Bulan-Bulan Islam dan Peristiwa Penting di Tahun Hijriah

Sunday, December 3, 2017
Kalender Hijriyah atau Kalender Islam ( bahasa Arab: التقويم الهجري ; at-taqwim al-hijri ), adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Kalender ini dinamakan Kalender Hijriyah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrah-nya Nabi Muhammad saw dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender biasa (kalender Masehi) yang menggunakan peredaran Matahari.


1. Muharram (محرم الحرام)
Ini adalah bulan pertama dalam kelender Islam, dan Muharram termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan Muharram karena orang Arab mengharamkan berperang di bulan ini.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Muharram :
  o  Penetapan Tahun Baru Islam pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq
  o  Nabi Adam bertaubat kepada Allah, dan Taubat nya diterima pada 10 Muharram
  o  Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi
  o  Selamatnya Nabi Ibrahim dari siksa api Namrud
  o  Nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu
  o  Nabi Musa dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah
  o  Nabi Isa di angkat ke langit

2. Shofar/Shafar (ﺻﻔﺮ)
Dinamakan dengan Shofar karena perkampungan Arab Shifr (kosong) dari penduduk, karena mereka keluar untuk perang. Ada yang mengatakan bahwa dinamakan dengan Shofar karena dulunya bangsa Arab memerangi berbagai kabilah sehingga kabilah yang mereka perangi menjadi Shifr (kosong) dari harta benda.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Safar :
  o  Pernikahan Rasulullah saw dengan Khadijah binti Khuwailid
  o  Penakhlukan Persia pada masa Kekhalifahan Umar bin Khatab
  o  Pengangkatan Usamah Bin Zaid sebagai Panglima Perang
  o  Kemengan Perang Khaibar (Peperangan Kaum Muslim dengan Kaum Yahudi di Khaibar)
  o  Masuk Islamnya Bani Udzrah
  o  Jatuhnya kota Baghdad ke tangan Hulakhu Khan pada masa Bani Abbasiyah

3. Robi’ul Awwal (ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻷﻭﻝ)
Dinamakan demikian karena saat penamaan bulan ini bertepatan dengan musim semi.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Rabiul Awal :
  o  Terjadi percobaan pembunuhan oleh Rasulullah SAW oleh kaum Yahudi
  o  Wafatnya Thalhah bin Ubaidillah saat Perang Jamal
  o  Wafatnya Zubair bin Awwam
  o  Diturunkannya surat Al Hasyr pada NabI Muhammad SAW

4. Robi’ul Tsani/Akhir (ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻷﺧﻴﺮ / ﺭﺑﻴﻊ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ)
Dinamakan demikian karena bangsa Arab saat itu menggembalakan hewan ternak mereka pada rerumputan. Dan ada yang mengatakan bahwa dinamakan demikian karena bulan ini bertepatan dengan musim semi.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Rabiul Akhir :
  o  Terjadi percobaan pembunuhan oleh Rasulullah SAW oleh kaum Yahudi
  o  Wafatnya Thalhah bin Ubaidillah saat Perang Jamal
  o  Wafatnya Zubair bin Awwam
  o  Diturunkannya surat Al Hasyr pada NabI Muhammad SAW

5. Jumadil Awal (جمادى الأولى)
Sebelum masa Islam dinamakan jumadi khomsah. Dinamakan Jumada karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin, dimana air jumud (membeku).
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Jumadil Awal :
  o  Sayyidah Zainab lahir ( cucu Rasulullah SAW )
  o  Imam Ali Zainal Abidin a.s. ( cucu Rasulullah SAW )
  o  Wafat Fatimah Az-Zahra, Putri Nabi saw
  o  Awal Turun nya wahyu

6. Jumadil Akhiroh/Tsaniyah (جمادى الآخرة / ﺟﻤاﺪى ﺍﻟﺜﺎﻧﻲة)
Sebelum masa Islam dinamakan jumadi sittah. Dinamakan demikian karena saat penamaan bulan ini jatuh pada musim dingin juga.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Jumadil Akhir :
  o  Meninggalnya Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq
  o  Pelantikan Khalifah Umar Bin Khattab
  o  Terjadinya Perang Yarmuk (Antara Kaum Muslim dan Bangsa Romawi)
  o  Wafat Fatimah Az-Zahra, Putri Nabi saw
  o  Awal Turun nya wahyu

7. Rajab (ﺭﺟﺐ)
Rajab termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan bulan Rojab karena bangsa Arab melepaskan tombak dari besi tajamnya untuk menahan diri dari peperangan. Dikatakan: Rojab adalah menahan diri dari peperangan.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Rajab :
  o  Terjadinya peristiwa Isra Mi'raj
  o  Kekalahan Romawi di Perang Tabuk
  o  Shalahuddin Al-Ayyubi Merebut Al-Aqsha dari Tentara Salib
  o  Runtuhnya khalifah ottoman di Turki yang dihapus oleh Mustafa Kemal Pasha

8. Sya’ban (ﺷﻌﺒاﻦ)
Dinamakan demikian karena bangsa Arab saat itu berpencar ke berbagai tempat untuk mencari air.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Sya'ban :
  o  Kiblat dipindah dari Baitul Maqdis ke Ka’bah
  o  Diwajibkan puasa bulan Ramadhan
  o  Turun Ayat Shalawat
  o  Perang Badar kedua (as-sughra)
  o  Sayyidah Ummu Kultsum putri Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam wafat

9. Ramadhan (ﺭﻣﻀاﻦ)
Ini adalah bulan puasa bagi umat Islam. Dinamakan demikian karena panas ramdh mencapai puncaknya dan saat penamaan jatuh pada musim panas.Dimana periode ini disebut panas yang parah.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Ramadhan :
   o Pembebasan Makkah (Fathul Makkah)
   o Bulan Diturunkannya Al - Quran
   o Peristiwa Perang Badar
   o Islam Masuk ke Yaman
   o Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza
   o Tentara Islam Mengalahkan Tentara Mongol
   o Pembebasan Andalusia (Spanyol)
10. Syawwal (ﺷﻮﺍﻝ)
Di bulan inilah saat Idul Fitri. Dinamakan demikian karena saat itu unta betina kekurangan air susu.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Syawal :
  o  Perjalanan Nabi saw. ke Thaif
  o  Perang Uhud
  o  Kelahiran Siti Aisyah dan pernikahannya dengan Nabi Muhammad saw
  o  Pernikahan Fatimah dengan Ali ra
  o  Perang Khandaq (Ahzab, Parit)

11. Dzulqa’dah (ﺫﻭ ﺍﻟﻘﻌﺪة)
Bulan ini termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan demikian karena bangsa Arab duduk dan tidak berangkat untuk perang, karena bulan ini termasuk bulan haram yang tidak boleh perang.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Dzulqa'dah :
  o  Muawiyah bin Abi Sufyan menjadi Khalifah
  o  Nabi melaksanakan Hajo Wada'
  o  Abu Tholib wafat

12. Dzulhijjah (ﺫﻭ ﺍﻟﺤﺠة)
Di dalamnya terdapat musim haji dan Idul Adha. Bulan ini termasuk dalam bulan-bulan suci. Dinamakan demikian karena bangsa Arab melaksanakan ibadah haji di bulan ini.
Peristiwa yang pernah terjadi di bulan Dzulhijjah :
   o  Kelahiran Nabi Ibrahim
   o  Peristiwa Penyembelihan Nabi Ismail
   o  Kematian Khalifah Umar bin Al-Khattab
   o  Perlantikan Saidina Utsman bin Affan
   o  Kematian Saidina Utsman bin Affan
   o  Perlantikan Saidina Ali Bin Abi Talib Sebagai Khalifah

Fakta dan Keajaiban Terapi Air Mata, Jangan Pernah Menahan Tangis !!

Wednesday, November 22, 2017


Banyak dari kita yang beranggapan menangis adalah sesuatu yang memalukan. Banyak orang beranggapan bahwa menangis adalah tanda bahwa kita telah melakukan kesalahan atau menunjukkan bahwa diri kita lemah. Sehingga tidak sedikit dari kita menahan perasaan agar tidak menangis.

Padahal, menangis adalah hal yang lumrah bagi manusia untuk menunjukkan perasaannya. Rasa sedih, kesal, kecewa, marah yang telah memuncak, terkadang membuat kita ingin meluapkannnya dengan cara menangis. Dan ternyata, menangis bisa membuat perasaan seseorang menjadi nyaman dan lega.

Bahkan di Negara Jepang, sudah ada sebuah terapi yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan air mata. Terapi Menangis ini cukup dipercaya dan ampuh untuk menghilangkan rasa stres dan menambah kesehatan bagi tubuh. Takashi Saga, seorang pria yang menyebut dirinya sebagai "tears sommelier" mengatakan bahwa sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa menangis dapat membuat kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik, bahkan efeknya bisa melebihi tertawa. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ketika seseorang menangis karena alasan emosional, air mata mengandung sejenis hormon yang dikeluarkan oleh tubuh selama stres fisik.

"Tertawa hanya dapat melepaskan stres pada saat itu, tetapi penelitian menunjukkan pelepasan stres dari menangis berlangsung selama seminggu," ujar Takashi Saga. Di Negara Jepang sendiri, terapi menangis dilakukan dengan cara mendengarkan kisah sedih, lalu dilanjutkan dengan video yang menampilkan kondisi emosi yang mengharukan.

Manfaat menangis Sebagai Terapi dan Pengobatan,
  • Dapat Memelihara Diri Dari Berbagai Penyakit
    Pada saat anda menangis, maka organ-organ tubuh pun akan terpengaruh dan berkerja lebih maksimal, salah satunya adalah jantung. Jumlah denyut jantung akan meningkat ketika anda menangis, sehingga dapat berguna untuk terapi otot-otot dada dan diafragma. Setelah anda berhenti menangis, denyut jantung akan kembali normal dan menimbulkan perasaan lega.

  • Dapat Meringankan Dan Memberikan Ketenangan Jiwa
    Berdasarkan hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam air mata yang menetes terkandung beberapa hormon, yaitu adrenokortikotropik, endorphin, prolactin, dan leucin-enkapalin. Dimana hormon-hormon tersebut merupakan hormon yang berperan sebagai respon terhadap berbagai stress (tekanan jiwa) dalam diri seseorang. Sehingga dengan menangis, maka hormon pemicu stress tersebut juga akan ikut keluar bersama air mata.
  • Memanjangkan Umur
    Kantor berita Quds, BRS, mengabarkan temuan para ilmuan bahwa menyimpan berbagai perasaan dan menahan air mata dapat menyebabkan tumbuhnya racun di dalam tubuh sebagai akibat dari bertahannya racun di dalam tubuh sebagai akibat dari bertahannya muatan - muatan dan tumpukan - tumpukan penderitaan di dalam jaringan tubuh. Mereka juga mensinyalir bahwa perempuan mampu hidup lebih lama dari pada laki - laki, karena perempuan dapat menetralisir racun dari tubuhnya melalui air mata. Ini disebabkan karena perempuan lebih mampu meluapkan perasaan nya dengan cara menangis dibanding laki - laki.
  • Mensucikan Mata Dari Bakteri
    Air mata mengandung suatu cairan protein spesifik, yaitu lisozim, ferin, dan gamma glubolin yang bersifat antibakteri. Cairan tersebut mampu membunuh 90% - 95% bakteri (seperti bakteri Chlamydia trachomatis) pada mata dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri, serta dapat mencegah iritasi mata akibat debu dan asap. Sehingga mata pun terlindungi dari infeksi bakteri dan polusi di lingkungan sekitar.
  • Membunuh Muatan Racun Pada Mata
    Menangis tak hanya membuat perasaan menjadi lega, tetapi juga mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh William Frey, seorang ahli biokimia, mengungkapkan bahwa dalam air mata terkandung sejumlah zat-zat kimia beracun (seperti senyawa metal). Dimana zat-zat beracun tersebut berasal dari dalam tubuh.
  • Dapat Memelihara Kelembutan Dan Kelenturan Mata
    Air mata yang diproduksi oleh kelenjar lacrimal sangat berperan dalam menjaga pengelihatan mata agar tetap sehat. Ketika anda menangis, air mata akan membasahi kornea dan kelopak mata yang telah kering, sehingga mata terlindung dari gejala dehidrasi yang menyebabkan pandangan menjadi kabur. Berdasarkan penelitian di National Eye Institute menyatakan bahwa air mata sangat berguna untuk menjaga kelembaban bola mata dan menyingkirkan debu yang melekat pada mata.
Ternyata menangis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan menangis merupakan terapi kesehatan yang sangat berguna dan bermanfaat yang dapat dipergunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit. Menahan air mata berarti membiarkan tumbuhnya racun sedikit demi sedikit. Itu disebabkan karena air mata bisa mengeluarkan unsur - unsur racun dari dalam tubuh. Dengan demikian, menahan air mata berarti membiarkan tumbuhnya racun sedikit demi sedikit.

So, ketika kalian ingin menangis, maka menangislah. Lepaskan seluruh kesah di hati, untuk kemudian bangkit dan melupakan kesedihan yang sebelumnya terjadi ^^

Pesona Sumatera Barat

Monday, November 20, 2017


Akhir tahun 2016 saat liburan, kami berencana untuk kembali melakukan Backpacker menuju Sumatera Barat. Rencana ini sebenarnya cukup mendadak dibanding trip sebelumnya yang telah direncanakan 1 tahun sebelum Asean Trip. Dan sepertinya sebelum kami melakukan perjalanan, kami selalu mengalami banyak drama. Dan selalu terancam batal melakukan trip.
Beberapa lokasi wisata Indah yang ada di Sumatera Barat :

JAM GADANG


Jam Gadang di Malam Hari
Nggak afdhol katanya kalo' ke Bukit Tinggi tapi nggak ke Jam Gadang. Jam Gadang merupakan Landmark terfavorit yang ada di Sumatera Barat. Konon katanya mesin Jam yang ada di Landmark ini didatangkan langsung dari London dan hanya ada 2 di dunia, salah satunya berada di Big Ben, London. Menuju lokasi Jam Gadang tidak terlalu sulit, karena berada di pusat kota. Sehingga akses menuju kesana sangat mudah di jangkau.  

Eh, kalian tau nggak sih ada yang berbeda dari  jam gadang ini?
Angka 4 pada penulisan romawi agak sedikit ganjil ya..
Banyak persepsi yang muncul sih, mulai dari kisah mistis hingga kisah jaman kuno. Tapi yang penting, Jam Gadang masih berdiri kokoh hingga saat ini dan kita masih bisa menikmati keindahannya.
 
NGARAI SIANOK
Ngarai Sianok Tampak Atas
Tidak jauh dari Jam Gadang, ada pemandangan yang luar biasa. Ngarai Sianok. Dan sebenarnya foto ini tidak sengaja didapat setelah berkeliling Bukit Tinggi seharian. Ditengah teriknya matahari, dalam kondisi lelah, capek, haus dan lapar. 

Bermula ketika kami memasuki area Taman Panorama dan Lobang Jepang, menimbang- nimbang saat ingin memasuki Lobang Jepang yang terlihat tidak bersahabat, akhirnya kami bertekad memasukinya dengan mengikuti rombongan wisatawan lain. Namun sesampainya didalam, kami malah berpencar dari rombongan awal ketika guide lokal kami (Red : Teman Kami bernama Amy) mengatakan bahwa terowongan ini memiliki beberapa pintu keluar lain. Alhasil, kami malah berkeliling mencari pintu keluar itu. Tibalah kami di Lokasi persawahan ini.. Hijau membentang dengan hamparan padi dan batu cadas yang super keren.. Surga banget lah pokoknya..
Hamparan Padi dengan Bukit Batu
Di siang hari yang sanggat terik itu, kami akhirnya memutuskan pulang. Walau aku belum sempat mengunjungi Tangga Seribu yang konon katanya seperti The Great Wall Negeri Tirai Bambu, tapi yang ini versi Bukit Tinggi. Tapi apalah daya, Anin dan Amy udah kecapekan olah kaki dari pagi, jadi batal deh 😭😭. 

Akhirnya kami berkeliling mencari masjid untuk sholat dzuhur, melewati anak tangga yang cukup banyak. Sesampainya di puncak, kami agak tersesat mencari jalan keluar. Dalam kondisi lelah, terlihatlah pemandangan Ngarai Sianok dari atas. Wussshhhh....
Seketika lelah yang dirasa langsung lenyap.

LOBANG JEPANG
Siapa sih yang nggak tau icon Bukit Tinggi yang satu ini ?
Lobang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan panjang terowongan yang mencapai 1400 m dan berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata. 
Sayang banget sih kami nggak banyak ambil dokumentasi di lokasi ini. Mungkin udah parno duluan ya.. Karena pas di Chuchi Tunnel Vietnam kemaren, terowongan nya kecil banget. Agak sesak napas masuk ke terowongan itu. Tapi ternyata di Lobang Jepang terowongan nya besar dan lapang, bisa buat main bola malah.. *eh 😛😁
Dan ternyata, masuk ke Lobang Jepang ini ada beberapa pintu. Diantaranya terletak pada kawasan Ngarai Sianok, Taman Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi.

LEMBAH HARAU
Lembah Harau
Menuju Lembah Harau sekitar 47 KM dari Bukit Tinggi. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m. Pokoknya mata akan selalu dimanjakan dengan pemandangan super keren yang berada di Lembah Harau.

Lembah Harau

BUKIT MANDA
Pas ditawarin naik bukit, langsung bilang YEESSSSS!!!
Padahal Anin udah nolak setengah mati dengan berbagai alasan. Kapan lagi kan bisa naik bukit. Ke Bukit Kaba yang di Bengkulu aja nggak pernah kesampaian. Jadi nggak nolak banget kalau di ajakin ketempat yang serba hijau kayak gini.
Bukit Manda
Bukit Manda ini unik loh, bertingkat-tingkat seperti tangga. Pas lagi moto-in 2 temen di foto atas, aku lagi ada di tingkat kedua. Anin nggak ikut karena merajuk, jadi tinggal di tingkat pertama.. Hhihii
Tapi dari posisi ku aja, view kebawah udah keren banget.. Ada danau, hamparan sawah, hutan.. Ciiaamiik lah..
Tapi angin di atas kenceng banget loh..
Aku nggak ikut ke puncak walau pendakian nggak nyampe 1 jam. Selain kaki yang udah ngerasa 'lempoh' gegara olah kaki seharian, angin diatas kueenceng banget.. Takut terbang euy.. Kalo' kebawa angin kan bahaya, lebih bahaya lagi kalo\ kebawa perasaan sih.. *eh 😆😆
Pemandangan Dari atas Bukit Manda
ISTANA PAGARUYUNG
Siapa sih yang nggak tau Istana Pagaruyung?
Kayak nya udah wajib banget berkunjung kesana kalau mampir ke Sumatera Barat. Sebuah Istana yang berdesain khas rumah adat Sumatera Barat yang menjadi tempat kediaman raja. Halaman yang luas dengan arsitektur bangunan yang megah membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.
Istana Pagaruyung
Arsitektur di dalam Istana juga keren loh. Kalau mau sewa baju adat minang juga bisa, tapi kemaren kita nggak nyobain. Padahal pengen banget sebener nya.. PR supaya balik ke Sumbar Lagi kayaknya. Hhiihiii
Pemandangan Belakang Istana Pagaruyung
Selain Istano Basa Pagaruyung juga terdapat sebuah istana lagi yang tidak kalah indahnya, yup Istana Silinduang Bulan, Istana yang menjadi tempat kediaman ahli waris dari Raja, Istana ini terletak tidak jauh dari Istana Basa Pagaruyuang dengan ukuran yang lebih kecil. Sayangnya kemaren kami nggak berkunjung ke Istana Silinduang Bulan, cuma sekedar lewat dan ngeliat dari kejauhan. Tapi tetap keren kok..
Sumber :www.ranahminangholiday.com

KINANTAN ZOO
Sebenernya destinasi ini bukan tujuan kami. Karena kami nyasar tak tentu arah, yang di cari apa, yang ketemu malah Kinantan Zoo. Wwkwkwkwk
Di tengah cuaca hujan yang sebenernya nggak cocok banget untuk keliling kebun binatang. Binatang nya aja males keluar kandang, kami malah hujan-hujanan... 
Ketika semua orang berteduh, Kami? Woles aja 😀
Tapi emang hari itu hujannya deres banget. Sempat berteduh sebentar sih di bawah rumah pohon. Disaat semua pengunjung pulang, kami malah baru masuk.. Emang- rada-rada sih ya.. Hahahaha
Cuma keliling - keliling sekitar, ngeliat binatang kalau ada yang keluar kandang, terus nyebrang jembatan deh.. Karena diseberang ada Benteng Fort De Kock. Udang Benteng, pake' Fort lagi.. Hihiii


Dulunya, benteng ini dinamai 'Sterreschans' yang artinya benteng pelindung. Lalu diubah menjadi Fort de Kock yang diambil dari nama lain dari Bukit Jirek. Bukit Jirek adalah nama tempat dimana benteng itu dibangun.

TABEK GADANG
Tabek itu semacam kolam, Gadang disini artinya besar, jadi bisa di artikan kolam yang besar. Tapi ini bukan kolam biasa loh, ada cerita mistis dibalik nama Tabek Gadang ini. Konon katanya ikan yang ada di dalam kolam itu tidak boleh di konsumsi. Jikalau ingin mengkonsumsinya, harus ada ritual tertentu yang harus dilakukan oleh tetua adat setempat.

Mampir ke Tabek Gadang juga nggak sengaja loh, kebetulan di akhir keberadaan kami di Sumbar, kami tinggal bersama teman yang rumah nya berhadapan langsung dengan Tabek Gadang. View dipagi hari, luar biasa keren loh.. Diapit oleh 2 gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Sayang tidak bisa mengambil foto kedua nya, karena tertutup kabut yang sangat tebal.



Bagi yang belum pernah ke Sumatera Barat, Kalian harus kesana..
Nggak bakalan rugi pokok nya. Mata kalian bakalan dimanjakan dengan pemandangan super istimewa...
Jadi nggak mau balik ke Bengkulu lagi.. 

Sampai ketemu lagi di trip selanjutnya ^_^



Fatmawati Perajut Negeri Sang Pahlawan Bengkulu

Monday, November 6, 2017

Siapa yang tidak mengenal sosok Fatmawati ?
Wanita kelahiran Bengkulu, 23 Februari 1923 ini sudah menjadi sosok yang berjasa bagi Bangsa Indonesia. Putri tunggal pasangan H. Hassan Din dan Siti Khadijjah yang mana kedua orangtuanya ini merupakan keturunan Puti Indrapura atau biasa disebut seorang keluarga raja dari kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Ayah Fatmawati juga terkenal sebagai salah satu tokoh Muhammadiyah di Bengkulu.
 
Lahir dan tumbuh dari sebuah keluarga yang memiliki dasar agama dan organisasi yang kuat, membuat sosok Fatmawati lebih tangguh dan tangkas dalam menjalani hidup. Sosok Fatmawati yang selalu haus akan ilmu akhirnya membuat Ia menempuh pendidikan di Hollandsch inlandsche School (HIS) Muhammadiyah. 
Fatmawati bersama ayah dan ibu
Disinilah pertemuan antara Fatmawati dan Soekarno terjadi. Saat itu Soekarno sedang menjalani masa pengasingan di Bengkulu setelah sebelumnya diasingkan di Ende - Flores. Keakraban keluarga Fatmawati dan Soekarno inilah yang mejadikan intensitas pertemuan kedua nya semakin sering. Fatmawati yang telah tumbuh menjadi sosok gadis manis yang cerdas, mampu membuat Soekarno jatuh hati. Hingga akhirnya  Soekarno dan Fatmawati menikah pada tanggal 01 Juni 1943 setelah menceraikan Inggit Ganarsih. Saat itu Fatmawati berusia 20 tahun.
Hari Jumat di bulan Ramadhan, pukul 05.00 pagi tanggal 17 Agustus 1945, para pemimpin bangsa dan para tokoh pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda. Mereka, telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia hari itu di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Tepat pukul 10.00 WIB Soekarno membacakan teks proklamasi sebagai tanda bahwa kemerdekaan telah berada di dalam genggaman Rakyat Indonesia.
Mesin jahit yang digunakan Fatmawati ketika menjahit Bendera Pusaka
Disinilah peran serta Fatmawati yang akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Di tengah hiruk pikuknya  persiapan Kemerdekaan Negara Indonesia, tidak satu orang pun yang memikirkan simbol kenegaraan sebagai tanda merdekanya bangsa Indonesia. Malam itu, dengan penuh perjuangan mengandung anak pertamanya, Fatmawati menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih sebagai Bendera dan simbol kenegaraan bangsa Indonesia.

Dari pernikahan inilah, secara otomatis Fatmawati menjadi Ibu Negara Indonesia pertama di Indonesia, "The First Lady"  dari tahun 1945 hingga tahun 1967. Pasangan ini melahirkan putra pertamanya saat Bung Karno sudah berusia 42 tahun. Putra-putri Bung Karno dikenal memiliki bakat kesenian tinggi. Hal itu tak aneh mengingat Soekarno adalah sosok pengagum karya seni, sementara Fatmawati sangat pandai menari. Bahkan salah satu putri dari Fatmawati dan Soekarno pernah menduduki kursi orang nomor 1 di Indonesia sebagai Presiden ke-5 dan satu-satunya presiden wanita di Indonesia.
Sebagai seorang Ibu Negara, Ibu Fatmawati kerap mendampingi Bung Karno dalam kunjungan ke berbagai wilayah Republik Indonesia untuk membangkitkan semangat perlawanan rakyat terhadap Belanda dan mengikuti kunjungan Presiden Soekarno ke berbagai Negara sahabat. Peran serta wanita dalam pembangunan telah ditunjukkan Ibu Fatmawati, beliau sering melakukan kegiatan social, seperti aktif melakukan pemberantasan buta huruf, mendorong kegiatan kaum perempuan, baik dalam pendidikan maupun ekonomi.

Pada tahun 14 Mei 1980 Fatmawati meninggal dunia karena serangan jantung ketika dalam perjalanan pulang umroh dari Mekah yang lalu dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta.
Peran serta nya tidak hanya terjadi saat perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, dalam kegiatan sosial pun Fatmawati selalu mengambil peran penting untuk memajukan bangsa dan meningkatkan derajat wanita. Fatmawati selalu menjadi penasehat  dan pelindung setiap organisasi wanita seperti Kowani, Kowari dan Persit. Selalu konsekuen dan kosisten dalam membela hak-hak wanita yang tercermin dalam sikap antipoligami dan pada masa orde baru sikap ini dapat melindungi para istri Pegawai Negeri Sipil dengan lahirnya PP.10. Selain itu, Fatmawati juga memperjuangan berdirinya degung wanita pertama di Indonesia yang terletak di jalan Diponegoro Jakarta

Jiwa sosial yang dimiliki Fatmawati sedari kecil, membawa Ia tetap selalu berperan aktif dalam segala kegiatan demi memperjuangkan hak wanita dan mencerdaskan anak bangsa. Ia selalu didaulat menjadi pelindung dan penasehat beberapa organisasi seperti Kowani (Kogres Wanita Indonesia), Perwani (Persatuan Wanita Indonesia), Persit (Persatuan Istri Tentara), Women's International Club (WIC), Pelindung Yayasan Pembinaan Anak Cacad (YPAC) dan masih banyak lagi.
Sumber : Tikettips.com
Di Kota Bengkulu, sebagai kota kelahiran Ibu Fatmawati, Pemerintah Daerah beserta seluruh elemen memberikan apresiasi terhadap Ibu Fatmawati. Sebagai bentuk penghargaan dan sekaligus untuk mengenang Ibu Fatmawati, maka pada tanggal 14 November 2001, Bandar Udara Padang Kemiling diubah menjadi Bandar Udara Fatmawati. Perubahan nama Bandar udara ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Perjuangan Ibu Fatmawati selama masa sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan diakui oleh Pemerintah Pusat, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 118/TK/2000 tanggal 4 Nopember 2000 oleh Presiden Abdurrahman Wahid, maka Pemerintah Republik Indonesia memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Ibu Fatmawati.

Tulisan ini diikutsertaakan dalam #LombaNulisAsikBHS #FatmawatiPerajutNegeri #PahlawanBengkulu dari Bengkulu Heritage Society.


Sumber Informasi :
http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-fatmawati-soekarno.html
Kunjungan ke Rumah Fatmawati Bengkulu

Sumber Gambar :
Dokumentasi Pribadi

5 Tema Dekorasi di Momen Spesial

Sunday, November 5, 2017

Ada yang suka ngerayain momen spesial ga? Seperti momen ulang tahun, syukuran kelulusan atau perayaan lainnya?
Aku paling suka acara beginian, karena dengan adanya perayaan yang seperti ini, kita bisa berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman yang jarang sekali kita temui. Ntah karena jarak dan waktu yang memisahkan, atau karena kesibukan sehari-hari yang membuat kesempatan bertemu berkurang.

Perayaan nggak selalu identik dengan kemewahan loh ya..
Yang penting tujuan utamanya tercapai, yaitu berbagi. Berbagi kabar bahagia maupun berbagi dengan menjamu orang-orang terdekat kita. Kumpul-kumpul nggak asik kalo' nggak sambil ngunyah kan?! Hhahahaa

Lebih seru lagi kalau perayaan yang kita buat punya ciri khas tersendiri, salah satunya adalah dengan menggunakan tema acara pada perayaan tersebut. Sehingga perayaan yang dibuat tidak terlihat monoton dan membosankan. Terlebih lagi, dengan tema tersebut akan membuat perayaan yang kita buat menjadi lebih spesial, berkesan dan tidak mudah dilupakan.

Beberapa tema perayaan yang bisa jadi pilihan untuk momen spesial kamu,
  1. Tema Garden
    Kayaknya bakalan asik kalau bikin perayaan di taman. Dengan tempat yang nyaman, lantai beralaskan rumput yang hijau, bunga-bunga bermekaran, dan bisa menatap langit biru. Tapi kalau nggak punya taman gimana?
    Bikin dengan nuansa taman juga bisa kok. Beri sedikit sentuhan hijau sebagai daun atau pohon, beri hiasan warna-warni yang cerah sehingga menggambarkan keceriaan. Tambahkan juga bangku-bangku kecil dengan minuman segar sudah bisa membuat ruangan kamu di sulap menjadi taman yang cantik.
    Sumber : https://id.pinterest.com/pin/702631979336241913
  2. Tema Summer
    Musim panas memang selalu mengingatkan kita pada cuaca cerah, sinar matahari yang hangat dan birunya air. Nah,  tema ini juga berusaha mengambil nuansa tropis yang indah tersebut. Hiasan dengan warna cerah, dengan sedikit sentuhan pepohonan dan pondok-pondok kecil sudah bisa memindahkan nuansa summer di perayaan kamu tanpa harus ke pantai.
    Sumber : https://id.pinterest.com/pin/194780752606494448
  3. Tema Vintage
    Tema vintage juga bisa dijadikan salah satu alternatif loh. Mungkin terdengar jaman dulu, tapi dengan sedikit sentuhan, kamu bisa mengubah suasana menjadi cantik. Dengan warna pastel yang lembut dan dekorasi yang senada membuat perayaan kamu menjadi lebih istimewa.
    Sumber : https://id.pinterest.com/pin/295196950561309729
  4. Tema Karakter
    Berbagai karakter yang bisa kita jadikan panduan untuk menentukan tema perayaan. Khusus untuk anak-anak, mungkin bisa menggunakan karakter kartun dengan sedikit sentuhan cute didalamnya. Untuk dewasa, bisa menggunakan tema karakter sport bagi yang suka berolah raga atau karakter film favorit dengan menambahkan kesan maskulin didalamnya. Acara kamu nggak bakalan ngebosenin deh..
    Sumber : https://id.pinterest.com/pin/351703052121131294
  5. Tema Monokrom
    Kamu orang yang simple dan nggak suka ribet? Kayaknya tema ini cocok banget deh. Perpaduan warna hitam dan putih ini tetap simple namun elegan. Bisa dipilih untuk semua acara dan segala usia. Keren kan?!!
    Sumber : https://id.pinterest.com/pin/486951778443660526
Tapi di semua tema kok pake balon?
Yaiyalah donk,, penggunaan balon di setiap perayaan itu bagaikan sayur tanpa garam, kopi tanpa gula, aku tanpa kamu *eh
Intinya sih penggunaan balon udah jadi kewajiban disetiap perayaan. Berasa ada yang kurang kalau nggak pakai balon. 

Tapi kan capek niupin balon sebanyak itu. Belum lagi ngedekorasi nya, ribet !!
Hidup itu nggak usah dibikin ribet. Sekarang udah banyak yang bisa ngebantu dekorasi acara, tinggal pilih mau yang mana, mau model apa, budget berapa. Semua udah lengkap.
Attention yaa... Sekarang di Bengkulu udah ada jasa dekorasi balon. Namanya Zahyan Balon. Berdiri pada pertengahan bulan Desember 2014, Zahyan Balon merupakan singkatan dari kedua nama anak sang pemilik jasa yang bernama Zahwah dan Dayyan. Jasa dekorasi balon ini juga sudah digunakan oleh berbagai instansi loh..
Mulai dari Bank Daerah, Bank Konvensional, Mall dan Hotel yang ada di Bengkulu. Jadi nggak perlu diragukan lagi ke-profesional-an nya. Sudah terbukti dan teruji lah pokoknya.
Harga pun beragam, mulai dari 150 ribu hingga 1,5 juta. Dan ada beberapa pilihan paket yang tersedia untuk acara khitan, aqiqah maupun ulang tahun. Dengan budget mulai dari 600 ribu hingga 1.5 juta rupiah per paket, konsumen bisa mendapatkan berbagai perlengkapan mulai dari spanduk, cupcake, snack, minuman, souvenir, rampel meja, hiasan, undangan, dan lain-lain. Pokoknya lengkap, tinggal terima beres. Nggak perlu ribet, nggak perlu capek, acara berkesan dan elegan, dengan Zahyan Balon.

Untuk contact nya, bisa langsung hubungi :
Mbak Hasni Cholida di Prumdam Kota Bengkulu,
Handphone : +6282282588148
Facebook : ZahYan Balolshop
Instagram : @zahyan_balloons




Auto Post Signature