Apa yang kalian fikirkan pertama kali saat merencanakan traveling ??
Kalau aku, TIME. Sok sibuk banget ya..
Tuntutan profesi adalah salah satu faktor yang membuat aku harus merencakan traveling dengan sematang-matang nya supaya tidak bentrok dengan kerjaan. Nggak asik donk, lagi traveling di hubungi atasan terkait kerjaan... Inti nya pinter-pinter pilih waktu deh..

Point kedua yang harus dan perlu di persiapkan adalah BUDGET.
Woiya donk, kalau nggak ada budget mau traveling kemana? Keliling kota aja butuh budget buat beli es teh sama kue cucur. Jadi disesuaikan mau pergi kemana dengan budget yang ada. Jangan terlalu memaksakan budget.. Kalau memang ingin memaksakan diri dengan budget yang pas-pas-an, harus persiapkan itinerary yang rinci dan jelas biar perkiraan budget yang digunakan nggak meleset jauh dari perkiraan.

Yang ketiga adalah GADGET !
Tujuan traveling memang menyegarkan pikiran, mencari pengalaman dan kenal dengan orang-orang baru. Namun semua yang telah kita lakukan, tentu butuh dokumentasi. Yaitu dengan mengabadikan nya melalui foto atau pun video. Dan ini tentu membutuhkan media yang praktis. Aku memilih smartphone untuk mengabadikan momen selama traveling. Gadget tentu memiliki memori penyimpanan, namun space yang bisa kita miliki sangat terbatas.

Aku sebenarnya bukan orang yang suka cekrak - cekrek sembarangan. Tapi karena keterbatasan memori smartphone yang terbatas membuat aku harus super ektra dalam memanfaatkan memori hape. Pernah dalam kondisi saat traveling, aku kehabisan memori smartphone. Sedangkan saat itu aku tidak membawa laptop untuk transfer data. Bingung kan..

Masa harus menghapus sebagian isi di dalam smartphone, kan sayang.. 

BELAJAR DARI PENGALAMAN
Kenapa aku ‘getol’ banget back-up data selama traveling hingga meminjam laptop teman?

Karena aku pernah mengalami pengalaman buruk kehilangan data saat melakukan traveling ke Vietnam. Kami staycation di Vietnam selama 3 hari, pagi hari di hari terakhir sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk menikmati udara pagi dan berjalan di taman sekitar penginapan. Sesekali mengabadikan momen bersama teman-teman menggunakan smartphone. Singkat cerita, smartphone yang selalu kami gunakan untuk ber-swafoto mendadak mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan. Da*n!! Semua foto perjalanan disana dan belum sempat di backup >.<

Ternyata nggak Cuma aku yang mengalami kehilangan data. Karena berdasarkan hasil survey Western Digital yang menaungi brand Sandisk #SanDiskAPAC , 67% masyarakat Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, 80% dari 1.120 responden survey yang berasal dari kota besar di Indonesia sebenarnya sudah menyadari pentingnya melakukan back-up data, namun hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up data secara teratur.

Memang tidak bisa dipungkiri, smartphone saat ini menjadi gawai utama dalam keseharian kita, segala hal mulai dari komunikasi, gaming, navigasi, hingga belanja online, semua kita lakukan melalui smartphone.Tidak sedikit juga yang menjadikan smartphone sebagai media pengganti ‘kamera’ seperti aku. Nggak salah kalau Lebih dari 90% responden yang memiliki smartphone mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dari pada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%). Hal tersebut mengakibatkan data yang ada pada smartphone hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%).

Ada banyak faktor yang menyebabkan kita kehilangan data, diantaranya adalah perangkat yang rusak, virus, file yang rusak, kehilangan perangkat, atau memori yang penuh sehingga harus menghapus sebagian data. Nah, itu lah penting nya melakukan back-up data rutin untuk menghindari terjadinya kehilangan data. 

Ketika aku menyadari back-up data adalah hal rutin yang harus kita lakukan, sedangkan aku dalam kondisi traveling, tentu harus cari alternatif lain selain membawa laptop kemana pun.

MENGENAL USB OTG SANDISK
   
USB OTG Sandisk, adalah salah satu solusi #DibuangSayang saat memori smartphone full disaat traveling. Selain itu USB OTG Sandisk juga menjadi  solusi back-up data paling praktis, aman dan nyaman dilakukan dimana pun dan kapan pun . USB OTG adalah singkatan dari USB On The Go yang merupakan salah satu perangkat eksternal dan dapat digunakan untuk men-transfer data dari smartphone melalui port USB dengan bantuan konektor OTG yang dipasangkan. 

Selain memiliki harga yang terjangkau dan banyak pilihan, USB OTG Sandisk juga memberikan warraty yang recommended, jadi pasti aman, nyaman dan praktis ketika penggunaan nya. USB OTG Sandisk juga menyediakan aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App bagi mengguna smartphone android maupun iphone yang membantu dalam mem-back up file dengan cepat dan dapat memindahkan ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. 


Pengguna juga bisa mengatur agar aplikasi melakukan back-up secara otomatis untuk file-file penting setiap kali USB OTG dihubungkan dengan smartphone. Nggak hanya itu, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App ini juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial seperti foto dan video. Jadi kamu nggak bakalan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial kamu.



Kesimpulannya, Memiliki USB OTG SanDisk memang membantu kita banget dalam pengelolaan file. Kelebihan dari USB OTG SanDisk :

  • Mini Size sehingga praktis dan mudah dibawa kemana pun
  • Garansi oke
  • Desain stylish
  • Data tersimpan aman
  • Back up data mudah

Masih mau kehilangan memori berharga ??


3 komentar:

  1. Wajib punya nih USB OTG SanDisk, ukuran nya kecil bisa dibawa kemana-mana apalagi saat traveling

    BalasHapus
  2. SanDisk memang terbaik di segala kondisi,
    cocok buat backup data dimana pun kapanpun
    soalnya tinggal colok ke HP

    BalasHapus
  3. Mudah banget ya mbak penggunaan USB OTG SanDisk, traveling pun tetep happy dan bisa backup begitu selesai jeprat jepret foto tanpa takut kehilangan dokumentasi heee

    BalasHapus