Siapa yang sudah mulai bosan stay at home ??
Kalau kamu sudah mulai bosan dan ingin beraktifitas di luar, sudah bisa kok. Dengan berbagai ketentuan dan peraturan protokol kesehatan pastinya. Walau pun kondisi saat ini masih cukup beresiko karena kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia sendiri masih cukup tinggi. Hingga saat ini, berita terupdate menunjukkan total yang terjangkit Covid-19 sebanyak 45.891 dengan penambahan 862 terkonfirmasi. 
Tapi untuk liburan, jangan dulu yaa...
Lebih baik tunggu waktu saat semua nya benar-benar kondusif.
Tapi kalau mau merencanakan liburan dari sekarang, boleh donk. Supaya bisa menjadi penyemangat setelah sekian lama dirumah aja
Yang terpeting saat ini kita harus selalu menjaga kesehatan, kebersihan diri sendiri dan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mengurangi resiko tertular dan menularkan Covid-19.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Jika Harus Melakukan Perjalanan Saat Pandemi Covid - 19

Walaupun kita sudah berada di Era New Normal, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan persiapkan bila harus melakukan perjalanan. Diantara nya :
  • Siapkan perlengkapan seperti hand sanitizer, tissue basah, tissue kering, masker dan sarung tangan.
  • Selalu cuci tangan setelah selesai beraktivitas atau setelah menyentuh benda-benda yang sering di sentuh orang lain
  • Gunakan alat makan pribadi selama berada di luar rumah seperti botol minum, sendok dan piring. Jika memungkinkan, lebih baik membawa bekal dari rumah. Selain hemat juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.
  • Hindari tempat berkerumun atau keramaian dan bersentuhan fisik dengan orang lain.
  • Gunakan pembayaran secara cashless sehingga tidak bersentuhan langsung dengan uang.
  • Sesampainya di rumah, ganti dan bersihkan semua barang yang telah digunakan selama di luar ruangan.
Beberapa hal di atas merupakan persiapan sederhana yang harus kita persiapkan ketika bepergian jarak dekat. Apabila harus melakukan perjalanan jarak jauh ( luar daerah ), maka ada beberapa tambahan lagi yang wajib kita perhatikan agar tidak menimbulkan masalah di daerah tujuan. Berdasarkan Surat Edaran yang diterbitkan dengan Nomor 7 Tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa New Normal, ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan transportasi umum baik melalui darat, laut dan udara. Diantaranya adalah : 
  • KTPSiapkan Kartu Tanda Penduduk yang berlaku apabila ingin melakukan perjalanan.
  • Cari Informasi Syarat Memasuki Daerah TujuanBeberapa daerah mungkin memiliki peraturan yang berbeda dengan daerah lain. Seperti misalnya DKI Jakarta, untuk bisa masuk atau keluar wilayah DKI Jakarta kita harus memiliki SIKM atau Surat Izin Keluar Masuk. Tanpa SIKM, sangat memungkinkan kita tidak boleh masuk atau keluar kawasan tersebut.
  • Tes Bebas Covid -19Di Era New Normal ini, salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki ketika bepergian adalah surat keterangan bebas covid-19. Hal ini digunakan untuk meminimalisir terjadinya penularan selama perjalanan. Tes bebas covid - 19 ini terdapat 3 pilihan yang dapat digunakan, yaitu Rapid Test, PCR ( polymerase chain reaction ) atau yang lebih dikenal dengan Swab Test dan Surat Keterangan Bebas Influenza (Khusus bagi daerah yang tidak memiliki Rapid Test dan Swab Test).

    Untuk Rapid Test sendiri hanya berlaku selama 3 hari, sedangkan Swab Test hanya berlaku selama 7 hari. Apabila para penumpang tidak dapat menunjukkan surat keterangan yang dimaksud tersebut, maka aparat gabungan dari Dinas Perhubungan, Kepolisian, Satpol PP, dan TNI akan meminta warga kembali ke tempat semula.

Rapid Test dan Swab Test, apaan sih ??

Rapid Test

Rapid test merupakan pendeteksi awal virus covid-19 dalam tubuh melalui sampel darah. Sampel inilah yang akan memberi informasi adanya IgM dan IgG dalam tubuh manusia. IgM dan IgG sendiri adalah antibodi yang dihasilkan tubuh saat terpapar virus covid-19. 
Hasil rapid tes membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit berupa garis pada keterangan C, IgG, dan IgM. Garis pada C akan mengindikasikan pasien nonreaktif, sedangkan garis pada C dan IgG / IgM menandakan pasien reaktif. Jika Rapid Test menunjukkan hasil reaktif, maka akan ada pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah tanda reaktif tersebut menandakan adanya virus covid-19 atau tidak

Swab Test

Swab Test disebut juga dengan PCR ( polymerase chain reaction ), merupakan pendeteksi virus covid-19 menggunakan sampel apus dari saluran pernapasan. Sampel ini kemudian akan diperiksa menggunakan mikroskop untuk mendeteksi adanya virus covid atau tidak. Test ini menganalisis unsur DNA dan RNA (materi genetik virus), sehingga hasil test ini lebih akurat dibandingkan Rapid Test.

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Surat Bebas Covid - 19 ??

Untuk mendapatkan surat keterangan bebas covid biasanya dapat dilakukan seperti di Rumah Sakit atau Klinik. Namun saat ini HaloDoc turut memberikan kemudahan bagi kita  apabila ingin melakukan covid test

Halodoc merupakan sebuah layanan yang memberikan solusi mudah, lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Halodoc memberikan fasilitas konsultasi pasien terhadap dokter melalui aplikasi secara online dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya dokter, beberapa apotek, rumah sakit dan asuransi juga telah bekerjasama dengan Halodoc untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik dengan mudah, aman dan nyaman.

Aplikasi Halodoc memberikan kemudahan untuk membuat janji ketika kita ingin janji temu dengan dokter untuk melakukan tes bebas covid. Tinggal buka aplikasi nya, lakukan pencarian untuk melakukan Covid-19 Test, pilih test apa yang ingin kamu lakukan dan lokasi tempat test tersebut. Pilih dokter..
Jangan lupa untuk login terlebih dahulu yaa...

Aplikasi Halodoc

Kemudahan yang Halodoc berikan ketika akan Test Covid:
  • Cepat, bebas antri dan bisa diakses melalui smartphone
  • Aman buat janji dari rumah
  • Multi Option, bebas memilih rapid test atau swab test
  • Bebas Pilih RS 
Nah, kalau kamu ingin melakukan perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan semua kebutuhan nya secara rinci. Jangan sampai ada yang terlewat dan terlupa..
Stay safe and healthy untuk kita semuaa... :)


Tidak ada komentar