Manfaat Membawa Bekal untuk Anak

Sunday, September 16, 2018
Walaupun belum mempunyai anak, tapi ponakan udah berasa anak sendiri. Kemanapun aku pergi, selalu pengen ikut. Bahkan berangkat dan pulang sekolah pun, harus di anter jemput sama aku.Udah berasa punya anak kan?!! Hehehe

Yaya, ponakan aku tuh susah banget makan nya. Apalagi sejenis nasi. Menolak banget dia, selalu ogah - ogahan. Makan di rumah aja selalu nyisa, pas di bawain bekal di sekolah, sama sekali nggak tersentuh. Duhh :(

Tapi bagaimana pun, sebagai amma yang baik hati, tentu aku berusaha supaya si yaya ini mau makan bekal selama di sekolah. Berhubung yaya nggak suka nasi, jadi bekal nya aku ganti dengan berbagai variasi yang dia suka. Tapi tetap bernutrisi dan bergizi ya..

Ngomongin bekal, ternyata membawa bekal dari rumah itu penting banget loh..
Banyak banget manfaat yang bisa didapatkan jika membawa bekal dari rumah. Yuk intip dulu, apa saja manfaat membawa bekal dari rumah untuk anak.

1. Bekal buatan sendiri lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya
Dengan membawa bekal dari rumah, tentu kita bisa menjamin bekal makanan yang di siapkan adalah bekal yang sehat dan bersih. Karena dibuat sendiri, kita bisa memastikan kualitas bahan dan kebersihan makanan sejak proses persiapannya Jajanan di luar sana, belum bisa dijamin kebersihan dan kesehatan nya. Jadi kita lebih bisa mengontrol asupan makanan si anak baik di rumah maupun di sekolah. Jadi nggak khawatir lagi deh dengan kebersihan dan kesehatan makanan anak di sekolah, karena sudah disiapkan bekal dari rumah

2. Lebih mudah untuk mengontrol asupan gizi
Tumbuh kan kembang anak tergantung dari apa yang ia konsumsi. Jadi menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi itu sangat penting. Dengan membawa bekal sendiri dari rumah, tentu kita bisa mengontrol asupan anak di rumah maupun di sekolah, berikan bekal yang sehat, bernutrisi dan enak agar si anak bisa menikmati bekal nya.

3. Menu bisa lebih variatif
Kita bisa mengkreasikan menu bekal si anak dengan berbagai varian. Tidak seperti jajanan di lingkungan sekolah yang itu - itu saja. 

4. Bikin aktif dan semangat 
Ketika perut kenyang, maka aktivitas belajar anak di sekolah juga berjalan lancar. Apalagi asupan gizi dan nutrisi dari bekal yang di bawakan bisa dikontrol secara maksimal.
Konsentrasi anak pun jadi lebih fokus ke pelajaran, karena asupan nutrisi dari bekal yang dibuat dari rumah tadi. Jadi nggak ada tuh kepikiran jajan yang belum tentu terjamin kesehatan nya.

Yang pasti, nyiapin bekal untuk anak itu harus variatif. Aku jadi banyak - banyak belajar untuk bekal anak ku kelak *uhuk

Berhubung si yaya ini nggak suka nasi dan suka banget yang nama nya buah, jadi variasi menunya aku tambahin buah. sebagai karbohidrat nya, aku bikinin sandwish dengan varian isi. Tak lupa, aku ikut sertakan Julie's, biskuit imut yang enak banget..
Dengan varian choco more dan peanut butter, bikin menu bekal jadi variatif dan nggak monoton.

Anak - anak pasti suka, karena biskuit Julie's terbuat dari bahan - bahan pilihan terbaik yang dipastikan kelezatan nya.
Jadi nggak perlu bingung lagi deh soal urusan bekal si yaya..





Tips Hemat Budget Belanja Gadget Online

Wednesday, September 12, 2018

Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, kita sebagai konsumen selalu dipermudah dengan berbagai fasilitas yang membantu dalam kehidupan sehari - hari. Salah satu kemudahan yang mulai menggeser peran nya adalah metode belanja secara online.
Adakah dari teman - teman yang belum pernah mencoba belanja secara online?

Pasti udah pernah nyobain semua kan?
Apalagi yang dunia nya selalu berkutat dengan dunia maya, belaja online memang ranah jajahan nya. Begitu juga bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, belanja online bisa menjadi solusi bagi semua kesibukan yang menghadang. Tanpa mengganggu aktifitas dan kesibukan sehari - hari, semua yang kita perlukan bisa kita dapatkan dalam satu kali "click". Semudah itu..

Tapi dengan berbagai kemudahan itu, banyak juga konsumen yang 'terjebak' ketika belanja online. Salah satu yang paling sering bikin galau adalah ketika membali gadget. Mungkin karena terlalu banyak pilihan kali ya,,, Yaudah, ini nih tips hemat budget saat belanja gadget online biar nggak 'terjebak'.
  • Buat Perencanaan
    Membuat perencanaan dalam belanja itu penting banget, jangan sampai kita belanja karena laper mata doank. Buat perencanaan, apa yang kita butuhkan dan sangat mendesak untuk digunakan. Kalau kamu mendesak banget untuk beli gadget, maka kamu harus alokasikan dana khusus untuk mendapatkanya. Dan tentunya harus fokus terhadap keinginan itu. Jangan sampai rencana awal beli gadget, malah nanti beli yang lain.
  • Tentukan Budget
    Sudah ada rencana membeli gadget?
    Sesuaikan dulu dengan budget yang kita miliki. Jangan sampai kita menginginkan smartphone dengan harga tinggi, tapi budget tidak memadai. Jangan memaksakan diri terlalu keras. Kalau budget belum cukup, mari nabung lagi. Kalau budget nya sudah ada, gedget kisaran harga berapa yang ingin kita miliki.


  • Sesuaikan KebutuhanKalau udah buat perencanaan, uang nya udah siap, tinggal pilih smarthone yang cocok sesuai dengan kebutuhan kita. Ini nih yang paling sering bikin orang galau. Canggih nya dunia per-gadget-an membuat konsumen sering bingung memilih gadget apa yang pas untuk dimiliki. Fitur yang canggih membuat kita jadi laper mata ingin memilikinya. Tapi teknologi kan selalu berkembang terus, masa mau beli semua keluaran gadget terbaru? Jebol deh kantong.

    Baik nya sih kita tentuin dulu mau beli gadget seperti apa. Fungsinya untuk apa dan siapa yang menggunakan. Kalau kamu seorang gamer, baiknya pilih smartphone yang memiliki processor dan battery yang mumpuni. Atau kalau kamu lebih suka berfoto, cari smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Jadi nggak perlu memborong semua gadget..^^


  • Jangan Belanja Saat 'Lapar'
    Konon katanya, rasa “lapar” dapat memicu pola pikir seseorang menjadi serakah dan mendorong seseorang untuk mendapatkan lebih banyak barang tanpa peduli apakah barang tersebut berguna maupun tidak. Jadi belilah barang - barang secara bijak dan hindari lah “lapar mata". Dan balik lagi ke perencanaan dalam berbelanja, kita karus konsisten dengan list dan target yang telah kita buat. Berpikirlah dua kali sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah barang, apakah barang tersebut memang sangat kita butuhkan? Dan ingat, pastikan saat berbelanja, perut sudah dalam keadaan “kenyang”.
  • Lakukan Perbandingan
    Melakukan perbandingan juga faktor penting dalam berbelanja loh. Kalau di pasar dan minimarket, melakukan perbandingan harga mungkin agak sulit untuk di terapkan. Namun jika kita belanja secara online, urusan yang satu ini bisa kita lakukan. Saat ini banyak marketplace yang menyediakan fitur perbandingan harga, kamu tinggal pilih salah satu nya. Misalnya, ketika kita ingin membeli smartphone Vivo V9, tanpa melakukan perbandingan harga kita langsung membeli nya. Selang beberapa waktu, ada seorang teman yang membeli Vivo V9 juga, tapi harga Vivo V9 lebih murah. Sakit hati banget nggak sih..!!  Beli barang yang sama dengan tipe sama, namun harga beli yang kita dapatkan lebih tinggi. Huhuuuu..
    Tapi tenang, kejadian itu nggak bakal terjadi kalau kalian belanja online nya di aplikasi yang satu ini. Di iPrice, kamu nggak perlu khawatir lagi, karena ada fitur perbandingan harga, sehingga membuat kita bisa memilih harga yang paling murah dengan tipe barang yang sama di toko perbeda. Lebih praktis dan mudah kan..
Nah, belanja online itu bisa memberikan kemudahan, tapi bisa juga merugikan kalau nggak bisa menahan 'Lapar'. Jadi kita sebagai konsumen tetap harus pintar - pintar dalam bertindak. Selamat belanja ^^



Tips Memilih Asuransi Mobil Terpercaya

Tuesday, September 11, 2018
Dengan berbagai mobilitas yang tinggi dalam keseharian, memiliki kendaraan pribadi menjadi salah satu solusi dalam memperlancar segala aktivitas. Namun, tingginya persentase kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di Indonesia, membuat para pemilik kendaraan cukup khawatir jika terjadi suatu hal yang tak di inginkan. Ditambah lagi dengan beragamnya para pengguna jalan yang tidak memikirkan pengguna lain dalam berkendara.

Selain itu, kendaraan adalah sebuah asset yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Tentu hal ini menjadi pertimbangan bagi kita untuk merawat dan melindungi nya.

Dengan dasar untuk melindungi kendaraan yang kita miliki tersebutlah, maka salah satu cara untuk melindungi nya dapat dilakukan dengan memberi polis asuransi kendaraan yang bisa menjamin berbagai resiko yang sewaktu waktu terjadi pada kendaraan yang kita miliki.

Penggunaan asuransi bagi kendaraan bukanlah sebuah hal baru. Karena kita sebagai para pengguna kendaraan merasa bertanggung jawab dan melakukan antisipasi untuk melindungi dan merawat kendaraan yang kita miliki. Salah satunya dengan cara memberikan polis asuransi bagi kendaraan.




Meski terbilang cukup familiar, kita sebagai pengguna tetap harus memilih dengan cermat dan tepat, perusahaan arusansi mana yang bisa kita percaya untuk mendapatkan layanan asuransi terbaik. Berikut beberapa tips memilih asuransi mobil terpercaya :
  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan
    Sebelum memilih jenis asuransi mobil, sebaiknya sesuaikan dengan apa yang kita kebutuhan. Kita bisa melakukan perbandingan dari 2 jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi Mobil All Risk adalah asuransi yang mencakup semua kerusakan yang terjadi pada mobil yang kita miliki. Baik dari rusak ringan, berat, hingga kehilangan kendaraan. Sedangkan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) adalah asuransi yang hanya menjamin kerugian jika kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakan diatas 75% seperti akibat kecelakaan dengan rusak berat, kendaraan terbakar, ataupun hilang akibat pencurian. Jadi sebaiknya, kita sebagai pengguna asuransi bisa memilih dengan tepat, asuransi mana kah yang kita butuhkan. Karena kedua jenis asuransi ini memiliki kelebihan dan jngkauan masing – masing.
  • Ketahui Produk Asuransi Secara Jelas & Rinci
    Setiap asuransi mobil memiliki manfaat dan keuntungan yang berbeda. Semua itu tergantung dari jenis dan juga fitur layanan yang kita butuhkan. Jadi kita harus memastikan secara rinci berbagai keuntungan dan bentuk perlidungan yang akan kita dapatkan jika kita membeli asuransi di perusahaan asuransi tersebut. Sehingga kita tidak akan menyesal dan mengalami kerugian dikemudian hari.

  • Lakukan Perbandingan
    Membandingkan sebuah layanan tidak salah kok, demi mencari yang terbaik, tentu kita harus selektif dan teliti. Karena jika hanya mengetahui satu layanan saja, tentu tidak akan efektif. Jadi sebaiknya lakukan perbandingan terhadap produk yang sama dengan perusahaan asuransi yang berbeda. Sehingga kita bisa dengan jelas mengetahui dan membandingkan layanan asuransi dari perusahaan mana yang paling tepat dan akan kita jadikan sebagai pilihan.
  • Sesuaikan Dengan Kemampuan
    Layanan asuransi mobil saat ini telah menjamur, jadi tidak sulit bagi kita untuk menumukan layanan asuransi yang bisa dijadikan pertimbangan. Temukan layanan asuransi terbaik bagi mobil kita sehingga kita merasa aman dan nyaman. Besaran premi memang akan mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang akan kita dapatkan nantinya. Namun jangan memaksakan diri untuk mengambil premi yang terbilang besar namun berada diluar jangkauan keuangan kita.
  • Jangan Tergiur Premi Murah
    Saat ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan standarisasi harga premi terhadap perusahaan asuransi yang terdaftar. Nah, jika ada perusahaan asuransi yang memberikan harga premi lebih murah dari standarisasinya, maka kita boleh curiga. Apakah hal tersebut bisa berdampak bagi kita sebagai pengguna layanan asuransi dikemudian hari?

    Maka teliti dulu, jangan tergiur dengan harga premi yang murah. Apakah dengan harga premi murah akan berpengaruh saat pengajuan klaim, serta layanan lainnya. Sehingga kita tidak menyesal dikemudian hari
  • Gunakan Layanan Perusahaan Asuransi Terbaik
    Demi keamanan dan kenyamanan dalam memilih asuransi, sebaiknya kita memilih perusahaan asuransi yang terpercaya, teruji dan telah diakui oleh lembaga tertentu seperti OJK, yang merupakan sebuah lembaga keuangan di Indonesia yang bertugas mengawasi dan mengontrol berbagai hal yang berhubungan dengan uang.
Dengan banyaknya perusahaan layanan asuransi, tentu kita lebih mudah memilih dan membandingkan, perusahaan mana yang terbaik untuk kita pilih. Futuready adalah supermarket asuransi online yang berlisensi OJK, kita bisa memilih dan membandingkan layanan asuransi dari berbagai perusahaan. Dengan futuready, kita bisa memilih produk asuransi –asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terpercaya dengan menawarkan berbagai informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak.


Nggak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat dan menemukan berbagai macam keunggulan saat berbelanja layanan asuransi di futuready, seperti berbagai kemudahan , praktis dan keamanan dalam bertransaksi.


Contohnya, jika kita memiliki mobil Honda HRV, sebagai bentuk perlindungan nya, tentu kita akan memberikan Asuransi mobil Honda HRV tersebut. Kita bisa melakukan pencarian layanan asuransi yang kita inginkan di futuready.com dengan berbagai perbandingan di berbagai perusahaan asuransi.
Kita juga bisa mendapatkan informasi apa saja yang dilindungi jika kita memilih Asuransi mobil Honda HRV serta kita bisa mengetahui berbagai harga premi dari Asuransi mobil Honda HRV. Tidak hanya itu, bahkan, beberapa perusahaan Asuransi mobil Honda HRV di futuready.com, bisa kita pilih tanpa melewati proses survey. Artinya kita tidak perlu menunggu pihak perusahaan asuransi terkait untuk melakukan survey terhadap mobil Honda HRV kita.


Tentu supermarket asuransi online ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kita yang memerlukan layanan asuransi bagi kendaraan kesayangan kita.

Sumber Foto :
Pixabay

Honda HR-V :: Honda Indonesia

Keunikan Festival Biak Munara Wampasi

Sunday, September 2, 2018
Pesona di Indonesia memang nggak pernah ada matinya. Dari sabang sampai marauke serta jajaran pulau - pulau, dengan beragam suku bangsa, bahasa, dan budaya menjadi pemersatu negeri kita tercinta ini, menjadi ciri khas, menjadi keistimewaan yang tidak akan pernah kita dapatkan dimana pun. 

Bahkan mungkin ada diantara kita yang sebenarnya tidak mengetahui tradisi dan budaya yang dimiliki Indonesia secara keseluruhan. Bisa saja masyarakat di pulau sumatera tidak mengetahui kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di pulau kalimantan, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk membantu mempromosikan kebudayaan dan kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah kita masing - masing agar lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia yang lain. 

Berjalan menuju daerah paling timur Indonesia, siapa sih yang tidak mengenal Papua Barat, provinsi yang memiliki destinasi wisata terkenal di dunia ini memiliki beragam kearifan lokal yang sangat unik. Mungkin kita selama ini lebih mengenal Raja Ampat milik Papua Barat, namun keindahan papua tidak hanya terletak di Raja Ampat. masih banyak wisata dan kebudayaan lain yang sangat unik dan cantik yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Festival Biak Munara Wampasi (Sumber : Koreri News Media)
Baru - baru ini, Kota Biak baru saja usai mengadakan Festival Biak Munara Wampasi, yang merupakan salah satu dari sekian banyak pengenalan kebudayaan yang ada di Papua. Digelar pada tanggal 22-25 Agustus 2018 lalu, Festival Biak Munara Wampasi 2018 ini bisa menarik pengunjung dalam jumlah besar. Secara khusus Festival Biak Munara Wampasi kedatangan wisatawan nusantara sebanyak 80 orang dari Jakarta. Pada 2 hari pertama, event dikunjungi sekitar 10.000 orang. Pada 2017, hanya dikunjungi 8.000 wisatawan nusantara dan 120 wisatawan mancanegara.

Festival Biak Munara Wampasi ini adalah kali ke enam dilaksanakan di Kota Biak dengan menampilkan beragam acara, diantaranya adalah Wor dan Yospan. Wor dan Yospan bisa diartikan sebagai tarian dan nyanyian. Gerakan tentu akan berbeda. Sebelum menari, Wor akan diawali dengan teriakan khas yang menandakan waktu berkumpul.

Wor dan Yospan memiliki keunikan masing-masing. Yospan memiliki genre lebih modern. Para penari dan pengiring musiknya adalah generasi milenial Biak. Gerakan tariannya juga bervariasi. Yospan pun ditopang dengan beberapa alat musik seperti ukulele, gitar, gendang, hingga krecek-krecek. Kostumnya mengalami penyesuaian. Yospanmemiliki gerakan yang lebih banyak dan modern. Rata-rata peserta menciptakan gerakannya sendiri. Untuk kostum, saat ini juga ada perubahan. Peserta ada yang mengenakan konsep baju modern dengan warna warni cerah. Tapi, pada hakikatnya Yospan yang asli memakai baju adat berupa noken

Pakaian Adat Pria
Sedangkan Wor masih mempertahankan warna tradisionalnya. Peserta Wor dari dewasa berusia lebih dari 50 tahun hingga anak-anak kecil. Harapannya, generasi penerus ini tetap melestarikan tradisi asli Papua yang dimiliki leluhur. Ciri yang paling mendasar, Wor dimainkan hanya dengan tifa. Para penari ini memainkan tifa sembari mengangkat satu kaki. Lalu, kaki ini ditekankan pada tifa. Wor dibawakan dengan menggunakan baju adat. Selain noken dan penutup kepala, para penari Wor juga merajah tubuhnya dengan motif ukiran Papua. Secara garis besar, Wor terbagi menjadi 6 kategori:

  1. Wor Beyusser yang menjadi simbol perdamaian. 
  2. Wor Mamun dilambangkan dengan gerak dasar peperangan. Para penari Wor Mamun juga melengkapi diri dengan peralatan perang khas Biak. 
  3. Wor Kobeoser dilambangkan  untuk persatuan, 
  4. Wor Kapanaknik yang ditandai pemotongan rambut sebagai penanda kedewasaan dan status janda.
  5. Wor Fakuken di lambangkan dengan pernikahan.
  6. Wor Yakyaker sebagai simbol menghantar kunjungan pengantin wanita.

Perhelatan semakin menarik ketika para pria dan wanita yang menari menggunakan pakaian adat khas daerah. Tarian menjadi semakin eksotis dengan kostum yang dikenakan para penari. Berbeda dengan wilayah lain di Papua, baju adat di Biak khususnya pria tidak menggunakan koteka.
Pakaian Adat Wanita
Pria di Biak lebih familiar dengan noken. Ada juga yang mengenakan cidoko. Yaitu rompi khas Biak lengkap dengan celananya. Cidoko terbuat dari kulit kayu manduam. Caranya, kulit manduam direndam semalam lalu dipukul-pukul sampai lunak. Menambah asesoris, lalu ditambah bulu kasuari atau ijuk. Ditambah juga sentuhan kerang-kerangan untuk menambah nilai eksotis.
Serupa baju adat pria, baju adat wanita Biak familiar dengan noken. Perbedaannya, noken ini dibuat memanjang dari dada hingga lutut. Noken ini dibuat dari daun sagu muda. Setelah direndam dan dijemur, daun lalu digilas hingga menjadi lunak. 

Menariknya, kaum pria dan wanita sama-sama memakai bantoko. Yaitu, rajah tubuh warna putih dengan motif budaya. Filosofinya simbol harmoni alam dan manusia.

Eksplorasi kekayaan Biak pun berlanjut. Tidak hanya berbagai tarian tradisional yang telah ditampilkan, Festival Biak Munara Wampasi kali ini juga menampilkan Snap Mor. Yaitu, menangkap ikan dengan peralatan khusus di perairan surut. Peralatannya dinamakan kalawai yang berupa tombak dengan mata banyak. Panjang kalawai sekitar 2,5 meter. Selain itu, masyarakat juga mengandalkan lastok atau senapan molo untuk menangkap ikan.
Snap Mor
Tertarik kah untuk lebih mengeksplore Indonesia?
Ingin berkunjung ke Festival Biak Munara Wampasi?
Jangan lupa siapkan budget, karena tahun depan festival ini akan kembali. Bersiap - siaplah, bisa jadi kita yang akan menyaksikan secara langsung keunikan dan kemeriahan nya.

Keindahan Danau Sentarum di Pulau Borneo

Saturday, September 1, 2018
Kamu berencana liburan di akhir oktober nanti?
Jika memiliki dana yang cukup dan waktu luang, sempatkanlah mampir di event Festival Danau Sentarum yang terletak di Kalimantan Barat ini.

Terletak di Kapuas Hulu Kalimantan Barat, kabupaten ini secara geografis berada di perhuluan sungai Kapuas dan berbatasan langsung dengan negara bagian Serawak - Malaysia, dan terletak persis di jantung pulau Borneo. 

Pada tahun 2004, Kapuas Hulu mendeklarasikan diri sebagai kabupaten konservasi yang diperkuat dengan keluarnya peraturan Daerah Kapuas Hulu No.20 tahun 2015 tentang Kapuas Hulu sebagai Kabupaten Konservasi. 

Menyadari statusnya sebagai daerah konservasi,Kapuas Hulu berupaya untuk melakukan pembangunan yang tidak bertentangan dengan prinsip yang dianut dari statusnya sebagai kabupaten konservasi. Pengembangan pariwisata khususnya ekowisata merupakan sebuah strategi pembangunan daerah yang selaras dengan konservasi. Dengan menetapkan program pengembangan pariwisata sebagai salah satu program prioritas. 

Danau Sentarum 
Danau Sentarum ( borneochannel.com)
Kawasan danau sentarum merupakan gabungan dari beberapa danau besar dan kecil yang hanya berisi air penuh selama 9 bulan, sedangkan 3 bulan dimasa kemarau air danau ini akan surut dan membentuk kolam - kolam kecil yang dihuni ikan. Danau Sentarum juga merupakan perwakilan ekosistem lahan basah danau, hutan rawa air tawar dan hutan hujan tropis di Kalimantan. Danau yang terletak di sebelah cekungan sungai Kapuas danberada kurang lebih 700 km dari muara menuju laut cina selatan ini dibatasi oleh bukit - bukit dan dataran tinggi, sehingga kawasan ini merupakan daerah tangkapan air sekaligus pengatus tata air daerah aliran sungai Kapuas. 

Di tahun 1994 Suaka Margasatwa Taman Nasional Danau Sentarum ditetapkan menjadi lokasi Ramsar di Indonesia, dikarenakan menjadi salah satu wakil daerah hamparan banjir ( lebaklebung, floodplain ) yang sangat penting, bukan hanya untuk bangsa Indonesia, namun juga bagi dunia Internasional. 

Di tahun 1999 Suaka Margasatwa Danau Sentarum berganti fungsinya menjadi kawasan Taman Nasional Danau Sentarum melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 34 / Kpts-II/1999 tanggal 4 Februari 1999 dengan luas 132.000 ha. 

Festival Danau Sentarum 
Festival Danau Sentarum (FDS) merupakan salah satu upaya untuk terus memperkenalkan daya tarik pariwisata Kapuas Hulu. Even festival ini juga merupakan upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kapuas Hulu. Taman Nasional Danau Sentarum yang merupakan Taman Nasional yang memiliki berbagai keanekaragaman hayati ini memiliki 510 spesies tumbuhan, 141 spesies mamalia, 29 spesies endemik, dan 266 spesies ikan. 

Rangkaian Festival Danau Sentarum (FDS) akan diselenggarakan mulai 25-28 Oktober 2018 dengan tema Memacu Ekowisata Lintas Batas di Jantung Borneo. Dan ini adalah tahun ke empat dilaksanakan nya Festival Danau Sentarum sejak digagas pertama kali pada tahun 2012. 

“FDS merupakan event unggulan 100 wonderful events Indonesia. Selain karena cultural value yang dipilih budayawan, dari media dan comercial value-nya juga tidak diragukan, wismannya (wisatawan mancanegara) banyak,” tutur Esthy Reko Astuti, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural saat meluncurkan FDS 2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta. 

Begitu banyak kemeriahan yang tercipta pada Event Festival Danau Sentarum ini, diantara nya Bazaar/ekspo, kegiatan dengan memamaerkan dan menjual produk kreatif, unik dan khas masyarakat Kapuas Hulu, lomba dan expedisi masakan tradisional Kapuas Hulu, perlombaan olahraga tradisional,perlombaan sumpit internasional, perlombaan Gasing (Top) internasional, perlombaan sampan naga/bidar, bersepeda di Jantung Borneo dan masih banyak lagi. 

Ada juga rangkaian acara Festival Danau Sentarum lainnya seperti : 

  • Danau Sentarum Cruise, kegiatan menyusuri Danau Sentarum menggunakan kapal-kapal motor khas Kapuas Hulu yang disebut Kapal Bandong. 
  • Parade Perahu Tradisional, kegiatan menyusuri Danau Sentarum menggunakan perahu hias Khas masyarakat Dayak yang disebut Parau Tambe. 
  • Sentarum Ethnic Music Festival, pertunjukan seni dan tradisi masyarakat Kapuas Hulu, termasuk tari dan musik. 
  • Kontes Arwana Super Red, kontes ikan khas Kapuas Hulu yang merupakan salah satu ikan termahal dunia. 
  • Festival Minum Madu, parade minum madu organik yang dihasilkan dari Danau Sentarum dan akan diikuti oleh ribuan orang dengan menggunakan pakaian adat. 

Ikan Arwana (Sumber : Hewan.id)
Festival Danau Sentarum akan menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan ini juga telah masuk dalam kalender event pariwisata nasional di Indonesia. Format acara festival akan terus diperkaya guna menyajikan kualitas Festival Danau Sentarum yang lebih baik. Guna menghadirkan kualitas yang lebih baik, pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya keras, dukungan para pihak terutama kementrian terkait sangat dibutuhkan. 

Ingat ya, kegiatan Festival Danau Sentarum ini akan dilaksanakan pada tanggal 25-28 Oktober 2018. Masih sempat kok kalau mau merencanakan liburan kesana. Masih bisa nabung dan menyiapkan surat cuti ke kantor. hehee
Selamat menikmati keindahan alam Danau Sentarum di Pulau Borneo

Auto Post Signature