Kreasikan Imajinasi Saat Sahur Bersama So Good Dino Bites

Wednesday, June 13, 2018
 Lebaran sebentar lagi, berpuasa dengan gembira...

Yaapp, lebaran tinggal menghitung detik nih. Sedih kan bulan Ramadan akan segera berakhir tapi amal ibadah masih ngerasa seuprit. Semoga dengan berakhirnya bulan Ramadan kali ini bisa menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi.

Ngomongin bulan Ramadan, pasti selalu teringat dengan proses sahur dan nikmatnya berbuka puasa. Kalau ngomongin nikmatnya berbuka puasa, kayak nya nggak perlu diragukan lagi. Semua yang tersedia bisa di sikat habis tak tersisa. 

Tapi yang sering menjadi persoalan adalah menu saat sahur.
Aku yang memiliki ponakan yang makan nya super pemilih ini, terkadang dibikin repot. Udah ngebangunin nya susah, pas liat menu yang nggak sesuai selera nya, langsung ogah-ogahan...

Belum lagi kalau kesiangan bangun sahur. Damn!!
Belom masak, belum bikin minuman nya, belum urusan de el el nya..
Rempong banget kan..

Tapi kerempongan dan kerepotan itu sudah berakhir. Karena sekarang di rumah selalu sedia So Good dengan berbagai varian dan semua nya siap masak. Mulai dari Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle dan Sausage. Pokok nya tinggal pilih mana yang suka.

Karena ponakan ku suka banget sama bentuk - bentuk imut dan lucu. Kami selalu sedia Nugget Dino Bites. Dengan bentuk yang unik, ponakan ku bisa mengkreasikan imajinasi nya saat makan sahur. Ya,, walaupun makan nya jadi agak lama.. Hhehehe

Sebenernya, ponakan ku ini agak kurang suka sama yang nama nya olahan daging ayam. Tapi ntah kenapa, malah suka dengan So Good Dino Bites ini. Padahal bahan dasar nya tetap ayam yaa...


Oke, menu makanan sudah siap. Lalu apa yang bisa membuat ponakan ku ini makan dengan lahap dan cepat?!!
Salah satu nya adalah dengan menceritakan kisah fiksi. Iya, kalau disuruh makan sendiri, bisa sih. Tapi makan nya super lama, keburu imsak lah..

Jadi mama nya mencoba untuk menceritakan kisah pengantar sebelum si dedek makan sahur. Pokok nya pinter - pinter mama nya mendongeng lah. So Good Dino Bites inilah yang menjadi sarana mendongeng mama. Termasuklah menu-menu lain seperti nasi, sayuran, dan susu.

Walau ponakan ku masih kecil, tapi puasa nya kuat dan semangat sampe adzan loh..
Iya, sampe adzan dzuhur. Wkwkwkkw
Nama nya baru belajar puasa, ya kan..
Bangun sahur tanpa hambatan aja udah jadi kesuksesan yang HQQ.
Menu sahur kami sih nggak repot. Alias simpel banget..
Yang penting tercukupi semua manfaat gizi nya, dan tetap seimbang. Mulai dari protein, sayuran, buah, karbohidrat dan susu.
Cukup dengan rebusan sayuran, sedikit karbohidrat, dan nugget dino bites, sudah bisa memenuhi gizi seimbang keluarga kami, terutama si kecil yang lagi belajar puasa.

Kalau kamu punya cerita seru apa?


Bye Rambut Rusak Berkat Emeron Complete Hair Care

Sunday, May 27, 2018
Dari zaman dahulu kala, rambut lebih dikenal sebagai mahkota terindah bagi kaum hawa. Berbagai perawatan mulai dari treatment tradisional hingga modern tersedia untuk memenuhi dan memanjakan rambut para wanita. Namun tanpa disadari, dengan berbagai aktivitas outdoor maupun indoor yang padat membuat rambut beresiko mengalami kerusakan seperti menjadi kering, kusut, kasar dan berantakan. Tentu hal ini menjadi perhatian khusus yang harus diperhatikan dalam menjunjang penampilan.

Ngomongin kerusakan rambut, aku pernah punya pengalaman yang nggak mengenakkan. Memiliki rambut yang kering, kusam dan pecah - pecah membuat aku kehilangan kepercayaan diri. Bisa di katakan, aku memang orang yang super cuek dengan penampilan. Tapi setelah rambut ku menjadi korban ke-cuek-an ku sendiri, aku mulai sadar, betapa penting nya menjaga rambut agar tetap indah dan sehat. Ini nih beberapa aktivitas yang bisa membuat rambut rusak jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang :

1. Terkena Debu atau Polusi
Debu dan polusi sepertinya memang musuh terbesar bagi rambut. Sinar matahari, debu dan polusi yang ada di sekitar kita dapat membuat rambut rusak, bercabang dan lepek. Yang lebih beriko lagi, jika kendaraan yang kita gunakan adalah kendaraan roda 2. Paparan sinar matahari, debu dan polusi tentu lebih banyak lagi akan kita temukan sepanjang perjalanan. 

2. Stres Akibat Belajar atau Bekerja
Ternyata salah satu faktor membuat rambut rusak adalah mengalami stres. Saat kita stres, rambut juga akan mengalami hal yang sama, sehingga rambut bisa memasuki fase telogen atau kerontokan. Tidak hanya itu, secara spikologis saat kita stres, secara tidak sengaja kita akan menggaruk kepala kita. Tentu saja hal itu bisa merusak tatanan rambut dan mengakibatkan rambut terlihat berantakan dan kusut.

3. Makan Junk Food Berlebih
Ternyata, mengkonsumsi junk food berlebih bisa perperan serta membuat rambut menjadi rusak dan tidak indah di lihat. Mungkin tidak akan berdampak langsung, namun konsumsi berlebihan dalam jangka waktu yang panjang tentu akan berakibat tidak baik. Sama seperti tubuh yang memerlukan asupan nutrisi yang baik, rambut pun demikian. Jadi jangan sepelekan makanan yang kita konsumsi bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. 

***
Karena ketiga aktivitas di atas yag rutin aku lakukan, beberapa tahun yang lalu aku mengalami masalah rambut yang bisa di bilang cukup parah. Bermain dengan alam adalah kesenangan ku. Saat itu aku nggak terlalu peduli dengan terik nya matahari dan debu di sekitar. Untuk urusan rambut, aku memang cuek banget. Tapi karena aku nggak pernah merawat rambut, permasalahan rambut ku semakin parah. Ujung rambut yang bercabang dengan warna kemerahan, di tambah lagi dengan rambut yang rapuh membuat aku hampir putus asa.

Akhirnya aku mencoba untuk rutin ke salon. Tapi lama kelamaan, bahaya juga nih kalau tiap minggu mainan nya ke salon. Lama - lama kantong bisa jebol...
Sampai akhirnya aku menemukan produk Emoron ini, dengan perawatan rambut alami diperkaya oleh bahan avocado yang alami juga, membuat aku bisa merasakan perubahan signifikan yang terjadi pada rambut ku. Yang awalnya kering, pecah - pecah dan rapuh, saat ini rambut ku terasa lembut, sehat, dan mudah di atur.

Walaupun kini aku telah menggunakan hijab, aku tetap setia pada Emeron Complete Hair Care.
Sama seperti tubuh yang memerlukan nutrisi dan perawatan, rambut yang sehat dan indah pun membutuhkan perawatan untuk hasil maksimal. Emeron Complete Hair Care, adalah series perawatan rambut yang sangat di butuhkan bagi kaum hawa dalam melakukan perawatan rambut. 

Terdiri dari 3 varian Emeron Complete Hair Care untuk rambut rusak, rambut hitam dan rambut kasar sudah mewakili para pecinta keindahan untuk memberikan perawatan maksimal bagi rambut kamu kamu.  Karena Rambut kering, kasar, dan rapuh adalah tanda kerusakan rambut. Untuk mengembalikan kesehatan rambut secara maksimal, adalah dengan menggunakan Emeron Nutritive Shampoo Damage Control. Dilengkapi dengan formula ACTIVE PROVIT AMINO dan kandungan nutrisi alami avocado. Emeron memperbaiki kerusakan kutikula serta melapisi dan melembabkan permukaan helai rambut.
Emeron Nutritive Damage Control yang telah disempurnakan dengan teknologi Jepang, mampu menutrisi rambut dari akar dengan melindungi rambut dari kerusakan dan melembutkan disetiap helai nya. Terdiri dari Nutritive Shampo, conditioner dan hair vitamin dapat menghasilkan rambut sehat, indah dan mudah di atur. Jadi apapun masalah rambut kamu, coba Emeron Complate Hair Care aja. Apapun masalah rambut mu, pasti bisa teratasi.

Dua Objek Wisata Bengkulu Masuk Nominasi API

Tuesday, May 22, 2018
 Anugerah Pesona Indonesia sebagai ajang bergengsi pemilihan destinasi wisata nasonal akan segera di gelar. Pada tahun 2018 ini, Provinsi Bengkulu memiliki 2 destinasi wisata yang masuk kedalam nominasi API, yakni Bukit Kandis dalam nominasi Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler dan Rumah Pengasingan Bung Karno dalam nominasi Situs Sejarah Terpopuler. 

Ini merupakan kedua kalinya Bengkulu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia setelah tahun lalu mendapatkan nominasi Minuman Tradisional Terpopular - Teh Oolong dan Tempat Berselancar Terpopular - Pantai Teluk Sepang. Namun sayang sekali pada tahun 2017, Bengkulu belum berhasil memenangkan nominasi tersebut.

RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO
 Dalam nominasi Situs Sejarah Terpopuler, Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di kawasan Kota Bengkulu ini harus bersaing dengan nominator lain nya seperti :

Benteng Belgica - Kab Maluku Tengah
Benteng Otanaha - Kota Gorontalo
Candi Singosari - Kab.Malang
Gua Liangkabori - Kab Muna
Istana Kuning - Kab. Kotawaringin Barat
Kawasan Kota Tua - Jakarta Utara
Patung Mejan - Kab. Fakfak Barat
Pugung Raharjo - Kab.Lampung Timur
Rumah Gadang Panjang - Kab. Solok Selatan


Rumah Pengasingan Bung Karno yang merupakan tempat Bung Karno menjalani masa pengasingan sebagai tahanan politik ini cukup ramai di kunjungi. Rumah ini terletak ditengah Kota Bengkulu, tepatnya di Jln. Soekarno-Hatta Kelurahan Anggut. Bung Karno menempati rumah ini selama 4 tahun pada tahun 1938 - 1942. Di rumah ini terdapat barang - barang peninggalan Bung Karno seperti ranjang besi, sepeda ontel, meja dan kursi, serta koleksi buku milik Bung Karno, dan beberapa foto tua saat Bung Karno berada di Bengkulu.
 
BUKIT KANDIS
Sedangkan dalam nominasi Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler, Bukit Kandis yang terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah harus bersaing dengan nominator lain nya dari berbagai daerah seperti :

Gunung Matantimali - Kab. Sigi
Hiking Gunung Gamalama - Kota Ternate
Kerinci Trail Adventure - Kab. Kerinci
Mountain Bike Bukit Sulap - Kota Lubuk Linggau
Paralayang Gunung Panteun - Kab. Majalengka
Paralayang Modangan - Kab. Malang
Rumpit Bike Park - Kab. Banjarnegara
Trekking Bukit Tangkiling - Kota Palangka Raya
Trekking Pulau Komodo - Kab. Manggarai Barat 

Bukit Kandis merupakan sebuah bukit batu granit yang memiliki ketinggian kurang lebih 125 meter dengan diameter mencapai 700 meter. Bukit ini dahulunya banyak ditumbuhi pohon Asam Kandis atau yang lebih sering disebut sebagai pohon kandis oleh masyarakat Bengkulu. Saat ini pohon kandis tersebut sudah jarang ditemui. Seiring eksploitasi tambang batu di area bukit, membuat pohon kandis di sekitar bukit ini mati dan berkurang. 


Pada momentum kali ini, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap agar masyarakat dengan dorongan pemerintah agar memanfaatkan kesempatan berharga ini. Karena Bengkulu memiliki target tahun kunjungan yaitu pada tahun 2020 nanti.
"Masyakat Bengkulu harus bersyukur dan terus mengapresiasi, karena Bengkulu kembali masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia tahun 2018. Yang artinya, bahwa Bengkulu memang layak untuk dipromosikan secara nasional jika dilihat dari aspek sejarah dan kekayaan alamnya. Untuk itu mari kita jaga bersama-sama" ujar Pak Rohidin.

Pak Rohidin juga mengajak komunitas dan aktivis Media Sosial di Provinsi Bengkulu untuk berperan serta menviralkan objek wisata Bengkulu, terkhusus pada 2 objek wisata yang masuk nominasi API tahun ini.

Untuk diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Parawisata Republik Indonesia dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong dan berperan serta dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing. 

Bagi masyarakat Bengkulu, jangan lupa untuk memberikan dukungan berupa vote disitus resmi Anugerah Pesona Indonesia. Semoga tahun 2018 ini Provinsi Bengkulu bisa menjadi juara....

Mengunjungi Swiss Kecil di Pulau Jawa

Saturday, May 19, 2018
Lebaran sebentar lagi, waktu yang pas banget untuk silaturrahmi sekaligus jalan-jalan cantik. Udah punya rencana liburan kemana, lebaran tahun ini?

Kalau aku sih sudah memiliki rencana mudik bersama keluarga ke tempat kelahiran bapak, di pulau jawa . Sepertinya tahun ini waktu yang tepat, sebelum adek resmi jadi santri di tahun pelajaran baru nanti.

Antara mudik dan jalan-jalan seperti nya memiliki kaitan yang erat. Sekalian mudik, ya sekalian jalan-jalan. Sayang donk kalau waktu libur nya nggak di manfaatkan dengan baik. Apa lagi momen kumpul bersama keluarga secara komplit itu susah di dapatkan. Kalau hari kerja, jangan di tanya! Semua sibuk dengan urusan dan kerjaan masing-masing. Jadi, momen libur lebaran ini menjadi perekat silaturrahmi banget bagi keluarga kami...

Ngomongin liburan, ntah kenapa aku sangat ingin menginjakkan kaki di kota Batu Jawa Timur. Awal nya aku mengira Batu merupakan bagian dari Kota Malang. Namun ternyata pada 21 Juni 2001, secara administratif Kota Batu ditetapkan sebagai sebuah kabupaten yang memiliki otonomi terpisah dari Kota Malang.

Nggak kalah dari Kota Malang, ternyata Kota Batu juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang asri dan indah. Dan yang mengejutkan, Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan serta keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu ini disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bisa dibayangin donk, gimana keindahan nya.


Beberapa Keindahan di Kota Batu Yang Harus Kamu Kunjungi :

1. Coban (Air Terjun)
Coban yang berarti air terjun merupakan wisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam serta percikan air yang menerpa wajah, memiliki rasa tersendiri yang sulit untuk di ungkapkan. Kota Batu memiliki banyak wisata air terjun yang harus kamu kunjungi, diantara nya :

Coban Talun
Coban Talun adalah air terjun dengan pemandangan alam yang sebenarnya masih sangat alami. Kita bisa mencapai air terjun ini dengan melakukan perjalanan yang melewati Hutan Pinus. Perjalanan menuju Coban Talun ini bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit. 

Tidak hanya memiliki air terjun, di lokasi wisata ini juga memiliki berbagai tempat rekreasi yang sangat menyenangkan dan instagramable. Seperti taman bunga, area camp, wahana rumah pagupon dan masih banyak lagi. 
Coban Talun
 (Sumber : www.asliindonesia.net)
Coban Rais
Coban ini dulu nya disebut sebagai Coban Sebrangan karena dalam proses perjalanan nya harus melalui belasan sungai. Namun setelah dijadikan sebagai obyek wisata yang ada di Kota Batu, Coban Sebrangan berubah menjadi Coban Rais. Coban Rais ini memiliki ketinggian 20 meter dengan kemiringan 90 derajat

Lokasi Coban Rais ini menjadi lebih hits setelah adanya bukit Bulu dan Batu Flower Garden di bagian atasnya. Dengan memiliki spot foto yang unik dan menarik, serta pemandangan alam yang cantik, membuat lokasi wisata ini sangat diminati oleh wisatawan. 
Salah Satu Spot Foto Coban Rais
(Sumber : www.eksplorewisata.com)
2. Goa Pinus Gunung Banyak
Awal nya Goa Pinus ini adalah tempat penambangan pasir, namun dengan tangan kreatif dari pengelola setempat, maka tempat ini berhasil disulap menjadi lokasi wisata yang sangat apik. Bentuk Gua Pinus ini pun cukup mini untuk di katakan sebagai sebuah Gua, yaitu kurang lebih hanya setinggi 1 meter saja dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Tidak hanya Goa yang akan di tampilkan disini, namun banyak juga spot foto unik yang bisa kita dapatkan, seperti adanya area rumah papua, oemah kayu, taman kelinci dan lain-lain.
Gerbang Gunung Banyak Goa Pinus
(Sumber : www.kompasiana.com)
3. Area Paralayang
Kamu suka menguji adrenalin? Kalau iya, kamu harus cobain aktivitas ini. Wisata Paralayang atau Paragliding adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata terpopuler yang ada di Kota Batu. Tempat dimana bisa melihat melihat keindahan lanscape Kota Wisata Batu dari atas ketinggian dengan berbagai keindahan di bawah nya. 

Kalau kamu takut ketinggian, jangan coba-coba ya..
Tapi tenang, banyak spot foto menarik yang tetap bikin kamu nggak bakalan mati gaya..
Paralayang Kota Batu
(Sumber : www.nativeindonesia.com)
4. Taman Selecta
Nama “Selecta” sebenar nya berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti “pilihan”. Taman Selecta ini berdiri di atas lahan di daerah dataran tinggi seluas 18 Ha, namun yang digunakan sebagai wahana rekreasi hanya sekitar 8 Ha saja. 
Taman Selecta ini terkenal sebagai sebuah taman yang memiliki koleksi bunga dan pemandangan yang cantik. Selain itu, banyak juga fasilitas dan wahana permainan menarik seperti Sky Bike, Perahu Ayun, Arena Kuda, Flaying Fox, Outbond, sepeda Air dan masih banyak lagi. 

Karena terletak di daerah dataran tinggi, menjadikan kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan terhindar dari polusi. Di sini pengunjung juga disuguhan dengan pemandangan alam yang sangat pempesona, dengan terbentang nya pegunungan seperti Gunung Arjuna, gunung Panderman dan daerah perbukitan semakin membuat kawasan ini menjadi destinasi wisata yang harus di kunjungI.
Taman Selecta
(Sumber : www.wisatabaru.com)
Eittsss,, itu belum semua yaa..
Masih banyak lokasi wisata lain nya yang ada di Kota Batu, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya wisata edukasi hingga wisata kuliner yang harus kamu coba.

Eh, ngomongin jalan-jalan mulu, udah dapet staycation nya belum?
Untuk liburan bareng keluarga seperti aku, penginapan biasa atau hotel seperti nya kurang nyaman. Dan yang pasti nggak asik karena nggak bisa ngumpul bareng keluarga. Untuk itu kami memilih mencari penginapan berupa Villa yang lebih nyaman untuk kami sekeluarga yang ada di Kota Batu. 

Setelah cek harga sana - sini, akhirnya kami menggunakan aplikasi Villa Traveloka sebagai mesin pencarian Villa yang akan kami tempati. Cara mencari nya gampang banget, tinggal buka aplikasi Traveloka, pilih lokasi liburan kita, tanggal menginap lalu klik Search Hotel. 

Dan, muncullah berbagai pilihan Villa yang bisa kita pilih. Stt,, jangan lupa pilih accomodation Preferences yang Family - Friendly dengan Accomodation Type Villa ya...
Itu akan memudahkan pencarian kita dalam memilih villa yang nyaman untuk liburan keluarga. Jdi tinggal pilih deh mau Villa seperti apa yang kita inginkan.

Gimana guyys,, membantu banget kan?
Pencarian dan pembayaran nya pun nggak ribet. Pembayaran nya mudah, cepat dan dengan pilihan villa yang lengkap banget. Nggak cuma di Indonesia, bahkan di dunia juga lohh..

Nggak percaya?
Cobain sendiri deh, kalau udah nyobain, pasti bakalan tau banget manfaat nya. Jadi nggak sabar menunggu buat berkunjung ke Swiss kecil di Pulau Jawa ini. Kalau kamu, mau mudik dan liburan kemana? 


Siap Kembangkan Puluhan Desa Wisata di Kepahyang

Tuesday, May 15, 2018
Bagi masyarakat Bengkulu, kabupaten Kepahyang tentu sudah tidak asing lagi. Kepahyang merupakan salah satu Kabupaten yang sering mendapat kunjungan hadir nya Bunga Rafflesia Arnoldi di hutan lindung nya. Hal ini tentu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kepahyang. 

Tidak hanya terkenal dengan Bunga Rafflesia, sejumlah Desa di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu ini ternyata juga berpotensi menjadi desa wisata. Hal ini diungkapkan Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid usai membuka kegiatan optimalisasi desa wisata di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawaetan Kabupaten Kepahiang pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 lalu.
Menurut Hidayatullah Sjahid, setidaknya ada sekitar 30 desa dari seluruh desa yang berpotensi di Kabupaten Kepahyang. Hanya saja tingkatan nya berbeda-beda. Ada desa yang benar-benar telah siap, ada juga yang hanya memiliki potensi dasar nya saja.

Membentuk Desa Wisata merupakan salah satu bentuk dukungan menuju Bengkulu Wonderfull 2020.

“30 sampai 40 desa di Kepahiang ini saya rasa siap jadi desa wisata. Namun, ada yang  baru embrionya saja. Ada juga yang sudah berkembang,” ungkap Hidayat.

Urusan objek wisata alam, Kepahiang memang tak diragukan lagi. Banyak sumber daya yang dapat dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Di sana ada Perkebunan Kabawetan yang bisa disebut sebagai objek wisata andalan. Adanya sejumlah air terjun yang tersebar di berbagai titik dan tersebar di Kabupaten Kepahyang, salah satunya adalah Air Terjun Sengkuang.
Air Terjun Sengkuang
(Photo by Bruce Levick on flickr.com)
Selain objek wisata yang sudah terkenal, di Kabupaten yang berbatasan dengan Rejang Lebong dan Bengkulu Tengah itu juga memiliki potensi wisata yang belum terjamah. Seperti pemandian air panas di kaki Bukit Hitam.

“Tak hanya sumber daya alam yang indah, Kepahyang juga memiliki olahan kuliner yang dibuat oleh masyarkat setempat. Ada pengolah susu, kopi luwak dan beberapa makanan ringan,” ungkap Hidayat.

Kementerian Pariwasata juga ikut mendorong desa-desa di Kepahiang menjadi desa wisata. Ketua tim percepatan pengembangan pariwisata perdesaan dan perkotaan, Dr. Vitria Ariani mengaku senang dengan komitmen dari Bupati Kepahiang tersebut. Ia meminta semua pihak dapat mendukung terwujudnya desa wisata tersebut.

“Kita bisa memulai dengan kesadaran masyarakatnya seperti tidak membuang sampah sembarangan, ramah dengan wisatawan dan murah senyum. Kalau wisatawan datang jangan dicuekin. Nanti para wisatawan tidak mau berkunjung lagi,” ungak Ria sapaan akrabnya.

Menurutnya, apabila semua masyarakat, komunitas – komunitas, industri dan media mendukung pemerintah maka tidak perlu waktu lama untuk mewujudkan desa wisata tersebut.

“Saya rasa tidak sampai satu tahun, empat bulan kita bisa go,” katanya.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI), Diminta Berpartisipasi
Mengembangkan potensi wisata memang tak bisa lepas dari semua pihak, termasuk komunitas komunitas wisata. Generasi Pesona Indonesia (Genpi) yang merupakan salah satu komunitas yang bermitra dengan Kementerian Pariwisata diminta untuk ikut andil.

Para relawan wisata ini diminta untuk menviralkan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang.

“Minta bantu sama teman-teman Genpi itu untuk memboomingkan objek-objek wisata di sini,” ungkap Ria.

Saat ini Genpi baru ada di tingkat provinsi dan baru beberapa orang saja yang bergabung. Oleh karena itu, Ketua Umum GenPi Provinsi Bengkulu, Abdul Khafi Syatra mendorong pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pariwisata membentuk komunitas GenPi tingkat Kabupaten, sehingga tugas pemerintah bisa terbantu dalam promosi wisata.

“Tadi sudah kita komunikasikan dengan Pak Bupati untuk membentuk GenPi di Kabupaten Kepahiang. Saat ini sudah ada beberapa komunitas yang siap,” katanya.(Angga)

Auto Post Signature