Pesona Wisata Kota Tua Lawang di Malang

Saturday, September 22, 2018
Kebun Teh Wonosari - Lawang 
(Sumber : greengorga.com)
Peninggalan penjajah di Indonesia cukup terbilang banyak, salah satu lokasi yang terbilang cukup banyak memiliki peninggalan penjajahan Belanda adalah Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Gimana enggak, setidaknya terdapat 300 bangunan tua dan bersejarah baik fisiknya utuh maupun sudah direnovasi di kota tesebut. Beberapa diantaranya seperti Hotel Niagara, Kantor CPM Militer, Stasiun Lawang, Kantor Kecamatan Lawang, Rumah Sakit Jiwa Lawang, SDN Kusuma yang sekarang menjadi SDN 5 Lawang, Gereja Jago, Griya Bina Lawang, Perumahan Ngamarto, Pemandian Sumber Waras, Tandon Air di Polaman dan Sumber Lorong.

Nggak heran rasanya jika Kementerian Pariwisata memilih Lawang Kota Tua di Malang Utara ini masuk dalam event 100 Besar Wonderful Indonesia 2018.


Di bulan September ini Lawang Kota Tua menjadi tuan rumah event tersebut, yang rencananya akan digelar di Griya Bina Lawang pada tanggal 27 - 29 September 2018 mendatang. Alasanya di daerah ini memiliki banyak bangunan tua bersejarah, ada Makam Pahlawan, dan dulunya tempat panti asuhan perempuan.

Kalau kamu menggila wisata sejarah, wajib banget datang ke event ini. Karena disini akan disajikan beragam bangunan kuno peninggalan Belanda mulai buatan tahun 1908. Peninggalan - peninggalan tersebut sebagian besar merupakan fasilitas publik seperti kantor, penginapan, sekolah dan lain - lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa Lawang pernah menjadi wilayah penting dan daerah strategis dimasa kolonial Belanda.

Selain menikmati atmosfer Kota Tua di Lawang, dalam pagelaran wisata heritage dan wisata edukasi ini, kita sebagai pengunjung juga diajak menikmati berbagai acara, seperti pertunjukan seni-budaya, musik, pameran industri kreatif, festival kopi, dan aneka macam kuliner. Jadi semua tidak melulu tentang bangunan kokoh bersejarah. Banyak juga keunikan - keunikan warisan budaya nenek moyang yang ditampilkan di sini.

Tak hanya itu, Malang yang terkenal memiliki panorama yang indah ini juga menampilkan wisata alam yang sangat sayang untuk diabaikan. Begitu banyak destinasi wisata yang bisa kita nikmati di Lawang, seperti Kebun Teh Wonosari dan Taman Safari Prigen. Wisata sejarah lain yang bisa juga di kunjungi adalah Candi Singosari dan Candi Sumberawan.

Hotel Niagara
(Sumber : malangtimes.com)
Mau berkunjung ke Malang?
Sok lah, karena kalian nggak perlu ribet dengan transportasi nya. Ada banyak direct flight ke Malang dari Jakarta. Kalau mau menggunakan transportasi darat pun bisa, ada kereta api dan bus yang selalu stand by.

Soal penginapan?
Nggak perlu khawatir, karena di Malang ada banyak sekali hotel dan penginapan. Tinggal sesuaikan dengan budget yang ada. Mau yang murah, ada. Mau kelas bintang 5 pun ada. Jenis nya pun beragam, mulai dari hotel, hostel, guest house, dan home stay. Atau kamu mau cobain menginap di Hotel Niagara ? Salah satu hotel yang bangunan nya peninggalan penjajahan Belanda ?
Mungkin mau nyobain gimana sensasi nya.. ^_^




Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature