Liburan Akhir Tahun di Dataran Tinggi Dieng

Friday, December 14, 2018
Sumber : BonVoyageJogja
Sudah di penghujung tahun 2018 loh, sudah ada rencana mau liburan kemana??
Menikmati keindahan alam adalah hal yang paling menyenangkan untuk melepas lelah dan penat yang sudah kita lakukan selama 1 tahun terakhir. Wajar donk kalau kita memberikan sedikit reward untuk diri sendiri dengan cara memanjakan mata, hati dan pikiran. Berlibur adalah salah satu kegiatan yang bisa memulihkan segala penat tersebut, bisa juga kita jadikan sebagai moodboster untuk memulai aktivitas kita di tahun selanjutnya.

Ngomongin liburan, pas banget momen nya. Libur panjang di akhir tahun biasanya menjadi alternatif yang cukup baik. Biasanya sih liburnya lebih lama. Selain menghabiskan jatah cuti tahunan, berbarengan juga dengan masa liburan sekolah. Jadi bisa banget kalau mau liburan bareng keluarga besar.

Sudah menentukan mau pergi kemana ??
Berhubung aku suka banget dengan pemandangan hijau yang asri, aku lebih memilih dataran tinggi ketimbang pantai. Dataran Tinggi Dieng, adalah salah satu wishlist yang pengen banget aku kunjungi pada masa liburan akhir tahun ini. Hasil browsing - browsing, salah satu spot terbaik untuk melihat golden sunrise adalah di Gunung Prau Dataran Tinggi Dieng. Bayangin gimana cantik dan indah nya melihat golden sunrise bersama orang tersayang. Eh, tapi nggak cuma golden sunrise aja loh, ada banyak spot menarik di Dataran Tinggi Dieng yang sayang kalau kamu lewatkan. Apa saja itu ??

1. Candi Arjuna
Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, Kawasan dieng plateau juga terdapat wisata budaya berupa candi. Candi yang terdapat di Dieng adalah Candi Arjuna. Sebenarnya di lokasi ini tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal abad IX M. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini selain menawarkan pemandangan berupa candi yang eksotis juga pemandangan alam yang sangat bagus apalagi bagi penikmat fotografi.

2. Telaga Warna & Telaga Pengilon
Tujuan wisata di Dieng lain yang tak kalah indah di Kawasan Dieng adalah Telaga warna. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia. Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.

Telaga Pengilon merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

3. Bukit Batu Pandang
Berada di ketinggian 2010 mdpl, keberadaan Batu Pandang Ratapan Angin semakin melengkapi destinasi wisata unggulan di kawasan dataran tinggi Dieng. Tempat ini juga dikenal dengan sebutan Batu Pandang Dieng. Mungkin kamu juga penasaran mengapa objek wisata ini disebut dengan Batu Ratapan Angin.  Untuk menjawab rasa penasaranmu, kamu bisa langsung mengunjungi lokasi. Di atas dua tumpukan batu di puncak bukit kamu akan merasakan hembusan angin yang menembus dedaunan sehingga menimbulkan suara gemerisik dan siulan unik seperti sebuah ratapan.Keunikan suara inilah yang konon menjadikan tempat ini dijuluki sebagai Batu Ratapan Angin.Dari lokasi batu pandang, kamu bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan Telaga Warna dari atas ketinggian.

4. Kawah Sikidang
Seperti telah dijelasakan di awal artikel bahwa Kawasan Wisata Dieng ini sebenarnya adalah gunung api raksasa yang masih terdapat aktivitas vulkanik didalamnya. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik ini adalah terdapatnya beberapa kawah yang terdapat di kawasan Dieng. Salah satu kawah di dieng adalah Kawah Sikidang. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati ya, karena sama seperti kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya menggunakan kayu.

5. Gunung Prau
Nah kalau Wisata Dieng Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sama seperti pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau diperlukan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri. Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, Sumbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Jalaur pendakian dapat ditempuh dari Kendal ataupun dari Kawasan Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, lumayan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.

7. Telaga Cebong, Telaga di Atas Awan
Selain Telaga Warna, destinasi wisata di kawasan dieng yang lain adalah Telaga Cebong. Telaga ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa Tengah. Jadi biasanya para wisatawan setelah menikmati sunrise di puncak Sikunir, pulangnya mampir ke Telaga Cebong ini, karena letaknya tidak jauh dari Sikunir. Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang disekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini. Dengan letaknya yang diatas 2300 m dpl, maka banyak yang mengatakan bahwa Telaga Cebong ini merupakan telaga diatas awan.

8. Dieng Plateau Theatre
Obyek Wisata Dieng Plateau Theater merupakan salah satu wujud seriusnya pengelola Kawasan Dieng mengembangkannya menjadi tujuan wisata favorite di jawa Tengah. Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan yang cukup megah di Kawasan Dieng dimana di tempat ini dijadikan sebagai tempat penayangan film dokumenter tentang Dieng Plateau. Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas 60 tempat duduk. Film dokumenter yang ditayangkan adalah berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit. Bagaimana, tertarik. Memang tak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Wisata Dieng namun tidak mengunjungi Dieng Plateau Theater.

9. Bukit Sikunir
Tempat Wisata di Dieng Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan sebuah bukit yang memiliki panorama berupa sunrise yang indah. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Untuk waktu terbaik menikmati sunrise adalah sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan. Namun karena pemandangan yang dinikmati adalah matahari terbit atau sunrise, anda harus datang ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar atau pagi buta. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau. 


Nah, udah kebayang kan kalau mau liburan di Dataran Tinggi Dieng? Bakalan seru abis deh..
Yuk buruan booking tiket pesawat nya sekarang juga. Sebelum kehabisan loh..
Karena momen liburan akhir tahun adalah momen yang ditunggu bagi semua kalangan.


Oh ya, kalau kamu mau liburan ke Dataran Tinggi Dieng, langsung aja ambil Paket Tour Dieng. Jadi kamu bisa menghemat biaya dengan memesan sekaligus tiket pesawat dan hotel menjadi satu paket. Kamu juga nggak perlu repot lagi untuk memikirkan nya, semua bisa selesai dalam satu waktu. Kamu juga bisa memilih berbagai paket wisata yang di tawarkan, modifikasi sesuka hati kamu untuk mendapatkan penawaran kombinasi yang diinginkan.

Yuk, liburan jangan di tunda..
Menikmati hasil keringat selama satu tahun, kenapa tidak ?!!


x
1 comment on "Liburan Akhir Tahun di Dataran Tinggi Dieng"
  1. Aku hanya ingin menginap semalam di Desa Sembungan dan camping di gunung prau.

    ReplyDelete

Auto Post Signature