Resep MPASI untuk Bayi 6 bulan dan Kandungan Gizinya

Friday, November 9, 2018

Hellooo para Moms..
Salah satu hal penting ketika memiliki baby adalah mengatur asupan dan kandungan gizi nya. Bagi baby yang masih berada di usia 0-6 bulan, pilihan terbaik nya adalah ASI Eksklusif. Namun ketika baby sudah berusia 6 bulan ke atas, tentu harus ada asupan makanan lain sebagai penunjang nya. Tapi tak perlu khawatir, ada banyak menu MPASI yang bisa di buat dengan olahan makanan yang bergizi.
Menu MPASI umumnya diberikan kepada bayi yang telah memasuki umur 6 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia ini pencernaan bayi sudah siap untuk mencerna makanan lain selain ASI sehingga tidak akan menyebabkan sembelit. Selain itu, bayi yang sudah berumur 6 bulan umumnya sudah menunjukkan keinginan untuk diberi MPASI. Ciri-cirinya adalah dia sudah mampu menegakkan kepala, mampu menelan tanpa tersedak, meraih apa saja yang Anda pegang serta memasukkan ke mulut benda-benda yang ada di sekitarnya. Jika buah hati Anda sudah melakukan hal-hal di atas, maka itu adalah waktu yang tepat untuk memberikannya MPASI. Karena namanya MPASI, maka moms tetap memberikan ASI kepada baby hingga dia sudah tak mau lagi atau biasanya setelah dia berumur 2 tahun. Karena ASI tetap merupakan makanan terbaik bagi bayi.

Bayi yang berumur kurang dari setahun sebaiknya dijauhkan dari biji-bijian seperti permen, jagung, kacang, dan lain-lain. Karena dikhawatirkan akan tersedak. Selain itu hendaknya para Moms juga menjauhkannya dari makanan kemasan. Meskipun pencernaan bayi sudah bisa digunakan untuk mencerna makanan, namun bukan berarti makanan siap saji yang diberikan. Karena Moms tidak akan bisa mengontrol bahan apa saja yang diberikan, nutrisi yang terdapat di dalamnya serta kebersihannya. Lebih baik Moms membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa Moms temukan di pasaran. Jadi mulailah untuk memberikan si baby puree sayur dan buah. Kalau baby sudah bisa menerimanya, maka Moms bisa memberikannya daging. Sebaiknya berikan sayur dulu sebelum buah agar dia bisa menerima rasa identik sayur. Karena biasanya bayi yang sudah merasakan manisnya buah, tidak mau lagi makan sayuran. Ada beberapa resep MPASI beserta kandungan nutrisinya yang bisa Moms coba di rumah loh... 
Pertama, wortel. Moms bisa memberikan si baby dengan cara di puree ataupun rebusan wortel yang dipotong memanjang agar bisa dipegang si kecil. Wortel ini mengandung antioksidan beta karoten yang tinggi, mineral, dan vitamin A. 
Kedua, puree alpukat. Ambil daging alpukat yang telat masak, lumatkan dengan manul (lebih baik) ataupun dengan food processor. Alpukat mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalsium yang baik untuk perkembangan motorik dan daya tahan tubuhnya. 
Ketiga, puree apel rebus. Cara membuatnya cukup mudah, Moms hanya perlu merebus apel yang telah dikukus kemudian melumatkannya dengan food processor. Usahakan untuk menyaringnya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada si kecil dan disimpan di botol kaca MPASI. Apel mengandung banyak kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si kecil, yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, pottasium, magnesium, kalsium, dan asam folat.
Keempat, buah pisang. Tentu para Moms bisa menjadikannya sebagai bubur atau bisa juga dengan berbagai cara, salah satunya dengan menghaluskannya. Ada kandungan nutrisi yang banyak pada buah pisang yakni pottasium, fosfor, vitamin A, kalsium dan asam folat. Oleh karena itu tidak heran jika pisang sering digunakan sebagai MPASI. 
Kelima, puree buncis. Saat Moms membuat puree buncis, hendaknya Moms menggunakan baby buncis (buncis muda) karena teksturnya lebih lunak sehingga mudah untuk diolah. Kemudian cuci bersih dan potong kecil-kecil. Kukus baby buncis hingga lunak kemudian blender dengan food processor hingga menjadi puree yang lembut. Baby buncis mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, Niaci, kalsium, magnesium, iron, pottasium, fosfor, dan sodium.
Nah, beberapa resep MPASI di atas sangatlah mudah untuk diterapkan di rumah. Mencari bahan nya pun tidak terlalu sulit. Selain itu kandungan vitamin dan mineralnya juga lengkap sehingga diharapkan mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh si kecil. 
Selamat mencoba ya Moms...


Sumber Foto : Pixabay.com
Post Comment
Post a Comment

Auto Post Signature