Tips Hemat Budget Belanja Gadget Online

Wednesday, September 12, 2018

Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, kita sebagai konsumen selalu dipermudah dengan berbagai fasilitas yang membantu dalam kehidupan sehari - hari. Salah satu kemudahan yang mulai menggeser peran nya adalah metode belanja secara online.
Adakah dari teman - teman yang belum pernah mencoba belanja secara online?

Pasti udah pernah nyobain semua kan?
Apalagi yang dunia nya selalu berkutat dengan dunia maya, belaja online memang ranah jajahan nya. Begitu juga bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, belanja online bisa menjadi solusi bagi semua kesibukan yang menghadang. Tanpa mengganggu aktifitas dan kesibukan sehari - hari, semua yang kita perlukan bisa kita dapatkan dalam satu kali "click". Semudah itu..

Tapi dengan berbagai kemudahan itu, banyak juga konsumen yang 'terjebak' ketika belanja online. Salah satu yang paling sering bikin galau adalah ketika membali gadget. Mungkin karena terlalu banyak pilihan kali ya,,, Yaudah, ini nih tips hemat budget saat belanja gadget online biar nggak 'terjebak'.
  • Buat Perencanaan
    Membuat perencanaan dalam belanja itu penting banget, jangan sampai kita belanja karena laper mata doank. Buat perencanaan, apa yang kita butuhkan dan sangat mendesak untuk digunakan. Kalau kamu mendesak banget untuk beli gadget, maka kamu harus alokasikan dana khusus untuk mendapatkanya. Dan tentunya harus fokus terhadap keinginan itu. Jangan sampai rencana awal beli gadget, malah nanti beli yang lain.
  • Tentukan Budget
    Sudah ada rencana membeli gadget?
    Sesuaikan dulu dengan budget yang kita miliki. Jangan sampai kita menginginkan smartphone dengan harga tinggi, tapi budget tidak memadai. Jangan memaksakan diri terlalu keras. Kalau budget belum cukup, mari nabung lagi. Kalau budget nya sudah ada, gedget kisaran harga berapa yang ingin kita miliki.


  • Sesuaikan KebutuhanKalau udah buat perencanaan, uang nya udah siap, tinggal pilih smarthone yang cocok sesuai dengan kebutuhan kita. Ini nih yang paling sering bikin orang galau. Canggih nya dunia per-gadget-an membuat konsumen sering bingung memilih gadget apa yang pas untuk dimiliki. Fitur yang canggih membuat kita jadi laper mata ingin memilikinya. Tapi teknologi kan selalu berkembang terus, masa mau beli semua keluaran gadget terbaru? Jebol deh kantong.

    Baik nya sih kita tentuin dulu mau beli gadget seperti apa. Fungsinya untuk apa dan siapa yang menggunakan. Kalau kamu seorang gamer, baiknya pilih smartphone yang memiliki processor dan battery yang mumpuni. Atau kalau kamu lebih suka berfoto, cari smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Jadi nggak perlu memborong semua gadget..^^


  • Jangan Belanja Saat 'Lapar'
    Konon katanya, rasa “lapar” dapat memicu pola pikir seseorang menjadi serakah dan mendorong seseorang untuk mendapatkan lebih banyak barang tanpa peduli apakah barang tersebut berguna maupun tidak. Jadi belilah barang - barang secara bijak dan hindari lah “lapar mata". Dan balik lagi ke perencanaan dalam berbelanja, kita karus konsisten dengan list dan target yang telah kita buat. Berpikirlah dua kali sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah barang, apakah barang tersebut memang sangat kita butuhkan? Dan ingat, pastikan saat berbelanja, perut sudah dalam keadaan “kenyang”.
  • Lakukan Perbandingan
    Melakukan perbandingan juga faktor penting dalam berbelanja loh. Kalau di pasar dan minimarket, melakukan perbandingan harga mungkin agak sulit untuk di terapkan. Namun jika kita belanja secara online, urusan yang satu ini bisa kita lakukan. Saat ini banyak marketplace yang menyediakan fitur perbandingan harga, kamu tinggal pilih salah satu nya. Misalnya, ketika kita ingin membeli smartphone Vivo V9, tanpa melakukan perbandingan harga kita langsung membeli nya. Selang beberapa waktu, ada seorang teman yang membeli Vivo V9 juga, tapi harga Vivo V9 lebih murah. Sakit hati banget nggak sih..!!  Beli barang yang sama dengan tipe sama, namun harga beli yang kita dapatkan lebih tinggi. Huhuuuu..
    Tapi tenang, kejadian itu nggak bakal terjadi kalau kalian belanja online nya di aplikasi yang satu ini. Di iPrice, kamu nggak perlu khawatir lagi, karena ada fitur perbandingan harga, sehingga membuat kita bisa memilih harga yang paling murah dengan tipe barang yang sama di toko perbeda. Lebih praktis dan mudah kan..
Nah, belanja online itu bisa memberikan kemudahan, tapi bisa juga merugikan kalau nggak bisa menahan 'Lapar'. Jadi kita sebagai konsumen tetap harus pintar - pintar dalam bertindak. Selamat belanja ^^



Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature