7 Sambungan Pipa untuk Pemasangan Pompa Air Sumur Dangkal

Wednesday, October 24, 2018


Dengan banyaknya produk sambungan pipa, sebaiknya kamu wajib tahu penggunaannya secara tepat. Pemasangan pompa air sumur dangkal biasanya digunakan oleh kalangan dari ranah pedesaan hingga pinggir kota. Untuk pompa airnya, rata-rata menggunakan semi jet pump maupun jet pump. Inilah 7 alat dan bahan yang wajib kamu sediakan.

1. Water Mur Ukuran ½
Sebelum beli, usahakan untuk cek kembali ukurannya biar tidak salah dan sia-sia. Water mur itu memiliki fungsi atau tugas untuk mempermudah saat kamu menggunakannya. Terutama saat digunakan untuk menutup maupun membuka pipa.

2. Saringan
Pada pompa air, biasanya kan ada saringan tuh. Fungsinya tentu saja untuk menyaring air yang masuk. Penempatan saringan diletakkan setelah tusen klep. Akan tetapi, kadang ada tusen klep yang sudah disertai saringan.

3. Tusen Klep
Fungsi tusen klep itu untuk otomatis air. Letak penyimpanannya ada di bawah pipa pengisap. Tujuannya agar air bisa ditahan dan tidak jauh maupun kembali ke sumber pada waktu pompa dihidupkan. Jadi ada perlawanan gravitasi di area ini.

4. Knee Drat Dalam
Sambungan pipa ini biasanya disebut sebagai faucet elbow. Fungsi sambungan ini sebagai bengkokan yang bisa dibuka. Jadi, pipa dalam bentuk lurus atau lain yang digunakan dalam instalasi pompa air tidak perlu dibengkok-bengkokan lagi. Alhasil, proses pemasangan maupun pembukaan pipa pun bisa berjalan lebih cepat.

5. Knee
Knee seringkali disebut dengan istilah elbow. Fungsinya untuk menghubungkan antar pipa yang hendak dibengkokkan. Produsen pipa biasanya menyediakan ukuran elbow yang variatif. Ada yang ½ inci hingga 10 inci. Sedangkan untuk harga disesuaikan dengan ukuran. Paling mahal itu tidak sampai 600 ribu Rupiah kok.

6. Sok Drat
Untuk sok drat ini dibagi jadi 2, yaitu drat luar dan drat dalam. Nah, dalam pemasangan pompa air, sok yang dibutuhkan hanya drat luar. Tujuannya untuk menghubungkan antara pipa dan plenes. Umumnya, ukuran plenes untuk pompa air itu 1 inci.

7. Plenes
Bagian ini merupakan salah satu jenis sambungan atau fiting pipa PVC. Gunanya untuk menghubungkan sok drat luar yang ada pada pompa air. Biasanya, ketersediaan plenes itu sudah ada jika kamu hendak menggunakan pompa air untuk sumur dangkal.
Sebagian memang bukan sambungan pipa atau berfungsi hanya melengkapi. Untuk pipa sambungan tersebut, sebaiknya kamu pilih yang berkualitas. Minimal sudah dikenal secara luas di Indonesia. Pastikan pula bahwa produk yang hendak kamu gunakan itu sudah berstandar SNI atau JIS.

Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature