Dua Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API

Tuesday, May 22, 2018
 Anugerah Pesona Indonesia sebagai ajang bergengsi pemilihan destinasi wisata nasonal akan segera di gelar. Pada tahun 2018 ini, Provinsi Bengkulu memiliki 2 destinasi wisata yang masuk kedalam nominasi API, yakni Bukit Kandis dalam nominasi Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler dan Rumah Pengasingan Bung Karno dalam nominasi Situs Sejarah Terpopuler. 

Ini merupakan kedua kalinya Bengkulu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia setelah tahun lalu mendapatkan nominasi Minuman Tradisional Terpopular - Teh Oolong dan Tempat Berselancar Terpopular - Pantai Teluk Sepang. Namun sayang sekali pada tahun 2017, Bengkulu belum berhasil memenangkan nominasi tersebut.

RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO
 Dalam nominasi Situs Sejarah Terpopuler, Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di kawasan Kota Bengkulu ini harus bersaing dengan nominator lain nya seperti :

Benteng Belgica - Kab Maluku Tengah
Benteng Otanaha - Kota Gorontalo
Candi Singosari - Kab.Malang
Gua Liangkabori - Kab Muna
Istana Kuning - Kab. Kotawaringin Barat
Kawasan Kota Tua - Jakarta Utara
Patung Mejan - Kab. Fakfak Barat
Pugung Raharjo - Kab.Lampung Timur
Rumah Gadang Panjang - Kab. Solok Selatan


Rumah Pengasingan Bung Karno yang merupakan tempat Bung Karno menjalani masa pengasingan sebagai tahanan politik ini cukup ramai di kunjungi. Rumah ini terletak ditengah Kota Bengkulu, tepatnya di Jln. Soekarno-Hatta Kelurahan Anggut. Bung Karno menempati rumah ini selama 4 tahun pada tahun 1938 - 1942. Di rumah ini terdapat barang - barang peninggalan Bung Karno seperti ranjang besi, sepeda ontel, meja dan kursi, serta koleksi buku milik Bung Karno, dan beberapa foto tua saat Bung Karno berada di Bengkulu.
 
BUKIT KANDIS
Sedangkan dalam nominasi Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler, Bukit Kandis yang terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah harus bersaing dengan nominator lain nya dari berbagai daerah seperti :

Gunung Matantimali - Kab. Sigi
Hiking Gunung Gamalama - Kota Ternate
Kerinci Trail Adventure - Kab. Kerinci
Mountain Bike Bukit Sulap - Kota Lubuk Linggau
Paralayang Gunung Panteun - Kab. Majalengka
Paralayang Modangan - Kab. Malang
Rumpit Bike Park - Kab. Banjarnegara
Trekking Bukit Tangkiling - Kota Palangka Raya
Trekking Pulau Komodo - Kab. Manggarai Barat 

Bukit Kandis merupakan sebuah bukit batu granit yang memiliki ketinggian kurang lebih 125 meter dengan diameter mencapai 700 meter. Bukit ini dahulunya banyak ditumbuhi pohon Asam Kandis atau yang lebih sering disebut sebagai pohon kandis oleh masyarakat Bengkulu. Saat ini pohon kandis tersebut sudah jarang ditemui. Seiring eksploitasi tambang batu di area bukit, membuat pohon kandis di sekitar bukit ini mati dan berkurang. 


Pada momentum kali ini, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap agar masyarakat dengan dorongan pemerintah agar memanfaatkan kesempatan berharga ini. Karena Bengkulu memiliki target tahun kunjungan yaitu pada tahun 2020 nanti.
"Masyakat Bengkulu harus bersyukur dan terus mengapresiasi, karena Bengkulu kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. Yang artinya, bahwa Bengkulu memang layak untuk dipromosikan secara nasional jika dilihat dari aspek sejarah dan kekayaan alamnya. Untuk itu mari kita jaga bersama-sama" ujar Pak Rohidin.

Pak Rohidin juga mengajak komunitas dan aktivis Media Sosial di Provinsi Bengkulu untuk berperan serta menviralkan objek wisata Bengkulu, terkhusus pada 2 objek wisata yang masuk nominasi API tahun ini.

Untuk diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Parawisata Republik Indonesia dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong dan berperan serta dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing. 

Bagi masyarakat Bengkulu, jangan lupa untuk memberikan dukungan berupa vote disitus resmi Anugerah Pesona Indonesia. Semoga tahun 2018 ini Provinsi Bengkulu bisa menjadi juara....
1 comment on "Dua Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API"

Auto Post Signature