumsi saat musim hujan. Pokok nya cocok di konsumsi kapan pun.

Dengan kemasan yang ekonomis, saat ini jeruk kalamansi bisa dijadikan oleh - oleh khas Bengkulu yang digemari. Jadi tidak perlu membeli jeruk nya lalu memeras nya sendiri. Saat ini banyak UKM - UKM di Bengkulu yang sudah membuat ekstak jeruk kalamansi agar lebih praktis dan ekonomis. Untuk harga, sebotol ekstrak jeruk kalamansi 500 ml di hargai sekitar 20 ribu hingga 30 ribu rupiah.


7. Kopi Bengkulu
Selain jeruk kalamansi, Bengkulu juga terkenal dengan penghasil kopi. Karena terletak di segitiga emas, kopi Bengkulu memiliki aroma dan cita rasa yang khas serta kualitas yang patut diperhitungkan. Keistimewaan ini lah yang membuat kopi Bengkulu menjadi primadona berbagai kalangan masyarakat lokal maupun pendatang. Banyak UKM - UKM di Bengkulu yang berlomba - lomba untuk terus berinovasi menciptakan kopi terbaik sehingga tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Bengkulu saja, tapi juga masyarakat pencinta kopi dimanapun berada. Teman - teman suka yang mana, Kopi arabika atau Robusta ? Semua ada...

Dengan kisaran harga 20 ribu hingga 35 ribu rupiah per 250 gram, teman - teman bisa menikmati cita rasa kopi bengkulu dengan rasa mantab. 

Kalau teman - teman mau beliin oleh - oleh yang mana?
Kalau aku sih semua suka ^_^

12 comments on "Oleh - Oleh Khas Bengkulu Yang Menggoyang Lidah"
  1. Suka semua deh makanannya. Emang enak2 dan lezatttt

    ReplyDelete
  2. Wahh semuanya aku doyann... apalagi sirup kalamansi.. Hmm sger banget

    ReplyDelete
  3. Aku sudah cobain hampir semuanya kecuali lempuk durian dan manisan terong karena gak suka hihihi
    paling suka petur punai, gak bosen makannya

    ReplyDelete
  4. kesukaan fira tentu aja kue tat.. tapi buat oleh-oleh lebih prefer lempuk sama kopi bengkulu sih

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget aroma kopi. Apalagi kopi bengkulu. Mantap. Sirup kalamansi juga luar biasa segarnya. Aku suka.

    ReplyDelete
  6. Klau aku paling suka dengan jeruk kalamansi, iyes. Untuk makanan kue tat yang paling juara

    ReplyDelete
  7. Baru dengar ada oleh2 khqs purut punai mbc.. Pengen nyoba.. Hemm

    ReplyDelete
  8. Tapi kenapa harga lempok ini masih mahal ya, hahaha. Padahal durian kita banyak

    ReplyDelete
  9. Aku suka semua kecuali lempuk durian dan manisan terong, gimana ini hahaha.

    ReplyDelete
  10. Sirup kalamansi ini memang menjadi salah satu hasil produksi kebanggaan bengkulu ya.

    ReplyDelete
  11. Suka bay tat, cucur & sirup kalamansi. Makanan Bengkulu enyak-enyak. :D

    ReplyDelete
  12. Kalo mendekati lebaran, pasti diajakin bikin bay tat & tat sama ibu. Kue sepanjang masa yang enaknya gak habis-habis. Khas & ngangenin. :)

    ReplyDelete

Auto Post Signature