Mengunjungi Swiss Kecil di Pulau Jawa

Saturday, May 19, 2018
Lebaran sebentar lagi, waktu yang pas banget untuk silaturrahmi sekaligus jalan-jalan cantik. Udah punya rencana liburan kemana, lebaran tahun ini?

Kalau aku sih sudah memiliki rencana mudik bersama keluarga ke tempat kelahiran bapak, di pulau jawa . Sepertinya tahun ini waktu yang tepat, sebelum adek resmi jadi santri di tahun pelajaran baru nanti.

Antara mudik dan jalan-jalan seperti nya memiliki kaitan yang erat. Sekalian mudik, ya sekalian jalan-jalan. Sayang donk kalau waktu libur nya nggak di manfaatkan dengan baik. Apa lagi momen kumpul bersama keluarga secara komplit itu susah di dapatkan. Kalau hari kerja, jangan di tanya! Semua sibuk dengan urusan dan kerjaan masing-masing. Jadi, momen libur lebaran ini menjadi perekat silaturrahmi banget bagi keluarga kami...

Ngomongin liburan, ntah kenapa aku sangat ingin menginjakkan kaki di kota Batu Jawa Timur. Awal nya aku mengira Batu merupakan bagian dari Kota Malang. Namun ternyata pada 21 Juni 2001, secara administratif Kota Batu ditetapkan sebagai sebuah kabupaten yang memiliki otonomi terpisah dari Kota Malang.

Nggak kalah dari Kota Malang, ternyata Kota Batu juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang asri dan indah. Dan yang mengejutkan, Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan serta keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu ini disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bisa dibayangin donk, gimana keindahan nya.


Beberapa Keindahan di Kota Batu Yang Harus Kamu Kunjungi :

1. Coban (Air Terjun)
Coban yang berarti air terjun merupakan wisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam serta percikan air yang menerpa wajah, memiliki rasa tersendiri yang sulit untuk di ungkapkan. Kota Batu memiliki banyak wisata air terjun yang harus kamu kunjungi, diantara nya :

Coban Talun
Coban Talun adalah air terjun dengan pemandangan alam yang sebenarnya masih sangat alami. Kita bisa mencapai air terjun ini dengan melakukan perjalanan yang melewati Hutan Pinus. Perjalanan menuju Coban Talun ini bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit. 

Tidak hanya memiliki air terjun, di lokasi wisata ini juga memiliki berbagai tempat rekreasi yang sangat menyenangkan dan instagramable. Seperti taman bunga, area camp, wahana rumah pagupon dan masih banyak lagi. 
Coban Talun
 (Sumber : www.asliindonesia.net)
Coban Rais
Coban ini dulu nya disebut sebagai Coban Sebrangan karena dalam proses perjalanan nya harus melalui belasan sungai. Namun setelah dijadikan sebagai obyek wisata yang ada di Kota Batu, Coban Sebrangan berubah menjadi Coban Rais. Coban Rais ini memiliki ketinggian 20 meter dengan kemiringan 90 derajat

Lokasi Coban Rais ini menjadi lebih hits setelah adanya bukit Bulu dan Batu Flower Garden di bagian atasnya. Dengan memiliki spot foto yang unik dan menarik, serta pemandangan alam yang cantik, membuat lokasi wisata ini sangat diminati oleh wisatawan. 
Salah Satu Spot Foto Coban Rais
(Sumber : www.eksplorewisata.com)
2. Goa Pinus Gunung Banyak
Awal nya Goa Pinus ini adalah tempat penambangan pasir, namun dengan tangan kreatif dari pengelola setempat, maka tempat ini berhasil disulap menjadi lokasi wisata yang sangat apik. Bentuk Gua Pinus ini pun cukup mini untuk di katakan sebagai sebuah Gua, yaitu kurang lebih hanya setinggi 1 meter saja dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Tidak hanya Goa yang akan di tampilkan disini, namun banyak juga spot foto unik yang bisa kita dapatkan, seperti adanya area rumah papua, oemah kayu, taman kelinci dan lain-lain.
Gerbang Gunung Banyak Goa Pinus
(Sumber : www.kompasiana.com)
3. Area Paralayang
Kamu suka menguji adrenalin? Kalau iya, kamu harus cobain aktivitas ini. Wisata Paralayang atau Paragliding adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata terpopuler yang ada di Kota Batu. Tempat dimana bisa melihat melihat keindahan lanscape Kota Wisata Batu dari atas ketinggian dengan berbagai keindahan di bawah nya. 

Kalau kamu takut ketinggian, jangan coba-coba ya..
Tapi tenang, banyak spot foto menarik yang tetap bikin kamu nggak bakalan mati gaya..
Paralayang Kota Batu
(Sumber : www.nativeindonesia.com)
4. Taman Selecta
Nama “Selecta” sebenar nya berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti “pilihan”. Taman Selecta ini berdiri di atas lahan di daerah dataran tinggi seluas 18 Ha, namun yang digunakan sebagai wahana rekreasi hanya sekitar 8 Ha saja. 
Taman Selecta ini terkenal sebagai sebuah taman yang memiliki koleksi bunga dan pemandangan yang cantik. Selain itu, banyak juga fasilitas dan wahana permainan menarik seperti Sky Bike, Perahu Ayun, Arena Kuda, Flaying Fox, Outbond, sepeda Air dan masih banyak lagi. 

Karena terletak di daerah dataran tinggi, menjadikan kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan terhindar dari polusi. Di sini pengunjung juga disuguhan dengan pemandangan alam yang sangat pempesona, dengan terbentang nya pegunungan seperti Gunung Arjuna, gunung Panderman dan daerah perbukitan semakin membuat kawasan ini menjadi destinasi wisata yang harus di kunjungI.
Taman Selecta
(Sumber : www.wisatabaru.com)
Eittsss,, itu belum semua yaa..
Masih banyak lokasi wisata lain nya yang ada di Kota Batu, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya wisata edukasi hingga wisata kuliner yang harus kamu coba.

Eh, ngomongin jalan-jalan mulu, udah dapet staycation nya belum?
Untuk liburan bareng keluarga seperti aku, penginapan biasa atau hotel seperti nya kurang nyaman. Dan yang pasti nggak asik karena nggak bisa ngumpul bareng keluarga. Untuk itu kami memilih mencari penginapan berupa Villa yang lebih nyaman untuk kami sekeluarga yang ada di Kota Batu. 

Setelah cek harga sana - sini, akhirnya kami menggunakan aplikasi Villa Traveloka sebagai mesin pencarian Villa yang akan kami tempati. Cara mencari nya gampang banget, tinggal buka aplikasi Traveloka, pilih lokasi liburan kita, tanggal menginap lalu klik Search Hotel. 

Dan, muncullah berbagai pilihan Villa yang bisa kita pilih. Stt,, jangan lupa pilih accomodation Preferences yang Family - Friendly dengan Accomodation Type Villa ya...
Itu akan memudahkan pencarian kita dalam memilih villa yang nyaman untuk liburan keluarga. Jdi tinggal pilih deh mau Villa seperti apa yang kita inginkan.

Gimana guyys,, membantu banget kan?
Pencarian dan pembayaran nya pun nggak ribet. Pembayaran nya mudah, cepat dan dengan pilihan villa yang lengkap banget. Nggak cuma di Indonesia, bahkan di dunia juga lohh..

Nggak percaya?
Cobain sendiri deh, kalau udah nyobain, pasti bakalan tau banget manfaat nya. Jadi nggak sabar menunggu buat berkunjung ke Swiss kecil di Pulau Jawa ini. Kalau kamu, mau mudik dan liburan kemana? 


8 comments on "Mengunjungi Swiss Kecil di Pulau Jawa"
  1. Kota batu indah banget ya... btw coban itu curug ya mba? Air terjun... coban rais boleh juga dikunjungi seperti rumah hobbit ^*

    ReplyDelete
  2. Kirain itu kampung halaman saya kabupaten garut yang memiliki julukan swiss van java...ternyata ada julukan swiss lain di kota lain 😅

    ReplyDelete
  3. Nghak percaya kl belum sicoba, jadi ya harus nyoba pesen ya mbak 😁.
    Saya sudah pernah ke Selecta nya, masyaa Allah tamannya cantik banget

    ReplyDelete
  4. Mak, kita mau ke Bandung dan ke Malang aja belum jadi lho. Dan kemudian kamu meracuni aku lagi dengan ini. Ya ampun mau nyobain Paradigling-nya euy sekalian ngeliat Batu dari atas.

    ReplyDelete
  5. Di Taman Selecta yang merah itu bunga apa sih mak? Sering liat tapi ga tau namanya bunga apa haha. Kita ke Coban Talun yuk, kapan nih jalan-jalan lagi huhu.

    ReplyDelete
  6. Postingan, foto, tulisannya, juga template blognya, semuanya adem dan indah dipandang. Pokoknya keren deh...

    ReplyDelete
  7. Pengen juga jalan jalan ke Kota Batu. Banyak tempat wisata alam yang menarik.

    ReplyDelete
  8. Aaaah jadi mau jejalan ke kota batu mutarin swiss ala Indonesia.. Mbk ambar seli ikutan donk 😂😂

    ReplyDelete

Auto Post Signature